Halloween party ideas 2015


Nyamuk, hewan yang meskipun kecil namun sangat mengganggu karena sengatannya menyebabkan kulit gatal dan meradang.

Bahkan beberapa jenis nyamuk bisa berbahaya karena membawa virus dan penyakit.

Jadi pasti kita semua tidak menginginkan adanya nyamuk di rumah, apalagi kalau ada anak-anak yang tidak betah dengan gigitan nyamuk.

Jadi kita memang harus ekstra hati-hati dan berusaha keras untuk mengusir nyamuk agar rumah bebas dari nyamuk. 

Perlu kita ketahui juga bahwa banyak sekali penyakit yang bisa dibawa oleh nyamuk. Misalnya penyakit Demam berdarah, Demam berdarah dengue (DBD), Malaria, Chikunguya, Demam kuning Kaki Gajah dan Virus Zika yang konon sangat mematikan ini menghinggapi siapapun dari kita lewat gigitan nyamuk.
Add caption
Inilah sebabnya penting bagi kita untuk bisa mencegah penyakit dan virus virus itu secepat dan sedini mungkin dengan cara mengusir nyamuk lingkungan kita.

Memang meskipun kecil dan berusia hanya semingguan, nyamuk merupakan hewan yang menjadi musuh manusia sejak lama. Banyak alasan mengapa kita harus membasmi nyamuk dari rumah, seperti berikut:

Pertama, gigitan hewan terbang pencari darah ini bisa membuat kulit menjadi terasa gatal bentol dan menjadi kemerahan. Kalau digaruk bisa mengakibatkan luka.

Kedua, tentunya karena nyamuk juga menjadi sumber penyebaran penyakit sebagaimana urian.
Oleh karenanya, kita perlu belajar tentang cara-cara mengusir nyamuk melalui beberapa tips di bawah ini:

Cara Ampuh Mengusir dan Membasmi Nyamuk Di Rumah

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Beragam Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Dipelihara di Rumah

Cara ini adalah cara alami yang aman dan ampuh untuk mengusir nyamuk yang banyak dirumah, yaitu dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk dan memeliharanya di rumah.

Ada beberapa tanaman ampuh untuk mengusir nyamuk tersebut. Berikut ini adalah daftar tumbuhan pengusir nyamuk alami:

1. Lavender
Pasti kalau mendengar kata Lavender, di kepala kita akan muncul pengusir nyamuk.

Ya memang  bunga lavender sudah dikenal lama sebagai tanaman anti nyamuk karena sering disebut-sebut dalam iklan anti nyamuk.

Memang kenyataannya tanaman yang juga digunakan sebagai hiasan indah dengan bunga berwarna ungu dan sedikit warna putih ini memiliki bagu wangi yang dapat mengusir nyamuk dari rumah.

Dan kabar bagusnya lagi adalah kita tidak perlu khawatir dengan bau lavender, karena wangi lavender bagi manusia dapat menimbulkan efek rileks dan tenang. Hal ini karena harumnya lembut dan bisa menenangkan.

Kelebihan dari lavender sebagai pengusir nyamuk adalah, bunga lavender ini dapat hidup di area terbuka maupun di dalam ruangan.

Jangan lupa untuk menaruh lavender pengusir nyamuk dalam pot lalu letakkan di tempat-tempat yang terkena sinar matahari.

2. Daun Serai Pengusir Nyamuk Ampuh
Ya daun serai memang baunya harum dan cukup wangi bagi yang suka. Aroma serai yang kuat dan khas ini memang disebut-sebut sebagai obat paling ampuh untuk mengusir nyamuk.

Tak hanya di Indonesia, di berbagai belahan dunia pun serai yang mengandung citronella ini digunakan sebagai obat ampuh pengusir nyamuk yang banyak di rumah. 

Aroma serai yang menyengat dan khas bisa membuat nyamuk-nyamuk pergi dari rumah dan tak akan mendekati daerah sekitar rumah yang terdapat tanaman serai ini.

Serai bisa ditanam di kebun sekitar rumah atau di tanam dalam ruangan yang banyak mengandung cahaya matahari.

3. Mengusir Nyamuk Dengan Lemon Balm
Lemon balm atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Melissa officinalis ini merupakan tanaman adalah ramuan yang termasuk dalam keluarga mint.

Daunnya mirip seperti daun mint namun wanginya hampir sama dengan bau lemon. Mungkin di Indonesia memang masih belum populer.

Anda bisa mendapatkan lemon balm dari para penjual-penjual tanaman maupun toko online. Tak hanua untuk obat, Lemon balm ini juga cukup ampuh untuk dijadikan pembasmi nyamuk di rumah.

Tanaman lemon balm ini mudah ditanam dan bisa ditanam di tempat-tempat yang cahayanya kurang.

4. Cara Mengusir Nyamuk dengan Catnip
Catnip adalah ramuan abadi dari keluarga mint labiatae. Istilah 'catnip' yang cukup dekat dengan istilah cat atau kucing ini diduga berasal dari respons kucing terhadap tanaman.

Tanaman ini adalah merupakan varietas nepeta cataria yang dinikmati sebagian besar kucing, artinya kucing sangat gemar bermain dengan tanaman ini.

Tanaman catnip ini merupakan tanaman rumahan yang bisa ditanam di halaman atau kebun untuk mengusir nyamuk. Catnip memang merupakan jenis tanaman semak belukar atau rerumputan yang biasanya tumbuh liar di halaman atau kebun di belakang rumah.

Cara menanamnya pun jangan bersama tanaman yang berharga lainnya karena kalau ada kucing, bisa jadi tanaman catnip dan tanaman sekitarnya diacak-acak kucing.

5. Geranium
Bagi anda yang belum mengenal Geranium, tanaman ini adalah genus dari 422 spesies tanaman berbunga tahunan, dua tahunan, dan abadi yang umumnya dikenal sebagai cranesbill.

Tanaman ini ditemukan di seluruh daerah beriklim dunia dan pegunungan tropis, tetapi sebagian besar di bagian timur wilayah Mediterania.

Tanaman dengan bunganya yang berwarna cantik ini dapat membasmi nyamuk dari rumah. Selain sebagai penangkal dan pembasmi nyamuk, tentu kecantikan dari bunga geranium ini dapat mempercantik tampilan sekitar rumah.

Untuk mengusir nyamuk dari rumah, bunga geranium ini bisa ditaruh di dalam pot-pot bunga dan digantung di bawah plafon rumah atau di taruh sekitar teras dan kebun.

6. Pepermint
Peppermint dengan baunya yang segar bisa menjadi sesuatu yang tidak disukai oleh serangga. Termasuk nyamuk, rasa segar pepermint membuatnya tidak betah berada di dekatnya.

Oleh karenanya, bau peppermint ini bisa mengusir nyamuk dari rumah.

Kalau anggota keluarga terkena gigitan nyamuk, maka bisa langsung mengusapkan daun peppermint di bagian yang digigit, maka gigitan nyamuk akan berkurang gatalnya.

7. Pennyroyal Pengusir Nyamuk Di Rumah
Pennyroyal adalah ekstrak herbal atau minyak yang berasal dari daun tanaman dalam genus mint (Mentha pulegium) yang digunakan di masa lalu sebagai pengusir serangga dan abortifasien.

Konon tumbuhan yang aslinya berasal dari daratan Eropa ini memiliki banyak khasiat di antarnya sebagai minuman teh berkhariat dan bumbu masakan ikan.

Tentunya tanaman ini juga bisa jadi salah satu cara mengusir nyamuk ampuh di rumah.Tanaman pembasmi nyamuk ini dapat ditanam di hamparan kebun atau taman rumah.

8. Bawang Putih, Bumbu Dan Pengusir Nyamuk

Masakan tanpa bawang putih pasti rasanya tak bisa dibayangkan gimana hambarnya. Iya bawang putih adalah bumbu utama yang pasti ada dalam setiap masakan.

Kabar bagusnya, bawang putih juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk di rumah.

Kabar bagusnya lagi, tidak perlu repot-repot menanam bawang putih di halaman atau di dalam rumah untuk mengusir nyamuk, karena kita bisa langsung menggunakan umbinya.

Caranya adalah dengan mengupas beberapa siung bawang putih lalu menempatkannya di sudut-sudut rumah. Hal ini bisa membuat nyamuk pergi.

9. Cara Mengusir Nyamuk dengan Tanaman Bunga Marigold
Marigold adalah tumbuhan tahunan dengan daun hijau pucat dan bunga kuning keemasan atau oranye. Oleh karenanya disebut dengan Marigold.

Marigold menghasilkan bunga dari awal musim panas hingga musim dingin. Bunganya memiliki bau yang kuat.

Tanaman berwarna kuning emas yang tumbuh tahunan ini memiliki kandungan Pyrethrum yang sering digunakan dalam cairan pembasmi serangga. Oleh karenanya, tanaman ini ampuh mengusir nyamuk di rumah.

Bunga marigold indah yang umumnya berwarna kuning, oranye, dan coklat terang ini cukup masyhur sebagai tumbuhan penangkal nyamuk juga serangga.

10. Rosemary
Rosemary dikenal sebagai tanaman berbunga indah yang biasa digunakan sebagai bumbu atau bahan perendam daging sapi, kambing, maupun ikan agar menghasilkan rasa yang lebih enak.

Tanaman yang memiliki nama Rosmarinus officinalis, ini merupakan tanaman berkayu, berbau harum, hijau sepanjang tahun, daunnya seperti jarum dan bunga putih, merah muda, ungu, atau biru, asli daerah Mediterania.

Tanaman ini adalah anggota keluarga mint Lamiaceae, yang mencakup banyak herbal lainnya

Rosemary memiliki kandungan minyak beraroma atau bau khas yang tidak disukai serangga, termasuk nyamuk. Oleh karenanya, rosemary dapat dimanfaatkan sebagai cara mengusir nyamuk yang baik.

11. Basil
Basil, yang juga disebut kemangi, adalah ramuan kuliner dari keluarga Lamiaceae. Basil adalah tanaman asli daerah tropis dari Afrika tengah hingga Asia Tenggara. Tanaman ini adalah tanaman dengan tekstur empuk, dan digunakan dalam masakan di seluruh dunia.

Tanaman ini memiliki kandungan alami yang dapat mengusir nyamuk. Juga bisa dijadikan bumbu jika dijadikan bahan memasak.

Ampuh Mengusir Nyamuk Dengan Warna Cat Tembok Yang Dibenci Nyamuk

Selain menggunakan tanaman, cara lain mengusir nyamuk yang juga dinilai efektif ialah menggunakan cat berwarna tertentu.

Iya, warna ruangan dan warna tembok atau cat juga dibenci oleh nyamuk.

Apa saja warna itu? Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Warna Kuning pada Dinding Rumah Bisa Mengusir Nyamuk
Ya benar! Warna kuning atau semi kuning cerah.

Menurut beberapa penelitian, warna kuning merupakan warna yang paling sulit diidentifikasi nyamuk karena konon sangat membingungkan mereka.

Warna kuring juga merupakan warna yang bagus bagus dan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat jika kamu memilih jenis-jenis dekorasi dengan guratan kuning cerah untuk mempercantik rumah.

Karena sifatnya yang sangat terang dan bisa memantulkan cahaya, bisa jadi menggunakan warna cat kuning yang berlebih malah akan memberikan kesan yang terang dan cenderung panas.

Oleh karenanya, sebaiknya gunakanlah warna ini sebagai polesan di dinding yang tidak dominan.

Warna kuning sebagai pengusir nyamuk di rumah ini bisa dipadukan dengan warna putih, krem, beige, serta warna-warna soft lainnya untuk hasil tampilan ruangan yang lebih baik.

2. Warna Cat Hijau yang Mampu Mengusir Nyamuk
cara mengusir nyamuk dari rumah dengan warna hijau

Hijau merupakan warna yang kerap diasosiasikan dengan kesegaran dan tumbuhan serta sangat menarik untuk dijadikan pilihan sebagai cat rumah.

Konon warna hijau bisa menjadikan nyamuk-nyamuk  tidak bisa mengidentifikasinya, warna hijau memiliki kemampuan yang sama dengan warna-warna terang lainnya.

3. Warna Kuning Kecoklatan
cara mengusir nyamuk dengan warna kuning kecoklatan

Warna kuning kecoklatan atau sering disebut sebagai warna khaki memang cukup sering dijadikan pilihan utnuk memulas dinding, terlebih untuk rumah-rumah dengan nuansa tradisional.

Walau terkesan sedikit gelap, ternyata warna ini ampuh menangkal nyamuk untuk masuk ke rumah sehingga rumah bisa sepi dan terbebas dari nyamuk.

4. Cat Biru Kehijauan
cara mengusir nyamuk dengan cat biru kehijauan

Sama seperti anjing dan kucing, nyamuk juga tidak memiliki kemampuan untuk mengenal dan membedakan warna, alias buta warna.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, warna-warna cerah di rumah tidak memiliki kemampuan untuk mengikat gas CO2.

Semakin terang spektrum warnanya, tentu akan semakin banyak menangkal penyerapan gas ini.

Warna cat biru kehijauan seperti cyan, turquoise, teal, bondi blue, dan ping merupakan pulasan menarik yang sering digunakan banyak orang di rumah.

5. Warna Putih
cara mengusir nyamuk dengan warna putih

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh ahli, hewan nyamuk memiliki kecenderungan menyukai warna dengan spektrum gelap.

Warna-warna itu ialah hitam, merah, serta biru tua, atau navy blue.

Penggunaan warna ini tidak hanya berlaku untuk warna pakaian, tapi juga pada interior dan eksterior rumah.

Jika rumahmua memang sering dihinggapi dan tempat bersarangnya nyamuk, cobalah untuk mengganti warna dinding menjadi berwarna cerah seperti putih.

Tidak seperti warna gelap, putih tidak akan menyerap serta menyimpan kandungan CO2 yang dikeluarkan dari tubuh.

Mengatasi  Nyamuk Dengan Metode 5 M

Salah satu metode yang masih efektif untuk tindakan mengurangi populasi nyamuk dan tindakan preventif atau mencegah sejak dini adalah dengan metode 5 M yang banyak disuluhkan oleh pemerintah.

Metode 5 M ini adalah metode menguras, menutup, mengganti, mengubur dan menabur. Metode ini terbukti mampu mencegah membludaknya populasi nyamuk.

Rincian dari metode ini adalah:

1. Menguras
Setiap ada genangan air harusnya dikuras atau ditumpahkan. Dimanapun itu entah di wadah atau di tanah yang menggenang.

Juga janganlah membiarkan genangan air tertinggal di dalam ember atau wadah air lainnya apapun bentuknya.

Air hujan bisa menggenang dan menjadi tempat nyaman bagi sarang nyamuk. Hal ini bisa membuat populasi nyamuk tak terkontrol sehingga sulit bagi kita untuk mengusir nyamuk dari rumah. 

Untuk mengurangi jumlah nyamuk ini, kita perlu untuk sering membersihkan tempat air seperti tangki air, juga gentong kalau di desa secara berkala.

2. Menutup
Cara berikutnya agar nyamuk tak berkembang biak secara ganas sehingga mudah untuk membasmi nyamuk adalah dengan membiasakan menutup wadah yang umum untuk menampung air.

Wadah air yang bisa menjadi sarang nyamuk ini misalnya adalah ember, bak, dan lainnya. Metode ini bisa membuat nyamuk tidak bisa masuk dan bertelur pada air yang menggenang.

3. Mengganti
Mengganti air secara berkala sangat membantu dalam membasmi populasi nyamuk. Misalnya air dalam vas bunga harus diganti secara berkala. Juga air dalam akuarium atau air tergenang pada beragam wadah lainnya.

Meskipun terlihat jernih, namun nyamuk bisa menjadikan air di dalam vas bunga sebagai sarang bertelur.

4. Mengubur
Sampah plastik kerap menampung banyak air ketika hujan turun.

Maka dari itu, saat ada sampah plastik, kamu sangat disarankan untuk mengubur atau lebih baik membuangnya jauh-jauh dari rumah.

Jangan biarkan benda-benda yang tak disadari seperti ini justru menjadi jalan masuk nyamuk untuk berkembang biak di rumah.

5. Menaburkan
Pada tempat penampungan air yang bisa menjadi sarang nyamuk, supaya jentik nyamuk di dalamnya mati, maka kita harus menaburkan bubuk abate.

Bubuk dengan butir kecil yang disebut abate ini bisa di cari dan di beli di apotik-apotik. Anda juga bisa mendapatkanya di Pukesmas yang memang diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Cara menghilangkan nyamuk di rumah yang banyak Secara Ampuh

1. cara mengusir nyamuk dengan sabun
Mungkin tak banyak orang yang tahu kalau air sabun juga ampuh membasmi nyamuk. Caranya adalah dengan meletakkan piring dengan air sabun di dekat sarang nyamuk.
Setelah beberapa waktu anda akan melihat bahwa nyamuk akan tertarik ke air ini dan terperangkap.

2. Cara mengusir nyamuk dengan kopi
Bubuk kopi bekas juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Caranya adalah dengan membiarkan kopi bubuk bekas mengering, lalu membakarnya dan membiarkan asapnya memenuhi ruangan.

3. Mengusir Nyamuk Dengan Obat Kimia
Jika nyamuk di rumah sudah ganas dan seakan tak bisa diberantas dengan cara alami di atas, maka anda bisa menggunakan obat kimia sesuai dengan petunjuk yang ada.

Cara ini termasuk cara untuk mengusir nyamuk secara ampuh dan langsung.

Anda bisa menggunakan obat semprot atau obat bakar, tergantung pada anda dan keluarga lebih nyaman dengan obat bakar atau semprot.

Jauhkan dari makanan dan hewan ternak karena jika terkena makanan bisa muncul resiko keracunan. 

Cara membuat perangkap nyamuk

Itulah informasi mengenai Cara Lengkap Mengusir Nyamuk Di Rumah, Ampuh Membasmi Nyamuk dan Membuat Rumah Bebas Nyamuk. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam membasmi nyamuk di rumah. Selamat di coba tips-tipsnya.

Ditulis Oleh: Mbak Fitri



Powered by Blogger.