Halloween party ideas 2015


Halo semuanya, mungkin kalian ada yang bertanya tentang apa sih metode terbaik dan efektif untuk belajar sendiri?

Belajar sendiri memang bisa sangat bermanfaat. Dengan belajar sendiri, kamu dapat merancang harimu berdasarkan kebiasaan belajar, gaya hidup, dan tujuan mana yang perlu kamu selesaikan. Tidak ada kewajiban untuk harus duduk bersama dengan rekan, teman, atau siapa pun.

Semua hal yang akan kamu kerjakan harus didasari dengan strategi agar bisa berhasil. Dan kamu pun memerlukan strategi untuk memetakan apa yang perlu kamu lakukan agar belajar sendiri pun bisa membuahkan hasil yang memuaskan.

Berikut 5 strategi yang akan membantu Kamu belajar secara efektif.


Strategi 1. Buatlah komitmen untuk mencapai satu tujuan belajar sehari.


Cara terbaik agar kamu siap untuk belajar sendiri secara efektif adalah dengan memulainya dengan seubah pertanyaan: "Hal apa yang harus saya selesaikan hari ini?"

Mengapa pertanyaan ini penting? Pertanyaan yang simpel namun sangat bermakna ini akan mendorong kamu untuk berpikir secara strategis tentang hari itu, membuat Kamu tetap fokus pada tujuan studi prioritas Kamu, dan memaksa Kamu untuk memprioritaskan satu tujuan yang ingin Kamu capai di dalam satu hari. 


Dengan pertanyaan itu kamu dapat menyelesaikan sebuah pencapaian secara lebih jelas. Misalnya kamu akan membaca sejumlah bab atau latihan soal ujian. Hal ini pun membuat Kamu dapat lebih berkonsentrasi pada satu tujuan yang pasti.

Bagaimana cara mempraktikkannya? Tulis pertanyaan dengan huruf tebal besar di selembar kertas dan gantung di kamar tidur atau dinding kamar mandi. Pilih lokasi di mana kamu dapat dengan mudah melihat pertanyaan segera setelah kamu bangun (di samping tempat tidur kamu atau cermin kamar mandi, misalnya).

Kemudian, bacalah dengan lantang saat kamu memulai harimu. Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang ingin kamu prioritaskan, lalu berikan jawaban dan ucapkan juga dengan lantang. Nanti, saat kamu menjalani hari, pastikan kamu bekerja untuk menyelesaikan apa yang telah kamu yakini sebagai tujuan belajar kamu untuk satu hari itu.

Strategi 2. Belajar lebih cerdas, Bukan Belajar Lebih Lama


Belajar itu butuh fokus, namun tak semua orang memiliki kemampuan fokus yang bagus untuk belajar. Oleh karenanya, belajarlah pada saat kamu benar-benar bisa fokus untuk belajar agar belajarmu pun semakin efektif.

Jika kamu memang benar-benar tidak bisa fokus, maka biarkanlah dirimu istirahat sejenak dan refreshinglah dengan sedikit kegiatan seperti menonton video lucu atau mendengarkan musik. Setelah kamu bisa fokus maka lanjutkanlah untuk belajar lagi.

Strategi 3. Membangun Konsentrasi Diri Sendiri


Untuk bisa membangun konsentrasi agar belajar sendiri menjadi efektif, maka salah satu teknik jitunya adalah dengan membangun mental dalam diri sendiri.

Teknik ini bisa kita gunakan dengan cara bercerita kepada diri kita sendiri sebuah cerita tentang apa yang kita harapkan akan terjadi dalam waktu dekat. Dengan demikian maka diri kita akan terpacu untuk bisa membangun konsentrasi yang luar biasa.

Caranya adalah dengan membayangkan sebuah kesuksesan. Bayangkan dirimu mendapatkan keberhasilan besar karena belajarmu. Misalnya kamu memimpikan bisa kuliah di Eropa karena berhasil mendapatkan beasiswa karena tekun belajar.

Lakukan hal itu sebelum kamu memulai sesi belajar kamu. Kamu juga bisa meluangkan waktu sekitar 5–10 menit sebelum kamu bangun di pagi hari, saat kamu sedang sarapan, atau setelah sarapan saat kamu duduk dengan mata tertutup.

Pikirkan secara detail tentang semua langkah yang akan kamu ambil untuk memulai belajar. Kamu bisa membuat bayangan tentang rencana belajar pada bab-bab dan latihan yang akan kamu lakukan di hari itu.

Bayangkanlah sebuah hasil yang sukses dan positif. Hal ini akan membuat semangatmu bertambah dan konsentrasimu pun akan memuncak.

Strategi 4. Pecahkan materi yang paling sulit sejak awal


Untuk memaksimalkan konsentrasi kamu, kamu harus memahami cara kerja otak secara baik. Bagi kebanyakan orang, pagi hari adalah waktu yang optimal untuk melakukan pekerjaan yang sulit, yaitu pekerjaan yang membutuhkan banyak konsentrasi dan pemikiran yang fokus.

Rencanakan untuk mempelajari materi terberat 2-4 jam setelah kamu bangun tidur. Misalnya, jika kamu bangun jam 7 dan jam sibukmu adalah antara jam 9 dan 11 pagi, maka kamu dapat belajar menyelesaikan hal-hal sulit sampai waktu makan siang.

Nah pada waktu jam-jam setelah kamu makan siang dan beberapa jam setelahnya, ini adalah waktu yang tepat untuk menjadwalkan pertemuan kelompok, bertukar pikiran dengan teman sekelas, dan bekerja bersama dalam proyek kelompok agar bisa menyelesaikan sebuah masalah secara bersama.

Strategi 5. Hilangkan Hal-hal yang Bisa mengganggu Saat Belajar Sendiri


Bisa jadi saat kamu belajar sendiri banyak sekali gangguanyang dapat memperlambatmu dan membuat dirimu menunda studi pada hari tertentu. Hal itu bisa berupa notifikasi dari handphone yang mengganggu konsentrasimu. Oleh karenanya, jika kamu sudah punya tekad besar, maka matikanlah telefonmu itu agar waktu yang sedikit pun bisa menjadi sangat ekfektif untuk digunakan sebagai waktu belajar sendiri.


Powered by Blogger.