Halloween party ideas 2015


Pengertian Khurafat Secara Bahasa

Dari segi bahasa, kata khurafat berasal dari kata kharafa خرف  yang berarti rusak akalnya. Menurut suatu pendapat, kata khurafat ini adalah nama dari seorang laki-laki dari suku Udrah yang diganggu oleh jin sehingga dirinya mengatakan hal-hal yang ia lihat. Namun masyarakat sekitar mendustakannya. Sehingga muncullah istilah cerita khurafat, yang artinya cerita dari ucapan pemuda yang namanya Khurafat.

Pendapat lainnya juga menyebutkan bahwa pengertian khurafat secara bahasa adalah: 
الحديث المستملح المكذوب
Cerita-cerita indah yang dicampur adukkan dengan perkara dusta
Hal ini karena memang dalam khurafat juga ada cerita indah tentang suatu hal, namun hal indah itu adalah tidak nyata atau pencerita hanya mengada-ada.

Pengertian Khurafat Secara Istilah

Salah satu pengertian istilah dari definiisi khurafat adalah sebagai mana berikut:
الخرافة هي الاعتقاد أو الفكرة القائمة على مجرد تخيلات دون وجود سبب عقلي أو منطقي مبني على العلم والمعرفة.
Khurafat adalah, keyakinan atau pemikiran yang didasarkan pada tahayyul tanpa adanya sebab yang masuk akal, atau tanpa dibangun atas dasar ilmu dan pengetahuan.
Sebagaimana disebutkan dalam pengertian khurafat di atas, khurafat berarti keyakinan tanpa dasar ilmu atau akal. Dan khurafat bisa juga berbentuk pada khurafat dengan dasar agama, budaya, kultur, atau keyakinan masyarakat juga keyakinan individu.
Pengertian dan Definisi Khurafat

Contoh Khurafat

Banyak sekali contoh bentuk khurafat di masyarakat Indonesia atau masyarakat dunia. Misalnya saja, dalam beberapa wilayah Anatolia ada kepercayaan akan Mata Biru yang bisa mendatangkan kebaikan jika dipakai atau diletakkan di rumah.

Walhasil banyak masyarakat meletakkan Mata Biru ini di pintu, dipakai kalung, diletakkan sebagai hiasan mobil, hiasan buku, dan lain sebagainya.
Pengertian dan Definisi Khurafat
Dengan adanya kepercayaan akan benda itu, berarti seseorang meyakini bahwa suatu benda bisa mendatangkan kebaikan dan keburukan, yang artinya bahwa meyakini bahwa ada kekuatan selain Allah Swt.

Contoh lainnya adalah mempercayai kekuatan batu, pohon besar, jimat tertentu, meyakini akan adanya keburukan jika ada burung atau hewan tertentu ketika datang atau masuk ke rumah dan banyak lagi contoh lainnya.

Itulah informasi tentang definisi dan pengertian khurafat berikut contohnya. Semoga bermanfaat dan bisa menghindarkan diri kita dari keyakinan-keyakinan yang menyimpang.


Powered by Blogger.