Apakah Boleh Berhubungan Saat Hamil Muda

Apakah Boleh Berhubungan Saat Hamil Muda

Kangdidik.com, berhubungan intim merupakan hal yang dilakukan oleh suami istri agar keharmonisan tetap terjaga dengan baik dan rumah tangga pun menjadi tenteram. Akan tetapi, kalau istri hamil muda, apakah berhubungan boleh dilakukan?

Menurut para ahli, boleh berhubungan saat hamil muda bagi pasangan suami istri. Namun demikian ada hal yang harus diperhatikan karena berkaitan dengan kondisi istri yang hamil muda.

Berdasarkan sumber yang berhasil kangdidik.com rangkum, berhubungan intim saat hamil muda itu aman saja dilakukan. 

Namun ada beberapa hal yang bisa menjadi masalah, misalnya sebagian ibu hamil itu memang merasa enggan untuk melakukan hubungan intim. 

Hal ini bisa jadi karena saat hamil muda, para ibu memiliki mood yang berubah ubah bahkan sering merasakan badan lemas atau pusing karena hamil.

Meskipun Aman, Berhubungan Saat Hamil Muda Bisa Berbahaya

Anda harus bisa mengenali Kondisi yang Berbahaya untuk Berhubungan Intim saat Hamil Muda agar bayi yang ada di dalam kandungan aman dan ibunya pun juga sehat. 

Anda harus tahu bahwa selama masa kehamilan, ada berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Dan salah satu perubahan yang mencolok adalah leher rahim menjadi semakin sensitif.

Nah, kalau hubungan intim dipaksakan saat hamil muda, apalagi tanpa pemanasan yang cukup terlebih dahulu maka bisa jadi akan mengakibatkan pendarahan melalui vagina karena kondisi leher rahim yang sensitif. 

Bagi ibu yang hamil muda dan pernah mengalami atau memiliki beberapa hal seperti, Plasenta previa, Solusio plasenta, pernah melahirkan prematur, pernah keguguran, rahim terbuka sebelum waktunya, Kehamilan kembar, apalagi jika janin lebih dari dua, maka hindarilah untuk berhubungan intim pada saat masih hamil muda.

Apakah Berhubungan Saat Hamil Muda Menyebabkan Keguguran?

Berhubungan badan saat usia kehamilan baru memasuki trimester pertama atau tiga bulan pertama menurut sebagian masyarakat bisa berbahaya karena sempat dikabarkan bisa menyebabkan keguguran. Apakah hal itu benar?

dr. Purnawan Senoaji, Sp.OG dalam bukunya Tanya Jawab Problem, Mitos & Penyakit Seputar Kehamilan (2012), menjawab bahwa boleh saja bagi ibu hamil muda untuk berhubungan seks saat kehamilan di trimester pertama. 

dr. Purnawan pun juga lebih lanjut menjelaskan bahwa berhubungan seks di trimester berapa pun sebenarnya tidak dilarang. Kehamilan tidak akan terganggu akibat berhubungan badan, kecuali jika memang dari awal pemeriksaan diketahui kehamilannya bermasalah.

Itulah informasi tentang apakah boleh berhubungan saat hamil muda yang ternyata tidak mengapa namun jika ada hasil pemeriksaan yang menurut dokter beresiko, maka hendaknya menghindari untuk berhubungan intim saat hamil muda. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement