Halloween party ideas 2015


Halo parents semuanya, bagaimana kabarnya? Kali ini saya mau share untuk papa bunda mengenai tips dan cara untuk Memenangkan Lomba Mewarnai bagi anak.
Cara dan Tips Agar Menang Lomba Mewarnai
Cara dan Tips Agar Menang Lomba Mewarnai / pexels.com

Lomba mewarnai adalah salah satu cabang lomba yang dilombakan oleh pihak sekolah atau pihak tertentu yang biasanya pesertanya adalah anak usia dini.

Mewarnai sendiri merupakan salah satu materi belajar bagi anak usia dini untuk mengasah kemampuan imajinasi otak dan olah gambar serta warna bagi anak.

Pasti papa bunda pun terkagum-kagum pada anak yang berkali-kali menjuarai lomba mewarnai.
Dan papa bunda mungkin akan bertanya-tanya, sebenarnya, apa sih rahasia si anak juara itu hingga bisa memenangkan lomba Mewarnai?

Nah kali ini saya akan berbagi tips mengenai apa saja yang dilakukan oleh anak-anak juara lomba mewarnai agar bisa menang lomba mewarnai itu.

Tips Pertama: Persiapan Sebelum Lomba Diadakan

Nah ini tips penting papa bunda, yaitu persiapan sebelum lomba diadakan. Apapun itu lombanya, maka perlu adanya kesiapan untuk anak agar ia bisa terlatih untuk melakukan yang terbaik saat lomba.
Adapun persiapan-persiapan yang harus dilakukan secara matang agar si anak bisa menang dan juara dalam lomba mewarnai adalah sebagai berikut:

1. Belajar mewarnai secara Intens dan Berkelanjutan.

Tak ada kata persiapan yang terbaik kecuali adalah dengan kata belajar dan belajar. Iya, belajar bisa membuat anak untuk terbiasa melakukan hal yang akan dikerjakan saat lomba, termasuk dalam lomba mewarnai.

Belajar disini bisa anda artikan dalam arti belajar dalam kursus atau les mewarnai.

Memang benar papa bunda, biasanya anak-anak juara lomba oleh orang tuanya dimasukkan atau diikutkan dalam sanggar mewarnai atau les privat mewarnai.

Dalam les dan sanggar itu, anak-anak akan banyak belajar mengenal bentuk objek, cara penggabungan warna, gradasi warna dan teknik-teknik mewarnai yang akan membuat juri memberikan penilaian terbaik sehingga anak anda bisa menang lomba.

Dengan mengikuti les privat atau sanggar mewarnai akan membuat anak anda menjadi lebih unggul dari anak yang tidak pernah belajar mewarnai secara khusus.

2.  Berlatih mewarnai  menggunakan Berbagai Media dan Alat

Keahlian mewarnai gambar bukan hanya keahlian mewarnai kertas dengan alat yang tersedia saja.

Latihlah anak anda untuk mewarnai menggunakan berbagai media dan alat, karena bisa jadi saat hari H lomba mewarnai terjadi sesuatu pada alat gambar atau alat gambar berbeda dengan apa yang diharapkan.

Hal ini bisa membuat anak anda telah terbiasa dengan beragam alat mewarnai.

3. Berlatih menyelesaikan Mewarnai gambar secara Efisien

Berlatih untuk menyelesaikan mewarnai objek pada waktunya sangatlah penting.

Karena waktu yang disediakan oleh panitia juga pasti ada batasnya. Waktu  untuk lomba mewarnai biasanya antara 1 sampai 1,5 jam dan untuk lomba menggambar biasanya 2 jam.

Dengan demikian, anak hendaknya juga berlatih untuk bisa mewarnai secara cepat dan efisien dalam waktu yang disediakan.

Jika papa bunda mau mengamati, anak-anak yang menjadi juara lomba mewarnai gambar akan bisa menggambar dengan sangat cepat dan efisien sesuai dengan apa yang mereka pelajari pastinya.

Dalam lomba mewarnai, agar bisa menjadi juara para peserta juga harus memperhitungkan waktu untuk menyelesaikan mewarnai gambar secara tepat waktu.

4. Miliki Media dan Peralatan mewarnai yang lengkap

Anak harus banyak berlatih dengan beragam media mewarnai.

Oleh karenanya, peralatan mewarnai yang lengkap bisa sangat membantu dalam membuat gambar menjadi indah dan menarik mata para juri.

Cobalah untuk mencari tahu tentanng media dan peralatan mewarnai yang lengkap dari toko alat-alat mewarnai.

5. Mengetahui tema lomba Mewarnai yang diadakan

Jauh hari sebelum lomba dilaksanakna, anda harus bisa mengetahui tema lomba mewarnai dan bisa mengajarkannya kepada anak anda.

Oleh karenanya, beberapa hari sebelum lomba, para bunda harus selalu menanyakan tema lomba pada panitia atau pihak penyelenggara.

6. Mengetahui Para Juri Lomba

Menang tidaknya dalam sebuah lomba, termasuk dalam lomba mewarnai pasti tidak terlepas dari para juri yang menilai.

Oleh karenanya, bagus sekali bagi para orangtua yang ingin anaknya bisa jadi juara mewarnai untuk  mengetahui siapa juri dalam lomba itu.

Hal ini untuk mengetahui selera juri bagaimana. Karena terkadang ada juri yang hanya menilai dari teknik kebersihan ada juga yang menilai dari teknik perpaduan warna.

Saat Lomba Mewarnai Berlangsung

Saat lomba mewarnai ini berlangsung, agar anak anda bisa juara, maka beberapa hal ini harus diperhatikan:

1. Membawa peralatan yang lengkap.

Jika panitia memberikan arahan untuk membawa peralatan sendiri, maka janganlah lupa untuk mempersiapkan yang terbaik untuk anak.

Kecuali juri telah menyediakan peralatan lomba mewarnai, maka bunda pastikan untuk tetap membawa peralatan yang mungkin dibutuhkan.

Peralatan mewarnai seperti meja, alat warna, alat kerik, kuas, sarung tangan, alas duduk, dan lain-lain hendaknya sudah dipersiapkan sebelumnya adanya lomba sehingga anak bunda bisa terbantu dengan adanya alat-alat tersebut.

Lomba mewarnai juga membutuhkan kenyamanan agar mewarnai bisa menjadi lebih mudah dan penuh inspirasi.

2. Datang sebelum Waktu Lomba Dimulai

Pastinya para panitia lomba mewarnai akan meminta semua peserta sudah datang di tempat lomba setengah jam sebelum lomba dimulai.

Salah satu alasannya adalah biasanya untuk registrasi ulang dan pengambilan nomor peserta.

Namun yang lebih penting lagi, mungkin anda bisa mendapatkan atau memilih tempat duduk yang nyaman.

Juga agar anak bisa menyesuaikan suasana dan tempat di lomba mewarnai

3. Gunakan semua teknik Yang Telah dipelajari

Terkadang saat lomba, anak tertarik untuk mengembangkan apa yang telah dipelajari. Hal ini bagus, namun papa bunda harus pastikan agar anak menggunakan teknik yang telah dipelajari saja karena saat lomba bukanlah saat untuk mencoba-coba.

Kalau percobaan itu bagus bisa menguntungkan tapi kalau ternyata tak sesuai yang diinginkan bisa ribet karena gambar tidak mungkin untuk dihapus. Jika dihapus pasti jadinya kotor.

Anak juga bisa menambahkan beberapa gambar di area kertas yang masih kosong, seperti gambar pohon, rumah, dan lain-lain sebagai penambahan nilai.

Doronglah anak untuk menggunakan semua teknik yang sudah dipelajari dalam mewarnai seperti teknik gradasi dan kerik.

4. Jaga kebersihan gambar.

Juri pasti punya aspek penilaian yang menjadi tolak ukur untuk menilai sebuah pewarnaan, apakah layak jadi juara atau tidak.

Salah satu aspek itu adalah tentang kebersihan gambar.

Ya, gambar yang bersih dan rapi tentu lebih enak dilihat daripada gambar yang kotor dan semrawut. Pewarnaan yang bersih dan enak dipandang juga menjadi pertimbangan juri untuk memenangkan lomba.

Jadi menjaga kebersihan gambar itu penting untuk bisa menang lomba mewarnai. Untuk menjaga kebersihan warna dan gambar, anda bisa menggunakan sarung tangan/ sapu tangan saat mewarnai, dan kuas untuk menyapu bagian-bagian yang rontok dari alat mewarnai crayon/pastel.

5.  Warnai sampai batas waktu berakhir.

Para juara akan melihat-lihat dan menilai gambar dari awal lomba hingga waktu berakhir.

Jika waktu yang diberikan masih ada sisa dan berlebih, usahakan untuk memperbaiki dan memperindah gambar sampai batas waktu pengumpulan dari pihak juri.

Kalau waktu masih ada manfaatkan dengan baik dan jangan sampai waktu yang ada disia-siakan.

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah berdoa agar anak bisa menang dalam kejuaraan lomba mewarnai karena kita sebagai manusia selalu memiliki kemampuan terbatas.

Itulah informasi mengenai cara dan tips agar anak bisa menang lomba mewarnai. Semoga tulisan tentang Strategi Buat Anak Untuk Menang Dalam Lomba Menggambar ini bisa bermanfaat dan mampu memberikan inspirasi.


Powered by Blogger.