Halloween party ideas 2015


Halo pembaca yang budiman, bagaimana kabarnya semua? Semoga diberi kesehatan selalu.
Kali ini saya hendak berbagi tips tentang cara buka usaha akikah atau juga bisa disebut dengan aqiqah dan katering.

Karena Indonesia masyarakatnya mayoritas adalah umat Islam, maka kegiatan masyarakatnya yang terkait dengan kultur dan budaya pastinya juga berhubungan dengan ajaran dan tradisi Islami.

Salah satunya adalah akikah atau juga disebut dengan aqiqah.
Cara dan Tips Usaha Akikah (Aqiqah) Dan Katering / pexels.com

Akikah atau aqiqah sendiri adalah menyembelih hewan qurban untuk kelahiran anak yang biasanya diakukan pada hari ke tujuh kelahiran.

Akikah atau aqiqah hukumnya disunnahkan, dimana kambing yang disembeli untuk anak laki-laki berjumlah 2 sedangkan anak perempuan berjumlah 1.

Akikah atau aqiqah banyak sekali dilaksanakan oleh umat Indonesia, dan karena masyarakat seringkali kesulitan dalam menyembelih dan memasak daging kambing, mereka biasanya menyerahkan kepada tukang sembelih dan tukang masaknya.

Oleh karenanya, akikah atau aqiqah bisa anda jadikan sebagai peluang usaha karena pasti masyarakat membutuhkan jasa aqiqah atau akikah, selain anda juga bisa jadikan sebagai usaha katering.

Atau mungkin anda memang sudah membuka jasa katering maka bisa anda gunakan sebagai langkah untuk membuat bisnis lebih besar dengan cara membuka usaha akikah atau aqiqah.

Cara dan Tips Usaha Akikah (Aqiqah) Dan Katering

Adapun langkah-langkah untuk anda yang ingin membuka usaha akikah (aqiqah) berikut cara dan tipsnya adalah sebagai berikut:

Mencari Peluang Pasar Usaha Akikah (aqiqah)

Langkah utama untuk cara dan tips jitu dalam membuka usaha dan bisnis akikah (aqiqah) adalah dengan melihat potensi pasar. 

Apakah usaha akikah (aqiqah) ini sudah marak atau belum di daerah anda. Perlu diketahui bahwa jika saingan usaha sudah banyak dan besar bisa jadi anda kesulitan untuk mencari pelanggan. 

Namun perlu anda ketahui juga, usaha ini tak banyak yang menggeluti di daerah-daerah tertentu karena membutuhkan usaha dan kesabaran tersendiri dalam menggelutinya.

Jika dirasa anda cocok membuka usaha aqiqah, maka anda tinggal mencari pemasok kambing yang biasanya dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Bagi anda yang baru dalam dunia pasar tradisional maka anda perlu jeli, karena disana banyak pedagang kambing yang menaikkan harga kambing hingga terlampau mahal, karena pembeli adalah orang awam yang tak tahu dunia kambing.

Oleh karenanya, kalau punya kenalan di pasar tradisional mungkin bisa membantu untuk bisa mencarikan kambing dengan harga yang miring namun terbaik.

Jika dirasa semua sudah siap, anda bisa melanjutkan untuk ke nomor berikutnya.

Kemampuan Menyembelih dan Membersihkan Kambing Sembelihan

Kemampuan menyembelih dan membersihkan kambing yang sudah disembelih dalam usaha aqiqah bisa dibilang mutlak.

Hal ini bisa diatasi dengan mempekerjakan karyawan jika anda tidak bisa, namun pasti ongkos yang dikeluarkan bisa jadi lebih besar.

Disinilah anda harus memberanikan diri untuk menyembelih dan mengetahui teknik dan tips dalam membersihkan isi jerohan kambing. 

Ingat, bagi pelanggan semua bagian kambing harus bisa dimanfaatkan, oleh karenanya jangan sampai ada bagian kambing yang hilang atau terbuang.

Semua harus bisa anda masak sehingga bisa memberikan kepuasan bagi para pelanggan, termasuk anda juga harus bisa memasak kulit kambing.

Memiliki Keahlian Memasak Daging Aqiqah

Dalam usaha akikah, keahlian memasak juga menjadi poin utama. Anda harus bisa memasak dengan kualitas yang bagus sehingga daging aqiqah tidak berbau. 

Kadang karena tidak bisa memasak dengan baik dan benar, daging kambing akikah berbau amis sehingga membuat pelanggan kapok untuk kembali memesan akikah pada anda.

Salah satu cara agar tidak amis adalah dengan memperhatikan cara menyembelih dan membersihkan daging kambing, jangan sampai kotoran kambing ada yang menempel di daging. 

Juga tidak boleh ada air yang mengenai daging kambing karena air bisa membuat kualitas daging rusak. 

Memasak juga ada teknik tertentu, misalnya bumbu yang digunakan ada bumbu yang bisa membuat bau amis hilang.

Jika pelanggan anda puas, mereka bakalan ditanya-tanya dimana tempat mereka mengolah daging kambing akikah, sehingga dari mulut ke mulut itu, usaha anda akan dikenal dan akan banyak orang mendatangi anda untuk memesan akikah untuk mereka.


Powered by Blogger.