Halloween party ideas 2015


Panduan Beasiswa Turki Burslari Seluk Beluk dan Beragam Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan
Halo semuanya, kali ini saya akan berbagi informasi tentang panduan beasiswa Turki dengan berdasarkan beragam pertanyaan yang biasanya muncul atau FAQ mengenai beasiswa Turki, Turkiye Burslari atau Turkish Scholarship.

Apa Sih Turkiye Burslari, Turkish Scholarship atau YTB itu?

Beasiswa Turki bisa disebut dengan Turkish Scholarship, Turkiye Burslari atau YTB Scholarship. YTB Sendiri adalah singkatan dari Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı atau mudahnya adalah Lembaga Hubungan Luar Negeri yang adalah pihak penyelenggara beasiswa ini.

Sedangkan beasiswa YTB sendiri adalah beasiswa dari lembaga pemerintah Turki untuk jenjang pendidikan S1 S2 S3 dan Research yang diperuntukan bagi mahasiswa asing alias non Turki di seluruh dunia.

Bagi kamu yang berniat kuliah di Turki dengan jalur beasiswa, disarankan untuk mengambil beasiswa ini karena beasiswa yang dapat memberikan fasilitas paling lengkap saat ini adalah beasiswa YTB ini. Apakah ada beasiswa selain YTB? Ada, tapi biasanya hanya biaya kampus saja.

Biaya Yang Dicover Beasiswa YTB Apa Aja?


Cukup lengkap, tiket pulang pergi dari Indo ke kota tujuan belajar di Turki, asuransi, asrama, kuliah, dan biaya kursus bahasa Turki.

Di beberapa kota mungkin ada fasilitas khusus buat pelajar, misalnya di Konya naik kendaraan umum gratis.

Langkah Pendaftaran dan Proses Seleksi Bagaimana?


Kita akan diminta untuk mengisi formulir online yang berisi data diri, pendidikan dan hal-hal yang berhubungan dengan beasiswa. Di saat mengisi formulir itu akan ada proses untuk upload berkas, misalnya ijazah dan sertifikat atau projek tertentu.

Setelah selesai pada waktu yang ditentukan akan ada tahap seleksi berkas. Pada tahap seleksi berkas ini kalau lolos akan mendapatkan pemberitahuan untuk mengikuti wawancara.

Untuk s1 berita terupdate katanya ada tes tulis pada saat wawancara. Setelah wawancara menunggu lagi hingga pengumumannya datang dan kalau sudah dinyatakan lolos maka menyiapkan berkas yang diminta lalu berangkat ke Turki.

Bahasa pengantar kuliahnya apa


Bahasa pengantarnya bisa dipilih melalui form yang tersedia saat pendaftaran. Namun perlu diketahui, bahwa hampir semua kegiatan belajar mengajar di Turki menggunakan bahasa Turki.

Memang ada beberapa mata kuliah yang menggunakan bahasa Arab, atau mungkin penuh bahasa Inggris. Jika hendak masuk di perkuliahan dengan bahasa Asing akan diminta untuk melampirkan sertifikat bahasa di form pendaftaran.

Apakah harus bisa bahasa Turki sebelum mendaftar?


Tidak perlu bisa bahasa Turki dulu karena nanti kalau dapat beasiswa akan mengikuti kursus bahasa Turki selama kurang lebih 8 bulan ditambah dengan kursus bahasa Turki untuk akademik dengan total semuanya sekitar 1 tahun.

Setelah semua tahap selesai maka baru mengikuti perkuliahan di semester selanjutnya.

Perlu daftar universitas dulu atau dapat LOA dulu ndak?


Tidak perlu mendaftar ke universitas atau harus mendapatkan LOA. Yang diperlukan pelamar adalah mendaftar via online di website YTB kemudian mengikuti wawancara. Jika lolos maka langsung akan mengikuti tahap pemberangkatan, penempatan dan mulai kursus.

Bagaimana Kualitas Kampus di Turki?


Secara umum cukup bagus dan menantang karena menggunakan bahasa Turki juga kultur yang berbeda. Untuk S1 saya sarankan cari informasi kampus yang bisa dilihat dari nilai kampusnya.

Tapi untuk s2 dan s3, saya sarankan lebih cenderung pada dosennya, karena di kampus yang mungkin nilainya biasa tapi kalau ada dosen yang bagus maka bisa saja kampus itu kamu jadikan tujuan.

Dimana Kursus Bahasa Turkinya?


Di kota tempat kamu bakalan belajar nantinya. Dan biasanya kursus dikelola oleh kampus itu sendiri. Namun di beberapa kota lain bisa jadi kursus bahasa Turki dikelola oleh pihak non kampus.

Bolehkah Anak YTB Tinggal di Rumah Sewa?


Boleh banget. Bahkan banyak sekali yang memutuskan untuk patungan tinggal di rumah. Kecuali yang bawa keluarga bisa tinggal sendiri dengan keluarga di satu rumah. Tapi saya pernah dengar ada juga keluarga yang tinggal dengan menyewa bersama mahasiswa lain.
Apakah Kuliah Yang pengantarnya Bahasa Inggris harus kursus Bahasa Turki?

Iya harus ikut kursus bahasa Turki. Dan mengikuti kursus bahasa Turki ini akan sangat berguna bagi kamu soalnya untuk hidup di Turki, bahasa Turki seakan mutlak diperlukan.

Bolehkah pulang tiap tahun?

Boleh saja tetapi selesaikan dulu kewajiban kuliah. Jangan pas ada kuliah yang tertinggal lalu ditinggal pulang. YTB memonitoring kita karena jika kita meninggalkan Turki tanpa ijin, jika ada masalah di kuliah maka bisa jadi akan sulit untuk menyelesaikannya karena kita sendiri yang meninggalkan Turki.

Besaran Beasiswa Berapa Perbulannya?

Untuk jenjang s1, 700 tl. jenjang s2 950 tl. jenjang s3 1400 tl. dan beasiswa YTB untuk research 3000 tl. Bisa jadi akan ada penambahan pada tahun-tahun berikutnya. Juga sekarang ada uang untuk bantuan bagi yang tinggal di rumah sebesar 400 tl.

Kapan pendaftaran YTB dibuka?

Pendaftaran tiap tahun bisa jadi berubah. Namun pada beberapa tahun terakhir pendaftaran telah dimulai sejak bulan januari untuk pasca sarjana dan februari untuk s1. Untuk lebih akuratnya bisa dibuka langsung di website YTB.

Daftar Beasiswa YTB lewat mana?

Pendaftaran Beasiswa Turkiye Burslari hanya dilakukan online di turkiyeburslari.gov.tr. Kalian tidak perlu mengirim berkas offline maupun melalui email. Semua berkas hanya diterima melalui aplikasi online.

Siapa saja yang boleh mendaftar YTB?

Semua mahasiswa dari beragam warga negara di dunia boleh mendaftar beasiswa YTB kecuali warga negara Turki. Jadi bagi warga Indonesia jelas sangat bisa dan sudah banyak yang mendaftar dan diterima. Termasuk saya.


Powered by Blogger.