Manfaat dan Khasiat Biji Buah Jambu Pronojiwo/Pranajiwa

Manfaat dan Khasiat Biji Buah Jambu Pronojiwo/Pranajiwa

Saat telepon mak yang ada dirumah katanya mak baru saja berobat kepada seorang ahli pengobatan alternatif yang rumahnya ada di Tuban.

Mak selama ini mengalami penyakit stroke yang sudah berlangsung kurang lebih 2 tahun. Awalnya parah sekali strokenya hingga masuk ke rumah sakit.

Tapi alhamdulillah sekarang sudah cukup lumayan sudah sembuh hanya saja ada rasa kesemutan di beberapa sekujur tubuh. 


Saat berobat itulah mak disuruh untuk mengonsumsi biji buah pronojiwo. Orang yang mengobati itu menyebutnya dengan biji jambu pronojiwo.

Saat aku mendengar nama Pronojiwo, rasanya asing sekali nama itu. Sebagai orang Jawa memang aku sering heran mendengar nama-nama tanaman yang ternyata Indonesia itu memiliki tanaman yang kaya.

Saking banyaknya nama tanaman berkhasiat dan bermanfaat sampai-sampai nama pronojiwo itu pun asing dan baru aku dengar kali itu.

Penasaran karena waktu membeli di Tuban satu bijinya yang berukuran sekitar jempol orang dewasa itu harganya 50 ribu rupiah.

Apa sih manfaat dan khasiat buah jambu pronojiwo atau pranajiwa itu? Akhirnya pun aku cari-cari tahu informasinya.

Saat aku cari di google, ternyata buah pronojiwo itu ada yang menyebut hanya buah pronojiwo saja. Kalau menurut tabib tempat Mak berobat itu disebut buah jambu pronojiwo.

Tapi bisa jadi itu memang keluarga jambu soalnya dilihat dari fotonya ya memang mirip jambu.

Dan ternyata di toko-toko online dijual dengan harga yang cukup murah, 1 bijinya hanya 1000 rupiah. 

Akhirnya mbak pun membelikan buah jambu itu lewat online. Tanaman pranajiwa ini dikenal khasiatnya sebagai tanaman penguat tubuh terutama untuk lemah syahwat bagi kaum lelaki. 

Namun sejauh yang aku tahu, kalau tanaman obat bisa berguna untuk kebugaran lelaki, otomatis obat itu bisa berguna untuk kebugaran tubuh karena yang aku yakini, inti dari kebugaran lelaki itu ya kebugaran tubuh.

Kalau aliran darah lancar dalam tubuh maka vitalitas pun akan terjaga dan otomatis tubuh pun akan bugar.

Kebanyakan yang aku baca, obat alami yang mampu memperlancara peredaran darah itu bisa berefek pada kesehatan dan juga vitalitas lelaki.

Nama latin buah pronojiwo itu sendiri adalah Sterculia javanica. Tak ada informasi sejarah yang bisa menjelaskan asal mula nama itu. 

Mungkin sesuai namanya tumbuhan itu banyak berkembang di tanah jawa. Dan menurut Mak rasanya itu pahit saat dikonsumsi.

Dan katanya Mak juga, setelah berobat itu rasanya tubuh itu mendingan lebih bugar. Berarti pronojiwo itu pun cocok berkhasiat untuk mengobati stroke.

Mungkin untuk mengobati beragam penyakit lain pun bisa. Tinggal orang-orang farmasi meneliti saja siapa tahu khasiatnya sangatlah luar biasa.

Karena banyak sekali tanaman-tanaman yang tumbuh di Indonesia ternyata memiliki khasiat yang fenomenal. 

Tentu kalau tidak diolah dan diteliti secara baik akan kalah dengan obat-obatan luar yang belum tentu khasiat dan efek sampingnya seperti obat-obatan alami.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Gambar feature dari bukalapak.com

Previous Post Next Post

Advertisement