Halloween party ideas 2015


Dalam al-Quran, asmaul Husna disebutkan secara lengkap dimana para ulama menyebutkan jumlah asmaul Husan yang ada 99 nama. Salah satu nama dari asmaul Husna itu adalah al-Muqtadir. Kata al-Muqtadir المقتدر itu sendiri berarti, yang maha berkuasa. Nama ini adalah nama Allah yang memberikan penjelasan bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Jika anda bertanya-tanya dalam al-quran al-muqtadir disebut sebanyak berapa kali? Maka kali ini kita akan membahasnya.

Jumlah al-Muqtadir Dalam Al-Quran

Jika kita menelusuri al-Quran, maka kita akan mendapati bahwa al-Muqtadir disebutkan dalam empat ayat dengan lafadz al-Muqtadir. Kedua ayat itu adalah:

1. Surah al-Qamar ayat 55

 
 فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِندَ مَلِيكٍ مُّقْتَدِرٍ ﴿القمر: ٥٥﴾   
di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa. (54: 55) 

2. Surah al-Qamar ayat 42 

 كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا كُلِّهَا فَأَخَذْنَاهُمْ أَخْذَ عَزِيزٍ مُّقْتَدِرٍ ﴿القمر: ٤٢﴾   
Mereka mendustakan mukjizat Kami semuanya, lalu Kami azab mereka sebagai azab dari Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa (54: 42)  

3. Surah al-Kahfi ayat 45

وَاضْرِبْ لَهُمْ مَثَلَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنْزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ فَأَصْبَحَ هَشِيمًا تَذْرُوهُ الرِّيَاحُ وَكَانَ اللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ مُقْتَدِرًا  
Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah, Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Dalam Al-Quran Al-Muqtadir Disebut Sebanyak Berapa Kali

4. Surah al-Zukhruf ayat 42  

أَوْ نُرِيَنَّكَ الَّذِي وَعَدْنَاهُمْ فَإِنَّا عَلَيْهِمْ مُقْتَدِرُونَ
Atau Kami memperlihatkan kepadamu (azab) yang telah Kami ancamkan kepada mereka. Maka sesungguhnya Kami berkuasa atas mereka.


Jadi kata al-Muqtadir disebutkan sebanyak empat kali dalam al-Quran dengan kata yang sama. Namun jika kita menelusuri kata al-Muqtadir dengan menggunakan perubahan kata dan asal kata, yaitu qadara, maka akan banyak sekali ayat yang menunjukkan kata-kata itu.

Salah satunya adalah dengan bentuk qadir, yang artinya Maha Berkuasa, dimana bisa ditemui dalam beberapa ayat berikut:

Surah al-Baqarah ayat 106

(2) مَا نَنسَخْ مِنْ آيَةٍ أَوْ نُنسِهَا نَأْتِ بِخَيْرٍ مِّنْهَا أَوْ مِثْلِهَا أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ﴿البقرة: ١٠٦﴾   
Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. Tidakkah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu? (2: 106) 

Surah Ali Imran ayat 189

وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ﴿آل‌عمران: ١٨٩﴾   
kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allah Maha Perkasa atas segala sesuatu. (3: 189)  

Surah Al-Isra ayat 30

 إِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَاءُ وَيَقْدِرُ إِنَّهُ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرًا ﴿الإسراء: ٣٠﴾   
Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (17: 30)  
Itulah informasi tentang penyebutan kata al-Muqtadir dalam al-Quran. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita tentang ilmu dalam al-Quran. 


Powered by Blogger.