Halloween party ideas 2015


Anak adalah harapan terbesar bagi orang tua agar mereka bisa tumbuh dengan baik dan belajar dengan baik sehingga menjadi anak terbaik yang bermanfaat bagi orang Tua, bangsa dan agamanya. Segala upaya apapun akan ditempuh oleh orang tua agar anaknya menjadi anak yang soleh dan terbaik.

Salah satu hal yang bisa diusahakan oleh orang tua agar anaknya menjadi anak yang baik dan soleh adalah dengan mendoakannya, selain mendidik dengan tekun dan disiplin karena waktu dini adalah waktu yang sangat berharga. Oleh karenanya, kali ini kita akan membahas beberapa macam doa yang bisa dibacakan sebagai doa dan harapan terbaik untuk anak-anak kita. Anda sebagai orang tua pasti akan memanjatkan doa terbaik, teruntuk anakku semoga menjadi anak yang soleh dan solehah.

Keutamaan Doa Terbaik Orang Tua Untuk Anak

Di dalam Islam, seorang muslim memiliki tanggungjawab atas apa yang menjadi kewajibannya. Seorang pemimpin menjadi tanggungjawab atas apa yang ia pimpin, seorang suami bertanggungjawab atas keluarganya, seorang istri bertanggungjawab pada tugasnya sebagai istri, seorang murid bertanggungjawab agar menjadi murid yang baik dan seorang guru bertanggungjawab agar mengajar dan mendidik muridnya dengan didikan terbaik.

Doa Terbaik Untuk Anakku
Begitu pula dengan seorang ibu dan ayah atau orang tua, mereka punya tanggungjawab agar mendidikan dan membesarkan anaknya dengan didikan terbaik. Tanggungjawab itu tak hanya mendidik saja, namun juga mendoakan sebagai upaya agar anak menjadi anak yang soleh dan solehah.

Doa orang tua kepada anaknya merupakan doa terbaik karena doa itu mustajab alias terkabul. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ تُرَدُّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ ، وَدَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

“Tidak doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir.”
Hadis di atas menerangkan bahwa ada tiga doa yang tidak ditolak alias dikabulkan doanya, yaitu doa orang tua, orang berpuasa dan seorang musafir. Jadi selagi kita bisa mendampingi anak kita, maka sedini mungkin kita doakan agar anak kita menjadi anak yang soleh dan solehah.

Bacaan Doa Terbaik Untuk Anak Berdasarkan ayat al-Quran

1. Doa Terbaik Untuk Anakku Semoga Menjadi Ahli Ibadah

Doa pertama yang bisa kita amalkan semoga anak kita menjadi anak yang ahli ibadah dan bertakwa adalah dengan doa berikut ini yang berasal dari al-Quran QS. Ibrahim ayat 40.
رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Bacaan Doa Untuk Anakku Agar Rajin Beribadah

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Arti Bacaan Doa Untuk Anakku Agar Rajin Beribadah

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”
Doa ini bisa dibaca semisal setelah shalat fardhu dan sebagai amalan dzikir sebanyak mungkin. Juga hendaknya berharap dan diniatkan agar anak anda menjadi anak yang rajin beribadah dan bertakwa.

2. Doa Untuk Anakku Agar Beriman dan Bertakwa

Doa berikut ini adalah doa agar anak kita menjadi anak yang kuat imannya serta bertakwa kepada Allah Swt. Tak hanya itu, doa ini juga digunakan supaya anak menjadi penyenang hati, yang artinya anak itu adalah kegembiraan bagi kita. 
وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Bacaan Doa Untuk Anakku Agar Beriman dan Bertakwa

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Arti Bacaan Doa Untuk Anakky Agar Beriman dan Bertakwa

Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” 

3. Doa Untuk Anak Agar Pintar

Mempunyai anak yang pintar merupakan dambaan setiap orang tua. Untuk menjadikan anak menjadi pintar maka kita perlu mendidiknya dengan lebih ekstra.

Tidak hanya melalui pendidikan formal saja, tetapi pendidikan informal juga perlu orang tua lakukan untuk menunjang kecerdasan sang anak. Pastinya itu semua tidak cukup apabila tanpa didasari oleh doa.

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Pintar Arab

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ


Bacaan Doa Untuk Anak Agar Pintar latin
“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Arti Bacaan Doa Untuk Anak Agar Pintar
“Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Doa ini dipanjatkan oleh orang tua agar anak-anaknya menjadi orang-orang yang penuh cahaya dan kepandaian yang bisa memperbaiki umat muslim ke dalam kebaikan.

Simak dan baca : Doa Sebelum Belajar

4. Doa Untuk Anak Agar Cerdas

Memiliki anak yang pintar sekaligus cerdas akan menjadi dambaan bagi semua orang tua. Kalau sebelumnya sudah ada doa untuk anak agar pintar, ada juga doa untuk anak agar memiliki kecerdasan.

Bacaan Untuk Anak Agar Cerdas
Doa-Untuk-Anak-Agar-Cerdas

Bacaan Untuk Anak Agar Cerdas Arab

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا


Bacaan Untuk Anak Agar Cerdas Latin
“Allahummaj’alhu Shohììhan Kaamìlan, Wa ‘Aqìlan Haadzìqon, Wa ‘Aalìman ‘Amìlan.”

Arti Bacaan Untuk Anak Agar Cerdas
“Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, Memilki akal cerdas, dan memilki ilmu dan suka beramal.”

Doa ini dipanjatkan oleh orang tua agar anak-anaknya menjadi anak yang sehat, cerdas, berilmu dan senang beramal.

5. Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua

Harapan orang tua selanjutnya adalah mempunyai anak yang berbakti kepada mereka. Karena dengan begitu orang tua akan merasa dihargai dan dihormati.

Selain itu definisi anak yang berbakti kepada orang tua ialah mereka yang senantiasa mendoakan orang tua dan menuruti perintah orang tuanya. Dengan begitu pastinya akan lebih mudah untuk medidik anak.

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua
Doa-Untuk-Anak-Agar-Berbakti-Kepada-Orang-Tua

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua Arab
اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِيبِرَّهُمْ

Bacaan Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua Latin
“Allahumma Barìklìy Fìì Awladìy, Wa La Tadhurruhum, Wa Waf Fìqhum Lì Tho’atìk, War Zuqnìy Bìrrohum.”

Arti Bacaan Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua
“Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rejeki berupa bakti mereka.”

6. Doa Untuk Memohon Anak yang Baik

Mempunya anak yang mempunyai kepribadian yang baik merupakan keinginan setiap orang tua. Baik itu dalam masalah beribadah, pendidikan, bersosialisasi dan sebagainya.

Hanya saja untuk membentuk anak menjadi pribadi yang baik tidaklah mudah. Oleh karena itu sebagai orang tua haruslah menanamkan hal-hal yang positif sedari mereka masih kecil.

Sebagai orang tua, Anda dapat memanjatkan doa untuk anak agar menjadi pribadi yang baik berikut. Hal ini sesuai firman Allah dalam Al Quran surah Ali Imran ayat 38.

Bacaan Doa Untuk Memohon Anak yang Baik
Doa-Mohon-Anak-yang-Baik

Bacaan Doa Untuk Memohon Anak yang Baik Arab

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ


Bacaan Doa Untuk Memohon Anak yang Baik Latin
“Robbìy hablìy mìl ladunka dzurrìyyatan thoyyìbatan ìnnaka samì’ud du’a.”

Arti Bacaan Doa Untuk Memohon Anak yang Baik
“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran Ayat 38).

Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan nabi Zakaria agar beliau dikaruniakan seorang anak yang baik, karena Allah Maha Pendengar Doa dan Maha Mengetahui.

7. Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak

Sebagai orang tua, Anda dapat memanjatkan doa untuk memohon kebaikan kepada anak-anak Anda.

Bacaan Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak
Doa-Mohon-Kebaikan-Untuk-Anak
Bacaan Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak Arab

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ



Bacaan Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak latin
“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Arti Bacaan Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak
“Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

Puisi Doa Terbaik Untuk Anakku

Wahai anakku! Engkaulah yang paling aku kasihi di dunia ini
Wahai anakku! Aku mendoakan yang terbaik untukmu
Wahai anakku! Jadilah yang terbaik untuk dunia dan akhiratmu
Wahai ankku! Sepenuh nyawaku adalah untuk kebaikanmu
maka berbaktilah kepada orang tuamu, karena dengan rida 
dan doa merekalah engkau bisa mendapatkan kesuksesan
dunia dan akhiratmu. 

Ya Allah! Jadikanlah anakku anak yang soleh solehah
Jadikanlah anakku sebagai anak yang berbakti
Jadikanlah doaku sebagai doa yang terkabul untuk anakku
Amin ya Rabbal Alamin.

Itulah informasi tentang doa terbaik untuk anakku, yang bisa dibaca oleh para orang tua. Semoga bisa bermanfaat dan kita dimudahkan untuk bisa mendidik anak-anak yang soleh dan solehah. Amin.


Powered by Blogger.