Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sahabat semua yang dirahmati oleh Allah Swt. Pada


kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang bagaimana sih caranya agar bisa pergi umroh atau bahkan juga haji ke Mekah.

Bisa pergi umroh dan juga haji merupakan impian semua orang muslim pastinya. Karena umroh dan haji merupakan ibadah yang istimewa, yang mana jika kita bisa haji dan umroh maka kita akan mengunjungi Baitullah, tempat di mana Nabi Muhammad Saw. lahir dan menyiarkan agama Islam disana. 

Namun umroh dan haji merupakan ibadah yang berat bagi kita umat muslim di Indonesia dikarenakan jaraknya yang jauh maka perlu biaya yang besar agar kita bisa berangkat umroh dan haji. 

Meskipun demikian, ternyata siapapun yang memiliki tekad yang besar agar bisa pergi umroh, maka dengan izin Allah insyaAllah dia akan bisa berangkat umroh ke Mekah. 

Banyak sekali contoh orang yang dilihat dari kasat mata seakan tak mungkin untuk bisa pergi umroh maupun haji secara finansial akan tetapi ternyata mereka mampu pergi umroh. 

Ada kisah tentang seorang tukang pijat yang menabung belasan tahun akhirnya bisa pergi umroh dan haji. Adalah Sami binti Sanuji (74), seorang nenek yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang pijat di Medan, Sumatera Utara, berhasil mewujudkan impian untuk melaksanakan ibadah haji ke Makkah setelah menabung selama 15 tahun.

Artinya, jika kita memiliki tekad dan usaha yang besar, maka impian untuk bisa pergi umroh dan haji itu pasti bisa terwujud dengan izin Allah Swt.

Cara Agar Bisa Pergi Umroh

Supaya tujuan kita agar bisa pergi umroh bisa kita raih, maka kita pun perlu memiliki strategi dan langkah untuk mewujudkannya. Dan berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai ikhtiar agar kita bisa pergi umroh.

1. Berniat Dengan Tulus dan Tekad yang kuat

Hal pertama yang perlu kita tanamkan pada diri kita adalah niat yang tulus dan ikhlas serta tekad yang kuat. Ingat bahwa Allah swt. pasti memudahkan jalan orang yang berusaha untuk beribadah kepada-Nya.

Nah kita pun harus berniat dengan tulus agar kita diberi kemudahan dalam berusaha untuk bisa pergi umroh. Jika Allah berkenan pasti jalan itu ada. Dan jalan itu diraih dengan niat yang tulus dan kuat dalam diri kita.

2. Berusaha Untuk Menabung Secara Kontinu

Setelah ada niatan, maka berusahalah untuk menabung secara rutin dan kontinu. Dan jangan sampai uang tabungan itu kita ambil untuk keperluan lain. Nilai tabungan tidak harus banyak, yang penting terus-menerus.

Meskipun demikian, cepat atau lambatnya kita bisa pergi umrah pun tergantung dari nominal uang yang kita tabung. Oleh karenanya, jika kita diberi rezeki lebih, maka lebih baik kalau kita memperbanyak jumlah tabungan agar bisa cepat pergi umroh.

3. Perbanyaklah sedekah Agar Bisa Umroh

Banyak amalan-amalan yang bisa kita amalkan agar tujuan kita mudah tercapai. Salah satunya adalah sedekah. Sedekah merupakan amalan yang bisa membukakan pintu rezeki. Nah, kita pun bisa meniatkan untuk bersedekah agar diberi kelancaran rezeki agar bisa umroh. 

Jika ketiga hal di atas bisa kita lakukan secara terus menerus, maka insyaAllah impian kita untuk bisa pergi umroh maupun haji akan terlaksana dengan izin Allah Swt. Semoga bermanfaat dan impian kita terkabul amin ya Rabbal Alamin. 

Previous Post Next Post