Tips-tips Agar Berhasil Mengikuti Tes Wawancara (Wawancara Kerja, Beasiswa, Dan lain-lain)

Tips-tips Agar Berhasil Mengikuti Tes Wawancara (Wawancara Kerja, Beasiswa, Dan lain-lain)
Sobat semuanya kali ini kangdidik.com mau berbagi tips bagaimana caranya biar berhasil lulus mengikuti tes ujian wawancara.

Kangdidik sendiri sudah mengikuti beberapa wawancara termasuk wawancara mengikuti beasiswa ke luar negeri dan alhamdulillah diterima.

Jadi aku ucapkan selamat dulu kalian telah menempuh perjalanan jauh ke tahap wawancara dan kalau kalian dapat undangan wawancara itu artinya pemberi kerja/beasiswa itu sudah cukup terkesan dengan resume atau lamaran yang kalian tulis. 

Sekarang tinggal kalian menyelesaikan tahap terakhir yaitu wawancara. Sekarang kalian harus punya persiapan bagus agar bisa melewati wawancara kerja atau beasiswa biar bisa sukses dapat hasil lulus. 

Tips-tips Agar Berhasil Mengikuti Tes Wawancara

Berikut ini adalah tips agar bisa berhasil mengikuti tes wawancara baik buat kerja, beasiswa ataupun lainnya.

1. Rumus Penting, "Lebih banyak pengetahuan itu sama dengan lebih percaya diri"

Kunci dari wawancara yang sukses adalah percaya diri. Nah, percaya diri itu sebanding lurus dengan banyak pengetahuan.

Artinya apa? Semakin kalian punya banyak pengetahuan maka kalian bakalan semakin percaya diri. 

Jadi kalau ingin dapat wawancara lulus dengan sukses, kalian kudu perbanyak pengetahuan, apapun itu terlebih yang berhubungan dengan kerja atau lingkungan pekerjaan. 

Pelajari misi, visi, dan pencapaian perusahaan atau apa saja yang ingin kalian lamar. 

Kalian harus melihat halaman yang paling banyak dibaca tentang sektor ini, juga kunjungi secara rutin media sosial pihak pewawancara dan lihat semua detailnya, termasuk informasi orang yang akan ditanyakan dalam wawancara. 


Semakin banyak kalian belajar, maka semakin kuat lah percaya diri kalian untuk bisa lulus dalam tahap beasiswa.

2. Kesan pertama Sangat penting

Pakaian yang akan kalian kenakan selama wawancara kerja harus selalu terlihat profesional dan sekaligus membuat kalian merasa nyaman. 

Tentunya pakaian pun disesuaikan dengan apa yang telah disebutkan dalam wawancara. Adakalanya pakaiannya resmi adakalanya juga casual sopan.

Sebelum memutuskan apa yang akan kalian kenakan saat wawancara, kalian harus mencari tahu budaya perusahaan akan kalian datangi itu seperti apa. 

3. Kuasai pertanyaan Yang Mungkin Muncul Dalam Wawancara

Kuasailah pertanyaan yang mungkin bisa muncul selama wawancara. Ingat bahwa inti dari wawancara adalah menjawab pertanyaan. Jadi siapkan diri sebaik mungkin. 

kalian bakalan menemukan pertanyaan yang mungkin sekali pada umumnya muncul pada wawancara (wawancara beasiswa) yang bisa kalian tonton dalam video ini:

4. Persiapkan untuk Menemuai Sesuati yang sulit.

Dalam wawancara bisa jadi ada pertanyaan yang sulit. Misalnya, Bisakah Anda ceritakan sedikit tentang kelemahan Anda? 

Carilah jawaban yang itu menjadi sebuah kelebihan, misalnya saya tidak pandai dalam menggunakan perangkat komputer tetapi saya punya rencana untuk belajar dengan les.

7. Mau Sukses dalam Wawancara? Bersikaplah Jujur

Kalian tidak perlu takut dengan kelemahan dan celah kekurangan dalam resume atau lamaran kalian.

Toh semua orang punya kelemahan, jadi jangan membuat data yang bohong. Kalian harus jujur ​​dan menjelaskan apa yang telah kalian lakukan atau pelajari sejauh ini.

Jelaskan bahwa pengalaman yang kalian dapatkan akan bermanfaat bagi kalian dalam pekerjaan yang kalian lamar.

8. Perhatikan Hal Penting yang harus kalian hindari Dalam Wawancara

Jangan pernah terlambat dalam waktu jadwal wawancara dan jangan berbicara buruk atau kasar tentang suatu masalah. Sampaikan saja dengan nada yang komunikatif.

9. Selalu siapkan pertanyaan Bagi Pewawancara.

Di sesi terakhir wawancara biasanya kalian bakalan dikasih kesempatan buat bertanya. Tanyakanlah hal penting yang bisa jadi nilai untuk kalian. Semoga berhasil!

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com
Previous Post Next Post