Halloween party ideas 2015


Tentang al-Quran

Sebagaimana kita tahu bahwa al-Quran adalah kitab berbahasa Arab yang menjadi pedoman umat Islam di seluruh dunia. 

Al-Quran berisi beragam panduan, ajaran, serta pedoman hidup seperti hukum, juga kisah-kisah yang memuat pendidikan dan beragam pengetahuan lainnya. 

Tujuan diturunaknnya al-Quran kepada umat manusia adalah sebagai petunjuk untuk umat manusia pada kebenaran. 

Beberapa ulama mendefinisikan al-Quran sebagaimana berikut:

القران هو كلام الله تعالى المنزل على محمد صلى الله عليه وسلم باللفظ العر بي المنقول إلينا بالتواتر المكتوب في المصاحف المتعبد بتلاوته المبدوء بسورةالفاتحه المختوم بسورة الناس
“Al-quran adalah kalam (firman) Allah ta’ala yang diturunkan kepada Muhammad Saw. dengan lafal berbahasa arab, diriwayatkan kepada kita secara mutawatir, termaktub di dalam mushaf, membacanya merupakan ibadah, dimulai dari surah al-fatihah dan diakhiri dengan surah an-nas”

Dari definisi di atas kita bisa memahami bahwa al-Quran adalah kitab berbahasa Arab, berupa kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan seterusnya.

Jadi kalau ada al-Quran yang tidak menggunakan bahasa Arab disebut apa? Para ulama mengkategorisasikannya dengan sebutan terjemahan.

Di Indonesia kita mengenal al-Quran terjemahan atau al-Quran dan terjemahnya, itu berarti al-Quran yang diterjemahkan dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia.

Lalu beberapa dari kita pasti penasaran, mengapa al quran berbahasa arab? Disinilah kita akan menguraikan jawabannya secara lebih lanjut dan lebih detail.

Kenapa Al-Quran Berbahasa Arab?

Ada beberapa poin untuk menjawab pertanyaan kenapa al quran bahasa arab dan mengapa tidak menggunakan bahasa yang lain.
Add caption
Poin-poin untuk jawaban itu antara lain adalah:

1. Al-Quran tidaklah berbeda dengan kitab-kitab samawi (kitab yang diturunkan dari langit) lainnya.

Kitab-kitab samawi dahulu juga diturunkan dengan menggunakan bahasa kaumnya.
mengapa al quran bahasa arab

Begitu pula bahwa sudah seharusnya dan suatu hal yang masuk akal kalau al-Quran diturunkan berbahasa Arab, karena al-Quran harus berbahasa sesuai dengan bahasa-bahasa dimana tempat ia diturunkan.

Dan pada waktu al-Quran turun, bahasa Arab adalah bahasa yang paling penting ditempat dimana al-Quran diturunkan, oleh karenanya sudah seharusnya al-Quran berbahasa Arab karena ia diturunkan di daerah dimana mayoritas berbahasa Arab.

Jika al-Quran diturunkan dengan bahasa lain selain bahasa Arab, tentu tujuan al-Quran sebagai kitab petunjuk tidak akan terpenuhi karena masyarakat yang dituju tidak akan memahami atau sulit memahami isi dari al-Quran itu sendiri.

Jadi dalam hal ini kalau ditanyakan alasan al qur'an berbahasa arab, jawabannya sudah ada dalam al-Quran sendiri,
 وَلَوْ جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا أَعْجَمِيًّا لَّقَالُوا لَوْلَا فُصِّلَتْ آيَاتُهُ أَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاء وَالَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ فِي آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُوْلَئِكَ يُنَادَوْنَ مِن مَّكَانٍ بَعِيدٍ
Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh".
2. Alasan berikutnya tentang alasan al quran berbahasa arab adalah karena bahasa Arab adalah bahasa yang kaya dan memiliki keindahan dalam kata, kalimat dan makna.

Bahasa Arab juga merupakan bahasa memiliki makna yang kaya, dimana dengan bahasa ini, suatu makna yang hendak ingin disampaikan bisa dimuat dalam bahasa Arab.

Pendapat lain juga menyebutkan bahwa bahasa Arab memiliki sisi bahasa yang tetap, dimana bahasa ini senantiasa terjaga dari adanya perubahan-perubahan. Sisi ini tentu dilihat dari sisi bahasa Arab yang fushah.

3. Bahasa Arab memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh bahasa-bahasa lainnya, selain kekayaan makna, memiliki gaya bahasa mantik yang indah, dan memiliki uslub yang menarik.

Keindahan bahasa Arab ini menjadikan kesempurnaan bagi al-Quran untuk diturunkan dalam bahasa Arab, dimana dengan keindahan kalimat al-Quran, tiada manusia pun yang mampu menandingi keindahan pengungkapan bahasa dalam al-Quran.

4. Untuk menetapkan kemukjizatan al-Quran. Sebagaimana kita tahu bahwa al-Quran selain sebagai kitab petunjuk juga menjadi mukjizat dan bukti akan kebenaran Nabi Muhammad Saw.

Mukjizat ini berisi tantangan terhadap masyarakat Arab yang waktu itu sangat maju dalam bidang sastra dan syair.

Al-Quran dengan bahasa Arab adalah kitab mukjizat yang menantang masyarakat Arab yang memungkiri kebenarannya, dengan cara menantang mereka untuk membuat semisal al-Quran, yaitu kalam Arab yang indah dan sangat memukau.

Jadi kalau al-Quran diturunkan dengan bahasa selain Arab tentu sisi mukjizatnya akan hilang, karena setiap mukjizat nabi pasti disesuaikan dengan keunggulan kaumnya, dan keunggulan masyarakat Arab adalah kekuatan syair dengan keindahan bahasanya.

Namun sepintar-pintarnya masyarakat Arab ternyata tidak ada yang mampu menandingi keindahan al-Quran yang juga berbahasa Arab, sehingga terbuktilah kebenaran nabi bahwa al-Quran bukanlah buatan manusia, melainkan wahyu yang datang dari Allah Swt.

Itulah informasi tentang kenapa al qur'an memakai bahasa arab atau kenapa al quran dalam bahasa arab.

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan menambah wawasan kepada kita tentang kenapa al quran menggunakan bahasa arab.


Powered by Blogger.