Halloween party ideas 2015


Hari Jumat merupakan hari yang penuh berkah, dan termasuk yang diagungkan dalam agama Islam. Hari Jumat pun dinamakan dengan Sayyidul Ayyam, atau Tuannya hari-hari atau penghulu para hari. Hari jumat termasuk hari dimana berkah Allah sangat banyak diturunkan untuk umat manusia.

Salah satu landasan mengapa hari Jumat adalah hari yang penuh berkah, di antaranya adalah karena banyak sekali riwayat yang menjelaskan keutamaan hari Jumat dibandingkan dengan hari-hari lainnya.
Panduan Bacaan Doa Setelah Shalat Jumat Berikut Wiridnya, Lengkap Dengan Latin Dan Terjemahannya img:flickr.com
Perlu diketahui pula bahwa dalam hari Jumat juga terdapat satu waktu yang jika kita berdoa pada saat itu, Allah swt. akan mengabulkan doanya.

Di beberapa negara yang mayoritasnya adalah muslim, seperti negara-negara Arab, hari jumat adalah hari libur. Berbalik dengan kita di Indonesia yang liburnya adalah hari Minggu.

Juga di beberapa pesantren, madrasah dan lembaga pendidikan di Indonesia, hari jumat merupakan hari yang ditunggu-tunggu para santri dan pelajar, sebab hari jumat adalah hari libur.

Banyak umat muslim merutinkan hari Jumat untuk memperbanyak membaca al-Quran, membaca wirid, doa, dan shalawat dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Amalan di Hari Jumat

Jika kita mempelajari dari beberapa anjuran para ulama, ada banyak sekali macam amalan dan doa untuk dilaksanakan pada saat hari jumat tiba.

Amalan yang paling umum adalah diantaranya kita dianjurkan untuk memperbanyak baca shalawat serta membaca surah al-Kahfi. Surah al-Kahfi adalah termasuk amalan terbaik untuk dibaca di hari Jumat karena mengandung fadhilah yang luar biasa.

Anda bisa membaca lebih lanjut tentang fadhilah surah al-Kahfi disini: Keutamaan dan Keajaiban Membaca Surah Al Kahfi Lengkap

Selain surah al-Kahfi, masih banyak lagi doa, wirid maupun amalan-amalan utama yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan di hari jumat, penghulu para hari ini.

Diantara amalan terbaik yang bisa dilaksanakan pada hari Jumat adalah bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan salat jumat. Berikut ini kita akan mengulas tentang Panduan Bacaan Doa Setelah Salat Jumat, Lengkap Dengan Latin Dan Terjemahannya.

Fadhilah dan Kedahsyatan Wirid Setelah Shalat Jumat 

Dalam kitab Bugyatul Murtasyidin juga dijelaskan beberapa dzikir dan faedahnya pada hari Jum’at;
ﻓﺎﺋﺪﺓ : ﻭﺭﺩ ﺃﻥ ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﻭﺍﻹﺧﻼﺹ ﻭﺍﻟﻤﻌﻮﺫﺗﻴﻦ ﺳﺒﻌﺎً ﺳﺒﻌﺎً ﻋﻘﺐ ﺳﻼﻣﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﻳﺜﻨﻲ ﺭﺟﻠﻴﻪ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ ﻣﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻣﻦ ﺫﻧﺒﻪ ﻭﻣﺎ ﺗﺄﺧﺮ ، ﻭﺃﻋﻄﻲ ﻣﻦ ﺍﻷﺟﺮ ﺑﻌﺪﺩ ﻣﻦ ﺁﻣﻦ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ، ﻭﺑﻮﻋﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺍﻷﺧﺮﻯ ، ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﻭﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﻳﺘﻜﻠﻢ ﺣﻔﻆ ﻟﻪ ﺩﻳﻨﻪ ﻭﺩﻧﻴﺎﻩ ﻭﺃﻫﻠﻪ ﻭﻭﻟﺪﻩ ﻭﻳﻘﻮﻝ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﺃﺭﺑﻊ ﻣﺮﺍﺕ : ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻳﺎ ﻏﻨﻲ ﻳﺎ ﺣﻤﻴﺪ ، ﻳﺎ ﻣﺒﺪﻯﺀ ﻳﺎ ﻣﻌﻴﺪ ، ﻳﺎ ﺭﺣﻴﻢ ﻳﺎ ﻭﺩﻭﺩ ، ﺃﻏﻨﻨﻲ ﺑﺤﻼﻟﻚ ﻋﻦ ﺣﺮﺍﻣﻚ ، ﻭﺑﻄﺎﻋﺘﻚ ﻋﻦ ﻣﻌﺼﻴﺘﻚ ، ﻭﺑﻔﻀﻠﻚ ﻋﻤﻦ ﺳﻮﺍﻙ ، ﺍﻫـ ﺑﺎﻋﺸﻦ
Artinya:
Faidah: Barangsiapa membaca surat al-Fatihah, al-Ikhlas dan surat al-Mu’awwidzatain (al-Falaq dan an-Naas) masing-masing tujuh kali setelah ia salam dari shalat Jum’at sebelum ia melipat kedua kakinya (dalam arti kakinya masih dalam posisi Tasyahud Akhir) maka diampunilah dosa yang telah ia jalani, diberikan pahalanya orang beriman pada Allah dan Rasul-Nya, dan dijanjikan diajauhkan dari kejelekan hingga Jum’at berikutnya.

Beragam Bacaan Doa Setelah Salat Jumat

Sebagaimana doa setelah shalat fardhu, setelah shalat kita sebagai umat muslim memang sudah seharusnya untuk menyibukkan diri agar bisa khusyuk berdoa untuk kebaikan. 

Dengan membaca doa serta dzikir tentunya kita akan lebih merasa tenang dan merasa dekat kepada Allah karena doa dan dzikir adalah sarana komunikasi kita dengan Sang Pencipta.

Juga memang doa dan dizkir adalah salah satu obat yang paling manjur bagi kita untuk bisa memenangkan hati dan pikiran kita sebagai manusia yang lemah.

Ada banyak sekali jenis-jenis doa yang biasa diamalkan setelah shalat Jumat. Dan juga tidak ada batasan bagi kita untuk membaca doa setelah sholat jumat. 

Hal ini karena memang doa merupakan salah satu hal yang tidak bisa dibatasi, bahkan dianjurkan bagi kita untuk memperbanyak doa semampu kita.

Meskipun demikian, kita bisa menggunakan doa-doa tertentu untuk dibaca setelah selesai shalat Jumat. Anda bisa menggunakan doa-doa berikut untuk dibaca setelah selesai shalat Jumat, baik seluruhnya atau beberapa doa saja. Beberapa tersebut di antaranya adalah:

1. Doa Riwayat Rasulullah Saw

Kita bisa menggunakan doa Rasulullah Saw. yang beliau baca setelah selesai shalat untuk digunakan berdoa setelah selesai shalat Jumat. Diriwayatkan dalam Sahih Bukhari:
إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَعَوَّذُ مِنْهُنَّ دُبُرَ الصَّلاَةِ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ
Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sering meminta perlindungan dari beberapa hal di akhir shalat: "Ya Allah .. sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut, dan aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), dan aku berlindung kepada-Mu dari cobaan dunia dan aku berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur. 
Menurut hadis di atas, maka kita bisa membaca doa Rasulullah Saw. yang beliau baca selepas shalat. Meskipun shalat jumat tidak disebutkan, namun doa tersebut disebutkan setelah shalat, yang berarti shalat yang umum.

Adapun doanya sebagaimana hadis di atas adalah berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ
Allahumma inni audzubika minal jubni, wa audzubika an uradda ila ardzalil umur, waaudzubika min fitnatiddunya wa audzubika min adazbinnar
 Artinya adalah:
"Ya Allah .. sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut, dan aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), dan aku berlindung kepada-Mu dari cobaan dunia dan aku berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur. 

2. Berdoa dengan Panduan Kitab Bughyatul Mustarsyidin

Panduan tentang doa dengan runtutan Membaca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, Annas, Doa Selesai Shalat Jumat dan Doa Abu Nawas ini bisa dilihat dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin karya Sayyid Abdurrahman bin Muhammad al-hadramy.

Adapun beberapa doa dan bacaan yang dianjurkan setelah salat jumat di antaranya adalah:
  • Memabaca Surah Al-Fatihah sebanyak 7 kali
  • Memabaca Surah al-Ikhlas 7 kali
  • Memabaca Surah al-Falaq sebanyak 7 kali
  • Memabaca Surah Annas 7 kali
  • Dan Membaca doa khusus Setelah Shalat Jumat.
Adapun doa khusus Setelah Shalat Jumat tersebut adalah :
اللّٰهُمَّ يَاغَنِيُّ يَاحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ اَغْنِنَا بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ
Cara membacanya:
Allohumma Ya Ghaniyyu Ya Hamidu Ya Mubdi'u Yaa Mu'idu Yaa Rahimu Yaa Waduudu, Aghninaa Bi Hallalila 'An Haromika Wa Bitho'atika 'An Ma'shiyatika Wa Bi Fadhlika 'An Man Siwaaka
Terjemahannya :
 "Ya Allah, ya dzat yang maha kaya, ya dzat yang terpuji, ya dzat yang memulai, ya dzat yang mengembalikan, ya dzat yang maha pengasih, ya dzat yang penuh cintakasih, kayakanlah kami dengan yang engkau halalkan dijauhkan dari yang engkau haramkan, dan kayakanlah kami dengan taat kepadamu dijauhkan dari maksiat kepadamu, dan kayakanlah kami dengan fadhalmu dijauhkan dari kebutuhan selain kepada engkau"

Setelah membaca doa di atas, juga dianjurkan pula membaca doa Abu Nawas atau terkenal dengan syair Abu Nawas setelah shalat Jumat sebagai berikut :

إِلهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً ❖ وَلاَ أَقْوَى عَلىَ النَّارِ الجَحِيْمِ

Cara membacanya:
 "Illahi Lastu Lilfirdausi Ahla ❖ Wa Laa Aqwaa 'Ala Naril Jahimi"
Artinya :
"Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak kuat dalam neraka Jahanam"

فَهَبْ ليِ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبيِ ❖ فَإِنَّكَ غَافْرُ الذَّنْبِ العَظِيْمِ

Cara membacanya :
 "Fahab Li Taubatan Waghfir Dzunubi ❖ Fainnaka Ghafirudzanbil 'Adzimi"
Artinya :
"Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar"

ذُنُوْبيِ مِثْلُ أَعْدَادِ الرِّمَالِ ❖ فَهَبْ ليِ تَوْبَةً يَاذاَالجَلاَلِ
Cara membacanya:
 "Dzunubi Mitslu A'dadirrimaali ❖ Fa Habli Taubatan Yaa Dzal Jalali"
Artinya :
"Dosaku bagaikan bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan"
وَعُمْرِي نَاقِصٌ فيِ كُلِّ يَوْمٍ ❖ وَذَنْبيِ زَائِدٌ كَيْفَ احْتِمَالِ
Cara membacanya:
"Wa 'Umri Naqishun Fi Kulli Yaumin ❖ Wa Dzanbi Za'idun Kaifah Timaali"
Artinya :
"Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya"

إِلهِي عَبْدُكَ العَاصِي أَتَاكَ ❖ مُقِرًّا بِالذُّنُوْبِ وَقَدْ دَعَاكَ
Cara membacanya:
Ilaahi 'Abdukal 'Ashi Ataaka ❖ Muqirrun Bidzunubi Wa Qad Da'aaka
Artinya :
Wahai, Tuhanku ! Hamba Mu yang berbuat dosa telah datang kepada Mu dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu
فَإِنْ تَغْفِرْ فَأَنْتَ لِذَا أَهْلٌ ❖ فَإِنْ تَطْرُدْ فَمَنْ نَرْجُو سِوَاكَ
Cara membacanya:
Fa in Taghfir Fa Anta Lidzaaka Ahlu ❖ Fa in Tathrud Faman Narjuu Siwaaka
Artinya :
Maka jika engkau mengampuni, maka Engkaulah ahli pengampun. Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau?

3. Doa Ibnu Malik

Dan juga doa yang diriwayatkan dari Irak ibni Malik bahwasanya setiap selesai shalat jumat lalu berdiri pada pintu masjid dan berdo’a:

ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺃﺟﺒﺖ ﺩﻋﻮﺗﻚ، ﻭﺻﻠﻴﺖ ﻓﺮﻳﻀﺘﻚ، ﻭﺍﻧﺘﺸﺮﺕ ﻛﻤﺎ ﺃﻣﺮﺗﻨﻲ، ﻓﺎﺭﺯﻗﻨﻲ ﻣﻦ ﻓﻀﻠﻚ ﻭﺃﻧﺖ ﺧﻴﺮ ﺍﻟﺮﺍﺯﻗﻴﻦ، ﻭﻗﺪ ﻗﻠﺖ ﻭﻗﻮﻟﻚ ﺍﻟﺤﻖ

Cara membaca:
Allahumma ajabtu dakwataka wa shallaitu faridhataka wantasyartu kama amartany, farzuqni min fadlika wa anta khairur raziqin. Wa qad qulta, wa qauluka al-haq.

4. Rangkaian Bacaan Doa Setelah Shalat Jumat Dengan Beragam Macam Doa

Selain doa-doa di atas, kita juga bisa mengamalkan doa doa lainnya secara bebas karena doa itu tidak ada batasannya. Anda bisa mengamalkan beragam doa berikut:

Membaca Doa untuk diberi kesehatan dan rejeki lancar

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ
Cara membaca:
allahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati

Artinya:
Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. 

Membaca Doa setelah Sholat Jumat Dengan Doa untuk memohon Ampun

رَبَّنَا اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صَغِيْرًا
Cara membaca:
alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa
Artinya:
Ya Allah, Ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Bapak dan Ibuku) serta kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mengasihani dan mendidikku semenjak kecil

Membaca Doa Agar di mudahkan segala urusan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزَنَ إِذَا شِئْتَ سَهْل
Cara membaca:
allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya:
Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah
Itulah  informasi mengenai Panduan lengkap Bacaan Doa Setelah Shalat Jumat Berikut Wiridnya, Lengkap Dengan Latin Dan Terjemahannya. Semoga bermanfaat dan bisa mendorong kita untuk memanfaatkan momen atau waktu setelah shalat Jumat dengan maksimal


Powered by Blogger.