Sistem Pendidikan Di Turki

Sistem Pendidikan Di Turki

Kangdidik.com, sahabat semuanya, kali ini kita akan membahas tentang sistem pendidikan di Turki. 

Adapun sistem pendidikan yang berlaku Turki dibagi menjadi tiga tingkatan yang mana tiga tingkatan ini terhitung sebagai pendidikan wajib 12 tahun. 

Tingkat pertama adalah sekolah dasar yang dilalui selama empat tahun (kelas 1, 2, 3, dan 4). 

Tingkat kedua adalah sekolah menengah yang berlangsung selam empat tahun (kelas 5, 6, 7, dan 8).

Terakhir adalah tingkat ketiga yaitu sekolah menengah yang dilalui selama empat tahun (kelas 9, 10, 11). dan kelas 12).

Tentu saja sebelum sekolah dasar ada pra sekolah seperti TK dan Playgroup. TK dilaksanakan secara standar selama 2 tahun dan di Turki disebut Anasinif atau kelas Ibu/Dasar.

Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar terdiri dari sekolah dasar wajib empat tahun, sekolah menengah empat tahun yang memungkinkan pilihan antara program wajib dan program berbeda, dan juga sekolah menengah imam-hatip. 

Mata pelajaran pilihan dibuat di sekolah menengah dan sekolah menengah imam-hatip dengan cara mendukung pendidikan sekolah menengah atas sesuai dengan kemampuan, perkembangan dan preferensi siswa.

Pendidikan Kedua

Jenjang pendidikan Kedua ini mencakup semua lembaga pendidikan umum, kejuruan dan teknis yang dilamar berdasarkan pendidikan dasar. 

Pendidikan kedua ini setara dengan pendidikan SMP atau SLTP di Indonesia.

Pendidikan kedua ini menyediakan pendidikan wajib empat tahun, formal atau non-formal. 

Pendidikan Ketiga (Menengah)

Ijazah pendidikan menengah diberikan kepada mereka yang berhasil menyelesaikan sekolah ini. Pendidikan menengah terdiri dari sekolah menengah yang melaksanakan berbagai program. 

Di Indonesia pendidikan ini setara dengan pendidikan SMA, Aliyah atau Kejuruan.

Sekolah yang fokus pada program tertentu diberi nama yang menentukan cabang pendidikan seperti sekolah menengah atas, sekolah menengah teknik dan sekolah menengah kejuruan pertanian.

Institusi menengah yang menyediakan pendidikan di Turki dalam berbagai kategori adalah sebagai berikut:

1. Sekolah Menengah Umum:

Semua siswa yang telah menyelesaikan delapan tahun pendidikan menengah dapat bersekolah di sekolah ini. Lulusan sekolah menengah mengikuti Tes Kecakapan Dasar (TYT) untuk ditempatkan di universitas, dan Ujian Institusi Pendidikan Tinggi (YKS), yang terdiri dari sesi Tes Kecakapan Lapangan (AYT) opsional dan Tes Bahasa Asing (YDT).

2. Sekolah Menengah Kejuruan:

Lulusan sekolah menengah kejuruan dapat menghadiri sekolah menengah kejuruan tanpa ujian. Sekolah menengah kejuruan dapat dikelompokkan sebagai Sekolah Menengah Kejuruan, Teknik, Komunikasi, Kesehatan, Hotel dan Pariwisata, Guru, Sekolah Menengah Kejuruan Maritim. Sekolah menengah ini mungkin memerlukan satu tahun studi tambahan.


3. Sekolah Menengah Atas Anatolia:

adalah sekolah menengah atas di mana pelajaran bahasa asing diberikan secara dominan dan kelas persiapan bahasa asing dipelajari di beberapa sekolah menengah atas Anatolia. Jam pelajaran lebih lama dari sekolah menengah biasa; Ada pilihan untuk bahasa asing kedua. Seperti Sekolah Menengah Galatasaray, Sekolah Menengah Kadıköy Anatolian, Sekolah Menengah Istanbul (Sekolah Menengah Putra Istanbul).

4. Sekolah Menengah Sains: 

Ini adalah sekolah menengah atas untuk siswa dengan minat dan kemampuan khusus dalam Sains. Di sekolah tersebut, siswa dilatih untuk ditempatkan di bidang Sains di universitas.

5. Sekolah Menengah Imam - Hatip:

Ini adalah lembaga pendidikan yang melaksanakan program yang dipersiapkan untuk profesi dan pendidikan tinggi dalam sistem pendidikan menengah yang dibuka oleh Kementerian Pendidikan Nasional untuk melatih staf yang bertanggung jawab atas pemenuhan layanan keagamaan seperti imam, dakwah dan pengajaran kursus Alquran.

7. Sekolah Menengah Seni Rupa:

adalah sekolah menengah atas yang dibuka untuk membesarkan anak-anak dengan minat dan keterampilan khusus di bidang Seni Rupa sejak usia dini.

8. Sekolah Menengah Swasta:

adalah sekolah menengah dengan asal asing seperti Robert College, Saint Joseph High School, dan Austria High School, yang juga dikenal sebagai perguruan tinggi, di mana pendidikan dalam bahasa asing di beberapa mata kuliah seperti Matematika dan Sains, biaya sekolah tinggi dan penerimaannya sulit.

Sekolah Vokasi (Asosiasi)

Mereka yang lulus dari sekolah menengah atas atau sekolah sederajat memenuhi syarat untuk menjadi kandidat untuk masuk ke lembaga pendidikan tinggi. 

Untuk masuk ke universitas, siswa harus memperoleh skor tertentu dari Ujian Transisi Pendidikan Tinggi (YGS) dan Ujian Penempatan Sarjana (LYS) yang diselenggarakan oleh Pusat Penilaian, Seleksi dan Penempatan (ÖSYM) dan Institusi Pendidikan Tinggi (YÖK) ). 

Nilai yang diperoleh siswa dari ujian YGS dan LYS serta total nilai yang diperoleh dari nilai rata-rata sekolah menengah merupakan faktor penentu dalam penempatan mereka ke program sarjana. 

Setelah mengikuti YGS, beberapa universitas terkadang mengambil ujian bakat khusus. Namun, persyaratan ini dapat bervariasi tergantung universitas dan fakultas.

Sistem pendidikan tinggi di Turki, universitas, institut teknologi tinggi, sekolah kejuruan dan institusi pendidikan lainnya dari (akademi militer dan kepolisian) terjadi.

Sekolah Tingkat Sarjana

Untuk memperoleh gelar sarjana, diperlukan masa studi empat tahun di universitas. Namun, untuk cabang profesional seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, dan Kedokteran Hewan, diperlukan periode pelatihan mulai dari lima hingga enam tahun.

Pendidikan Pascasarjana

1. Gelar Master

Mahasiswa yang menyelesaikan program master dua tahun dengan atau tanpa tesis, setelah pendidikan sarjana mereka berhak mendapatkan gelar master. 

Program master dengan tesis biasanya membutuhkan minimal 21 kredit dan tesis untuk ditulis. Program master non-tesis adalah program yang dapat diselesaikan dalam 1,5 tahun dan membutuhkan setidaknya 30 kredit dan proyek berjangka untuk ditulis.

2. Gelar Doktor

Mereka yang memiliki gelar sarjana atau magister dapat mendaftar ke program doktoral. Program doktor harus mengambil minimal 7 kursus dan 21 kredit dan lulus ujian kualifikasi. Siswa yang berhasil lulus kursus dan ujian kemahiran menulis tesis dan mempertahankan tesis mereka secara lisan di depan komite tesis.

3. Spesialisasi dalam Bidang Tertentu

Kedokteran Spesialisasi medis setara dengan gelar doktor yang diperoleh di sekolah kedokteran, rumah sakit dan rumah sakit penelitian. Lulusan fakultas kedokteran mengikuti Medical Specialization Examination (TUS) di berbagai cabang kedokteran untuk menjadi spesialis dalam Kedokteran. Kandidat ahli harus menyerahkan tesis dan mempertahankan tesisnya di depan panitia.

4. Kemahiran dalam Seni

Ini adalah gelar yang setara dengan doktor, dicapai dengan mengikuti ujian di cabang seni itu setelah lulus dari fakultas atau perguruan tinggi, menciptakan sebuah karya seni dan karya ilmiah.

5. Pascadoktoral

Pasca doktoral biasanya ditempuh selama 2 tahun bagi mahasiswa yang telah lulus doktoral. Pasca doktoral biasanya berisi penelitian yang diadakan oleh mahasiswa dengan dosen-dosen pembimbing.

Previous Post Next Post

Advertisement