Halloween party ideas 2015


Ahli Ilmu Dalam Islam

Ahli ilmu dalam beberapa sumber al-Quran maupun al-Hadis disebut sebagai golongan yang istimewa. 

Para ahli ilmu atau orang yang alim itu memiliki derajat yang tinggi daripada golongan selainnya. 

Dalam al-Quran pada beberapa tempat ditemukan ayat-ayat yang menerangkan tentang kelebihan ilmu serta ahli ilmu. 

Misalnya ayat yang paling terkenal yang menjelaskan tentang ahli ilmu yang memiliki derajat yang luhur adalah seperti  ayat dalam surat Al Mujadilah ayat 11 ini, dimana Allah Ta’ala berfirman :
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.“ (Al Mujadilah : 11).
Pada sumber hadis juga disebutkan tentang keutamaan orang yang alim dalam hal ilmu, dimana digambarkan bahwa ahli ilmu dalam Islam itu disebutkan memiliki keutamaan sebagaimana halnya bulan atas bintang-bintang.

Sebagaimana kita tahu bahwa bulan itu cahanya lebih terang daripada bintang-bintang dan bisa menyinari bumi dan membantu masyrakat untuk berjalan malam pada masa Nabi.

Juga digambarkan bahwa orang yang ahli ilmu itu memiliki derajat yang tinggi karena mereka mewarisi apa yang diwariskan dari para nabi.

Selengkapnya mengenai keutamaan ahli ilmu ini bisa kita telaah dari hadis berikut, bahwa Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam telah bersabda:

فَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى النُّجُوْمِ. اَلْعُلَمَاءُ وَرَثَةُ اْلأَنْبِيَاءِ، وَاْلأَنْبِيَاءُ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَاًرا وَلاَ دِرْهَمًا وَإِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ.
“Keutamaan sesorang ‘alim (berilmu) atas seorang ‘abid (ahli ibadah) seperti keutamaan bulan atas seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya ulama itu pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidaklah mewariskan dinar maupun dirham, mereka hanyalah mewariskan ilmu, maka barangsiapa mengambilnya (warisan ilmu) maka dia telah mengambil keuntungan yang banyak.” (HR. Tirmidzi).
Dari dua nash al-Quran dan hadis di atas, belum dari sumber nash yang lain kita bisa menelaah bahwasanya Islam sangat menjunjung tinggi derajat ahli llmu.

Hal ini pun bisa membuat kita bertanya-tanya, mengapa islam memberikan tempat dan derajat yang sangat tinggi terhadap orang yang berilmu?

Islam Memberi Tempat dan Derajat Tinggi Terhadap Ahli Ilmu

Berikut ini adalah beberapa alasan tentang mengapa islam memberikan tempat dan derajat yang sangat tinggi terhadap orang yang berilmu.
Mengapa Islam Memberi Tempat dan Derajat Tinggi Terhadap Ahli Ilmu?


Alasan ahli ilmu atau hikmah ahli ilmu mengapa mendapatkan derajat yang tinggi dalam Islam itu dikarenakan beberaha hal sebagaimana berikut:

1. Islam adalah pengetahuan, dimana ia adalah lawan dari kebodohan. Kita tahu bahwa masyarakat Arab pra Islam disebut sebagai masyarakat Jahiliyah karena mereka tidak mengetahui atau bodoh dalam hal kebenaran Allah, Tuhan yang Maha Esa.

Mereka menyembah patung yang mereka buat sendiri, dimana ini adalah kebodohan dan kesesatan serta ketidaktahuan.

Dengan demikian, semangat Islam adalah semangat ilmu sehingga Islam akan menjunjung tinggi ilmu dan para ahli ilmu, bahwa merekalah kelompok yang mendapatkan petunjuk atas kebenaran.

2. Ilmu adalah cahaya sebagai petunjuk untuk melaksanakan kehidupan manusia secara benar, dan hal ini sesuai dengan Islam karena Islam memberi perintah kepada manusia agar beribadah kepada Allah secara benar.

Adapun ibadah tanpa ilmu, maka seseorang akan tersesat, sehingga manusia perlu ilmu untuk bisa beribadah kepada Allah secara benar dan bermuamalah dengan sesama manusia sesuai dengan syariat.

Dengan demikian, ahli ilmu adalah orang yang mampu beribadah dengan ibadah terbaik karena mereka memiliki ilmu pengetahuan tentang bagaimana ia harus beribadah.

3. Orang alim atau ahli ilmu adalah cahaya bagi  siapapun, karena dengan adanya merekalah orang lain juga bisa mendapatkan ilmu dalam rangka beribadah kepada Allah Swt.

Hal inilah yang menjadikan ahli ilmu sangatlah penting karena dengan adanya mereka, ilmu bisa diwariskan dan diajarkan secara turun-temurun agar seluruh manusia bisa menjalani hidupnya dengan ilmu.

Sebagaimana kita ketahui dalam sejarah, bahwa umat manapun akan mendapatkan kejayaannya dengan ilmu pengetahuan.

Sebagaimana umat Islam pada masa Abbasiyah, mereka telah mencapai kejayaan karena gencarnya kajian ilmu dan banyaknya orang alim pada masa itu.

Banyak kitab-kitab dari beragam daerah diterjemahkan kedalam bahasa Arab agar banyak yang mengkaji dan menguasai ilmu.

Walhasil umat muslim menjadi umat yang maju dan memperoleh kejayaan yang luar biasa, karena kunci dari kejayaan adalah ilmu pengetahun.


Powered by Blogger.