Halloween party ideas 2015


img source: yeniakit.com 
Setiap kita mendengar bacaan al-Quran baik mungkin yang disiarkan di televisi atau pada acara-acara tertentu, maka pada akhir bacaan pasti akan selalu diakhiri dengan bacaan shadaqallahul adzim. Yang paling banyak kita dengar biasanya pada saat pembacaan qiraat al-Quran yang biasanya dibacakan pada pembukaan sebuah acara. Maka untuk mengakhiri bacaan al-Quran itu, pembaca al-Quran pasti membaca shadaqallahul adzim.

Lalu apa sih sebenarnya kata shadaqallahul adzim dan arti dari kata itu? Kali ini kangdidik.com akan membahas tentang masalah arti shadaqallahul adzim, artinya juga bagaimana penulisan dari kata itu.

Tentang Arti shadaqallahul adzim

Kata  shadaqallahul adzim atau juga bisa ditulis dengan sodakallahul adhim adalah kata yang berasal dari bahasa Arab, yaitu صدق الله العظيم. Arti dari terjemahan kata ini adalah:
Maha Benar Allah Yang Maha Agung
Kata ini dimaksudkan sebagai ucapan untuk membenarkan bahwasanya Allah Maha Benar atas segala firman-Nya dalam al-Quran. Kata shodaqallahul adzim ini berarti ekspresi bahwasanya kita benar-benar mengagungkan kebenaran firman Allah sebagaimana semua firman itu termaktub dalam al-Quran.

Dengan demikian, arti bacaan shadaqallahul adzim adalah bahwasanya Allah itu Maha Benar berdasarkan segala hal yang disebutkan dalam firman-Nya. Hal ini pun menunjukkan akan keagungan Allah Swt.

Kapan lafadz shadaqallahul adzim

Lafadz shadaqallahul adzim bisa dibaca pada setelah membaca al-Quran atau mengakhiri bacaan al-Quran. Menurut pendapat para ulama, membaca shadaqallahul adzim ini hukumnya adalah mustahabbah atau sunnah dalam arti orang yang melakukannya akan mendapatkan pahala. Namun jika tidak dibaca pun juga tidak masalah.

Membaca shadaqallahul adzim dihukumi sunnah karena hal itu termasuk dzikir secara umum, yaitu kita mengingat dan mengagungkan asma Allah Swt. 

Hukum Membaca shadaqallahul adzim

Membaca kata shadaqallahul adzim ini hukumnya sebagaimana sudah disinggung sebelumnya adalah sunnah. Berdasarkan sebuah fatwa berikut ini, kita bisa menyimpulkan bahwa shadaqallahul adhim termasuk dzikir umum yang juga ada perintahnya dalam al-Quran.

قول (صدق الله العظيم) بعد قراءة القرآن جائزٌ ولا شيء فيه، بل هو من جملة المستحبات. والدليل على ذلك: أن قول: (صدق الله العظيم) مطلق ذكر لله تعالى؛ وقد أُمِرنا بذكر الله تعالى بالأمر العام في قوله تعالى: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيرًا﴾ [الأحزاب: 41]، وبالأمر الخاص في خطاب الله تعالى رسوله الكريم صلى الله عليه وآله وسلم بقوله: ﴿قُلْ صَدَقَ اللهُ﴾ [آل عمران: 95]. والربط بين قراءة القرآن الكريم وبين هذا الذكر في نهايته لا مانع منه شرعًا؛ إذ هو عبادة أضيفت إلى أخرى.
Membaca shadaqallah setelah membaca al-Quran itu hukumnya boleh dan hal itu tidak apa-apa. Bahkan membacanya termasuk hal-hal yang disenangi. Adapun dalilnya adalah bahwa ucapan shadaqallah itu termasuk mutlak dzikir kepada Allah. Adapun kita telah diperintahkan untuk mengingat Allah dengan perintah yang umum, seperti dalam firman Allah dalam surah al-Ahzab ayat 41 berikut, Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan juga perintah khusus dimana Allah berbicara kepada Rasul-Nya Saw. dengan ucapan-Nya dan katakanlah shadaqallah (Ali Imran ayat 95). Adapun hubungan antara membaca al-Quran dan dzikir ini adalah bahwa pada akhirnya tidak ada hal yang menghalangi mengucapkannya secara syar'i, bahwa itu termasuk ibadah dengan didasarkan pada dalil lain. 

arti shadaqallahul adzim dalam bahasa inggris

Jika anda menanyakan arti dari shadaqallahul adzim dalam bahasa inggris, maka terjemahannya adalah: 
“Truth Allah The Most Magnificent“
yang artinya sama, yaitu Maha Benar Allah Yang Maha Agung.

Itulah informasi mengenai arti shadaqallahul adzim dalam bahasa Indonesia juga bahasa Inggris serta beberapa hal penting terkait dengan kata itu. Semoga bisa membantu kita dalam mengetahui ajaran dalam Islam sehingga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan kita. Amin.


Powered by Blogger.