Halloween party ideas 2015


Jika anda bertanya tentang sahabat nabi yang terakhir meninggal dunia siapa? Maka anda akan menemukan jawabannya disini.

Sahabat nabi adalah orang yang menemui nabi Muhammad Saw. dalam keadaan iman dalam hayatnya dan tetap membawa iman hingga akhir hidupnya.

Adapun sahabat nabi meninggal terakhir sebagaimana dijelaskan oleh riwayat para ulama, sahabat  Nabi Muhammad Saw. yang terakhir meninggal adalah أبو الطفيل عامر بن واثلة الكناني Abu Tufail 'Amir bin Watsilah al-Kinani.

Abu Tufail disepakati sebagai sahabat nabi yang terakhir meninggal dunia dengan umur panjang dan beliau wafat pada tahun 110 H.

Konon Abu Tufail telah melewati masa Nabi, masa sahabat, hingga masa tabiin, dan meninggal sebagai sahabat Nabi yang terakhir.

Kisah sahabat nabi yang terakhir meninggal

Kisah Abu Tufail sebagai kisah sahabat nabi yg terakhir meninggal ini diriwayatkan oleh para ulama dalam berbagai riwayat.

Adapun Abu Tufail disebut sebagai sahabat yang mulia dan termasuk orang terakhir dari golongan orang-orang yang melihat Rasulullah Saw. dari para sahabat sesuai kesepakatan para ulama.

Abu Tufail juga adalah termasuk ketua dari kaumnya dan termasuk orang yang paling mulia, memiliki keutamaan, punya kapasitas dalam menjawab permasalahan, fasih bahasanya dan ahli syair yang mumpuni.

Ada perbedaan pendapat mengenai tahun wafat Abu Tufail. Ada yang bilang bahwa beliau meninggal di Mekkah tahun 100 H namun pendapat yang tergolong masyhur adalah beliau wafat pada tahun 110 H.

Imam Bukhari menyebutkan bahwa Abu Tufail, sahabat nabi terakhir meninggal ini, wafat pada tahun 107 H.

Adapun sahabat Nabi Muhammad yang terakhir meninggal sebelum Abu Tufail Ra. ini adalah juga termasuk sahabat yang mulia, yaitu Anas bin Malik Ra.

Sahabat Anas bin Malik adalah sahabata Nabi yang wafat pada tahun 93 H.

Konon Abu Tufail memiliki riwayat hadis Nabi yang jumlahnya ada sekitar 20 buah. Adapun salah satu contoh hadis dari beliau yang menyebutkan sifat Nabi Muhammad Saw. adalah sebagaimana riwayat berikut:


حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ الْقَوَارِيرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى عَنْ الْجُرَيْرِيِّ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ رَجُلٌ رَآهُ غَيْرِي قَالَ فَقُلْتُ لَهُ فَكَيْفَ رَأَيْتَهُ قَالَ كَانَ أَبْيَضَ مَلِيحًا مُقَصَّدًا

Terjemahan: ‘Ubaidullah bin ‘Umar Al Qawarir Telah menceritakan kepada kami; ‘Abdul A’laa bin ‘Abdul A’la Telah menceritakan kepada kami dari Al Jurairi dari Abu Ath Thufail dia berkata; “Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan tidak ada orang lain selain saya (setelah dia tidak ada sahabat lagi) yang pernah melihat beliau. Perawi berkata; ‘Saya bertanya kepadanya, bagaimana kamu melihatnya? Dia menjawab; ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam itu berkulit putih, manis dan bertubuh sedang.’ (HR. Muslim)

Kisah Abu Tufail Melihat Nabi Muhammad Saw.

Pada bagian kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Abu Tufail sahabat nabi terakhir wafat ini bertemu dengan Nabi.

Konon Abu Tufail bertemu dengan Nabi Muhammad Saw. pada saat Haji Wada atau haji terakhir Nabi.

Saat itu Nabi hadir di Mekah untuk melaksanakan haji wada itu.

Pada waktu itu Abu Tufail melihat Nabi Muhammad Saw. melakukan thawaf di Baitullah serta mengusap rukun Yamani dengan menggunakan tongkat beliau. Dan Nabi pun mencium tongkat tersebut.

Waktu itu Abu Tufail adalah seorang pemuda saat melihat Nabi Muhammad Saw. thawaf di Baitullah.
Sahabat Nabi Yang Terakhir Meninggal Dunia / img wikimedia.org

Juga Abu Tufail menemui Nabi saat masih hidup selama 8 tahun, dan setelah Abu Tufail wafat tidak ada seorang manusia pun di muka bumi ini yang masih hidup dari orang-orang yang pernah melihat Nabi Muhammad Saw.

Dalam hadis sahih pun disebutkan mengenai perkataan Abu Tufail bahwa “Aku pernah melihat Rasulullah Saw. dan tidak ada seorang pun (yang masih hidup) di muka bumi (saat ini) yang pernah melihat beliau selain aku”.

Hal ini pun menegaskan bahwa Abu Tufail adalah sahabat nabi yang meninggal terakhir.

Itulah informasi mengenai sahabat nabi yang paling terakhir meninggal atau sahabat nabi yang wafat terakhir.

Semoga bisa bermanfaat kepada pembaca sekalian. 


Powered by Blogger.