Halloween party ideas 2015


Kita pasti sering mendengar istilah bangku dan kursi dalam bahasa Indonesia, terutama kita pasti tak asing dengan kedua istilah bangku dan kursi. Namun kalau kita bertanya, apa perbedaan bangku dan kursi dalam bahasa Indonesia? Apakah keduanya berarti sama atau memang ada bedanya?

Kali ini kita akan mengulas tentang perbedaan bangku dan kursi dalam bahasa Indonesia agar kita bisa menambah wawasan kita.

Perbedaan bangku dan kursi

Kalau kita merujuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, kata bangku berarti, bangku/bang·ku/ n papan dan sebagainya (biasanya panjang) berkaki untuk tempat duduk;
-- kaki bangku kecil tumpuan kaki

Sedangkan kata kursi berarti, kursi/kur·si/ n 1 tempat duduk yang berkaki dan bersandaran; 2 ki kedudukan, jabatan (dalam parlemen, kabinet, pengurus, dan sebagainya): ia terpilih menduduki -- ketua;
-- empuk ki kedudukan yang enak;
-- goyang kursi yang bisa digoyang-goyangkan (ke depan dan ke belakang), biasanya digunakan untuk tempat beristirahat;
-- listrik kursi beraliran listrik, tempat menghukum mati para penjahat;
-- lontar alat untuk melontarkan penerbang dari dalam pesawat udara apabila keadaan memaksa, dengan cara ini badan penerbang tidak akan menyentuh bagian pesawat;
-- makan kursi yang biasanya dipakai untuk tempat duduk ketika makan di meja makan;
-- malas kursi panjang untuk istirahat dan tidur-tiduran yang sandarannya landai;
-- panjang kursi yang dapat diduduki lebih dari satu orang; sofa

Dari kedua pengertian di atas dari kamus KBBI, terlihat bahwa penggunaan kata kursi dengan kata sanding lebih banyak dibandingkan bangku. Kursi juga digunakan sebagai kata dengan makna kiasan seperti kedudukan atau jabatan.
Apa perbedaan bangku dan kursi Dalam Bahasa Indonesia?

Kalau kita melihat dari akar bahasa, maka kita akan mengetahui secara jelas tentang perbedaan bangku dengan kursi. Jika dirunut dari akar bahasa, ternyata kata bangku itu berasal dari kata bank dari bahasa Belanda yang berarti tempat duduk. Bank biasanya berbentuk papan panjang yang digunakan sebagai tempat duduk di beragam tempat, seperti sekolah, taman, atau fasilitas umum. Bank dibentuk dengan papan panjang karena bertujuan untuk menjadi tempat duduk lebih dari satu orang.

Sedangkan kursi itu berasal dari bahasa Arab yang berarti tempat duduk. Ada ayat al-Quran yang disebut Ayat Kursi karena di dalamnya disebutkan Kursi Allah. Dalam bahasa Arab, kata kursi berarti tempat duduk yang biasa digunakan untuk satu orang dengan kaki yang memanjang.

Gambar perbedaan bangku sama kursi

Supaya bisa lebih memahami perbedaan bangku dan kursi, maka bisa anda amati melalui gambar-gambar berikut. 

Gambar Bangku

Gambar Banku Sekolah atau dalam bahasa Belanda disebut Schoolbank

Gambar Kursi


Gambar Kursi Kantor

Gambar Kursi Biasa
Itulah informasi tentang perbedaan banku dan kursi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita.


Powered by Blogger.