Apa Itu Walimatul Urus?

Apa Itu Walimatul Urus?

Kita pasti sering atau pernah mendengar kata walimatul urus. Lalu apa sih arti dari walimatul urus atau apa itu walimatul urus? Kali ini kangdidik.com akan membahas seputar walimatulurus, pengertian walimatul urus dan beberapa hal yang berkaitan dengan walimatul urus. 

Apa Itu Walimatul Urus?

Adapun Walimatul ‘Urs artinya adalah pesta pernikahan. Yang mana secara singkat bisa didefinisikan sebagai jamuan makan yang diselenggarakan berkenaan dengan pernikahan atau perkawinan.

Kebanyakan orang melaksanakn walimatul 'urs segera setelah melaksanakan akad nikah. Namun banyak juga yang melaksanakan walimatul urus jauh hari setelah akad nikah karena beberapa hal atau perencanaan tertentu.

Kata walimah berasal dari bahasa Arab berupa kata al-Walamu yang mana dalam bahasa Indonesiabta berarti bermakna "pertemuan".


Menurut kamus ilmu fiqih disebutkan bahwa kata walimah itu berarti makanan pernikahan atau semua makanan yang ditujukan untuk disantap para undangan walimah atau jamuan pernikahan.

Adapun kata kedua yaitu kata al-‘Urs itu berarti az-Zifaf wa Tazwij; perkawinan dan pernikahan. Jika ditulis dalam bahasa Arab maka menulisnya adalah وليمة العرس.

Bagaimana Hukum Melaksanakan Walimatul Urus dalam Islam?

Para ulama ahli hukum fiqih bersepakat bahwa mengadakan pesta pernikahan hukumnya adalah wajib. Sebagian yang lain mengatakan bahwa walimatul urus dalam Islam hukumya adalah sunah muakkadah, yakni sebuah perbuatan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan oleh karena itu maka dianjurkan bagi masyarakat untuk mendapakan walimaltul urus meskipun dengan cara yang sederhana. 

Adapun pembiayaan pesta pernikahan dibebankan oleh sang suami. Namun meskipun demikian, pengadaan walimatul urus  harus menyesuaikan kemampuan sang suami, karena tujuan adanya pesta pernikahan adalah untuk mengembirakan hati kedua pengantin. Jangan sampai setelah walimatul urus kemudian tidak punya apa-apa sehingga malah membawa beban selanjutnya.

Siapakah Tamu Yang Diundang Dalam Walimatul Urus?

Dalam masyarakat, para tamu undangan walimatul urus adalah kerabat, kawan, tetangga dan masyarakat sekitar. Adapun jetika mengadakan walimatul ‘urs dianjurkan bahwa tamu yang diundang hendaknya adalah orang-orang yang saleh, baik yang kaya maupun yang miskin.

Waktu Penyelenggaraan Walimatul Urus

Untuk waktu pelaksanaan walimatul urus, sebenarnya tidak ada batasan tertentu untuk melaksanakannya. Meskipun demikian, lebih baik untuk menyelenggarakan walimatul 'ursy setelah ''dukhul'', yaitu setelah pengantin melakukan hubungan seksual setelah akad nikah. 

Artinya lebih baik melaksanakan walimatul urs sehari setelah akad nikah. Nabi Muhammad saw. tidak pernah mengadakan walimatul 'ursy kecuali sesudah dukhul.

Hukum Menghadiri Undangan Walimatul Urus

Jika anda mendapatkan undangan walimatul urus, maka menghadiri undangan walimatul ‘urs itu hukumnya adalah wajib atau fardhu ain. Jika anda tidak datang maka anda bisa mendapatkan dosa. 

Meskipun demikian, ada pula pendapat lain yang mengatakan bahwa mendatangi sebuah walimatul ‘ursy merupakan sebuah fardhu kifayah. Artinya apabila orang lain telah datang dalam undangan walimatul urus tersebut maka tidak menghadiri undangan itu pun tak mengapa.

Itulah informasi tentang apa itu walimatul urus. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement