Bagaimana Caranya Agar Bisa Mendapatkan Beasiswa Penuh? Full Funded Scholarship

Bagaimana Caranya Agar Bisa Mendapatkan Beasiswa Penuh? Full Funded Scholarship

Apa artinya beasiswa penuh? 

Dalam dunia pendidikan salah satunya adalah jenjang perguruan tinggi, kita mungkin sering mendengar bahwa banyak universitas baik negeri maupun swasta menawarkan beasiswa untuk para mahasiswa. 

Salah satu jenis beasiswa tersebut yang termasuk umum adalah beasiswa penuh. Nah, pada kesempatan kali ini kangdidik.com akan mengulas tentang bagaimana sih caranya agar bisa mendapatkan beasiswa penuh, apa saja syaratnya dan siapa saja yang bisa mendapat beasiswa penuh?
     

Pengertian Beasiswa Penuh

Beasiswa penuh adalah beasiswa atau biaya pendidikan yang diberikan oleh lembaga, universitas atau yayasan kepada mahasiswa secara penuh meliputi biaya studi, biaya hidup, dan beragam biaya-biaya lain yang diperlukan selama pendidikan. 

Jadi dengan beasiswa penuh mahasiswa bisa mengikuti studi dengan tenang tanpa memikirkan biaya sebab biayanya semua sudah ditanggung dengan beasiswa penuh ini. 

Sebagaimana kita tahu bahwa Universitas adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh pemerintah atau yayasan di mana biaya tertentu harus dibayarkan untuk bisa belajar di sana. 

Universitas maupun sekolah ini memberikan kesempatan beasiswa untuk mendukung siswa secara finansial, karena memang banyak sekali mahasiswa yang kurang mampu dan butuh dukungan finansial.

Jika tanpa melalui beasiswa, untuk memasuki jurusan yang diinginkan di universitas-universitas tertentu, maka seseorang harus membayar jumlah biaya yang ditentukan. 

Adapun dengan beasiswa penuh maka siswa tak perlu membayar jika memang sudah dinyatakan lulus. Mungkin pembayaran ada untuk hal-hal administrasi di awal saja. 

Pembayaran dan lain-lain biasanya dijelaskan dalam aturan beasiswa.

Inilah keuntungan dari beasiswa penuh. Setelah mengikuti ujian beasiswa dan anda dinyatakan lulus, maka anda berhak mendapatkan fasilitas dari beasiswa penuh tersebut.

Anda akan dapat mulai belajar di universitas ini tanpa membayar biaya apa pun dan sekolah akan mulai memberi anda pendidikan gratis. 

Bahkan untuk program beasiswa tertentu ada uang saku yang diberikan untuk biaya hidup.

Biaya Apa saja yang Ditanggung Oleh Beasiswa Penuh? 

Sebenarnya tidak ada jawaban yang jelas untuk pertanyaan ini karena hal ini pun tergantung dari pemberi beasiswa. 

Kangdidik.com ambil kasus saja di Turki, ada beberapa beasiswa yang menawarkan fasilitas yang berbeda. 

Adakalanya beasiswa itu menanggung beasiswa penuh pendidikan saja tanpa biaya makan, namun ada juga yang memberi biaya makan.

Pada beberapa universitas siswa yang mendapatkan beasiswa diberikan beasiswa bulanan kepada siswa dan juga asrama. 

Juga ada target tertentu dalam beasiswa penuh yang mana jika tak terpenuhi beasiswa bisa dipotong.

Misalnya, jika seorang mahasiswa berada di bawah persentase keberhasilan dengan nilai tertentu, maka beasiswa dapat dipotong. 

Jika sahabat tidak mencapai tingkat keberhasilan tertentu, mereka dapat memotong beasiswamu secara keseluruhan atau bertahap.  

Apa Persyaratan untuk Beasiswa Penuh? 

Tentang syarat ini pasti berbeda tergantung si pemberi beasiswa atau sesuai dengan pendidikan yang mereka berikan. 

Namun syarat paling umum adalah nilai minimal tertentu misalnya 85%, kemampuan bahasa asing dan memiliki prestasi atau projek.

Apakah mungkin Pemberi Beasiswa memotong beasiswa untuk siswa yang mendapat beasiswa penuh? 

Tentu saja sebagaimana yang kangdidik sudah singgung sedikit di atas. Karena beragam kondisi, pemotongan beasiswa ini sering dijumpai, yang mana salah satunya adalah karena nilai target yang tak sesuai harapan. 

Intinya adalah keberhasilan dan ketidakhadiran mahasiswa bisa jadi faktor pemotongan beasiswa; atau karena mahasiswa itu telah melanggar aturan disiplin yang ditentukan. 

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com
Previous Post Next Post