Halloween party ideas 2015


Shalat Berjamaah di Masjid dan Mushalla

Shalat berjamaah adalah melaksanakan ibadah salat dengan dikerjakan secara bersama-sama. Salat berjamaah ini dilakukan oleh minimal dua orang yang shalat, dimana salah seorang tersebut berkedudukan menjadi imam (pemimpin shalat) dan yang lainnya menjadi makmum yang mengikuti imam.

Adapun shalat berjamaah adalah cara shalat yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw. kepada para umatnya untuk mengerjakan shalat wajib lima waktu. Dan tempat untuk melaksanakan shalat jamaah ini adalah di masjid, mushalla atau dimanapun sekiranya tidak bisa shalat di masjid.

Para ulama menekankan tentang pentingnya shalat berjamaah dan para ulama pun juga menjelaskan bahwa hukum shalat berjamaah adalah fardhu kifayah dan ada yang mengatakan wajib. 

Dalam hadis disebutkan tentang perintah untuk shalat berjamaah:

لاَصَلاَةَ لِمَنْ جَارَ الْمَسْجِدَ اِلاَّ بِالْجَمَاعَة وَفِى رِوَايَة اِلاَّ فِى الْمَسْجِد - رواه احمد
Tidak sempurna sholat seseorang yang bertetangga dengan masjid kecuali dengan berjama’ah. Dalam suatu riwayat, kecuali di masjid.
Sekarang ini fasilitas untuk shalat berjamaah di masjid maupun di mushalla bisa kita nikmati karena banyaknya masjid dan mushallat.

Namun sayangnya, karena ketidak sadaran kita, mungkin kita jarang mengindahkan seruan azan untuk shalat berjamaah di masjid yang sudah bagus.

Bayangkan saja dulu di zaman Nabi Muhammad Saw., masjid masih beralaskan tikar di atas tanah dengan penutup atap dari pelepah kurma.

Manfaat dan Kelebihan Rajin Sholat Berjamaah di Masjid atau Musholla

Selain mengerjakan shalat berjamaah lima waktu karena perintah, berjamaah sholat lima waktu di masjid memiliki manfaat yang sangat besar.

Di samping bisa memberikan manfaat dan kelebihan dalam hal kualitas beribadah, juga bisa memberikan manfaat dalam hal sosial dan beragam aspek kehidupan lainnya.
Manfaat dan Kelebihan Rajin Sholat Berjamaah di Masjid atau Musholla

Berikut ini adalah Beberapa Keunggulan, kelebihan dan Manfaat rajin shalat berjamaah di masjid maupun di mushalla:

1. Mendapatkan Pahala Yang Luar Biasa

Ada perbedaan pahala dari shalat sendiri dan shalat berjamaah seperti di masjid atau di mushallat. Jika kita shalat sendirian, maka pahala yang didapat adalah satu derajat.

Namun ketika kita shalat berjamaah, maka pahalanya berbeda lebih tinggi 27 derajat. Dengan berjamaah di masjid pun kita akan mendapatkan pahala-pahala lainnya seperti pahala untuk berjalan niat shalat berjamaah saja sudah mendapatkan pahala.

Juga kita bisa beriktikaf, mendengarkan bacaan al-Quran yang mungkin dibaca oleh ta'mir masjid atau membaca al-Quran sendiri.

2. Hidup Rukun dan Dekat dengan Tetangga dan Jamaah Masjid

Shalat berjamaah di masjid atau mushalla bisa membuat kita berinteraksi lebih sering dengan tetangga dan jamaah di masjid.

Kita akan saling mengenal lebih lanjut dan tentu saja menjadi lebih dekat dengan para tetangga dan warga. Hal ini pun bisa membuat hubungan kita dengan tetangga semakin lebih baik sehingga memudahkan kita untuk menghubungi tetangga jika meminta atau membutuhkan bantuan.

3. Menjadi Pribadi Yang Baik

Orang yang rajin shalat berjamaah ke masjid, semakin lama dengan izin Allah akan semakin memberikan dampak dan efek positif dalam dirinya. 

Dirinya menjadi pribadi yang lebih baik secara religius dan sosial. Apalagi biasanya di masjid atau di mushalla digelar pengajian-pengajian untuk mengajarkan pada masyarakat tentang agama dan ajaran Islam.

3. Lebih Dipercaya Masyarakat

Karena menjadi pribadi yang lebih baik, maka efek selanjutnya adalah masyarakat akan menaruh rasa percaya yang lebih kepada orang yang berjamaah di masjid atau mushalla. Hal ini karena memang masyarakat biasa beranggapan bahwa orang yang rajin ke masjid itu biasanya orang-orang baik.

Dan inilah nilai positifnya, jika kita dapat istiqamah dalam berperilaku baik kepada masyarakat dan istiqamah untuk selalu beribadah di masjid atau mushola, maka orang-orang pun tidak akan ragu untuk memberikan amanat dan kepercayaannya kepada kita.

Hal ini misalnya kita akan dipercaya dan diberikan jabatan-jabatan tertentu dalam lingkup sosial, misalnya menjadi takmir masjid, jabatan dalam kelompok masyarakat, atau bahkan mempermudah dalam mendapatkan jodoh karena orang yang rajin shalat juga dianggap sebagai jodoh ideal.

4. Mudah mendapatkan bantuan

Dengan beribadah dan rajin shalat berjamaah di masjid, maka kita akan lebih mudah untuk mendapatkan bantuan atau apapun yang sekiranya kita butuhkan.

Misalnya dalam hal zakat atau waktu hari kurban, kalau kondisi kita memang termasuk warga tidak mampu maka biasanya kita akan diutamakan karena dianggap sebagai warga yang baik dan taat beribadah.

Catatan Penting

Meski rajin shalat berjamaah di masjid atau mushalla bisa memberikan manfaat positif, namun pasti kita jangan meniatkan untuk beribadah karena ingin mendapatkan hal-hal duniawi itu. Tetap kita niatkan beribadah untuk Allah karena jika tidak maka ibadah kita akan sia-sia belaka.

Itulah informasi tentang Manfaat dan Kelebihan Rajin Sholat Berjamaah di Masjid atau Musholla. Semoga memberikan manfaat dan bisa memotivasi kita untuk rajin shalat berjamaah di masjid dan mushalla.


Powered by Blogger.