Cara Mengetahui Passion Diri Sendiri Untuk Hidup yang Lebih Baik

Cara Mengetahui Passion Diri Sendiri Untuk Hidup yang Lebih Baik

Passion Diri Sendiri

Kebanyakan orang kadang tak mengetahui apa yang menjadi passion dirinya sendiri. Perlu kamu ketahui bahwa apapun yang dilakukan jika sesuai passion maka akan terasa menyenangkan.

Bagi kamu yang belum tahu, passion itu semacam gairah luar biasa yang dimiliki manusia saat ia melakukan sesuatu.

Khusus untuk urusan pekerjaan, passion menjadi pembakar semangat yang powerfull dan menjadikanmu penuh energi dalam bekerja.

Kamu mungkin pernah mendengar istilah orang yang menjalankan hobinya namun dibayar. Passion kurang lebih seperti itu. Menjalani pekerjaan yang menjadi passionmu tak akan membuat dirimu merasa lemas atau jenuh.

Nah, bagaimanakah cara mengetahui passion diri sendiri? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengetahui Passion Diri Sendiri Untuk Hidup yang Lebih Baik

1. Waktu berlalu begitu cepat

Parameter pertama yang bisa kamu jadikan acuan untuk menilai apakah yang kamu kerjakan itu passionmu atau bukan adalah dari segi waktu.

Biasanya kamu akan merasa bahwa waktu berlalu begitu cepat tanpa membuatmu merasa menunggu atau bosan.

Seorang programmer profesional mungkin akan menghabiskan waktu selama 5 jam lebih untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tetapi setelah pekerjaannya selesai, ia merasa bahwa hanya bekerja selama 1 jam.

2. Merasa ada yang kurang bila meninggalkan aktivitas tersebut

Apabila kamu sering melakukan suatu hal yang membuatmu nyaman dan tiba-tiba berhenti melakukannya kamu merasa rindu, bisa saja itu adalah passionmu.

Jiwamu seakan tak nyaman bila lama tak melakukannya lagi. Dirimu merasa selalu ingin terus-menerus melakukannya tanpa ada rasa bosan.

Pokoknya yang ada di pikiranmu adalah bagaimana melakukannya dan mencoba menjadi lebih baik lagi dari percobaan sebelumnya.

3. Melibatkan ketulusan yang mendalam

Ciri passion yang cukup menonjol dan mudah diidentifikasi adalah adanya rasa cinta dan tulus dalam mengerjakan suatu aktivitas.

Pekerjaan yang biasanya menjadi passionmu adalah pekerjaan yang apabila kamu mengerjakannya timbul rasa senang dan nyaman meskipun itu tanpa dibayar.

Ada gairah yang muncul saat kamu melakukannya serta ingin terus belajar dan berkembang menguasainya. Tentu saja dengan tidak bermalas-malasan dan penuh tanggung jawab.

4. Kamu dipercayai orang lain untuk melakukannya

Coba kamu bayangkan dalam pikiranmu, apa yang kira-kira orang lain sangat mempercayaimu dalam melakukannya. Pokoknya mereka menganggap bahwa kamulah yang terbaik dalam hal tersebut.

Entah itu dalam hal kepenulisan artikel, desain grafis, editing video, menyanyi, memperbaiki sesuatu yang rusak, atau apapun itu.

Tanyakan di dalam hatimu apa yang menjadi keistimewaan di dirimu. Cari tahu hal itu dan kembangkan lebih jauh lagi. Itulah yang dinamakan passion.

5. Hobimu sewaktu di usia 10 tahun

Menurut seorang peneliti, segala sesuatu yang disukai seseorang dimasa kecilnya kemungkinan besar masih disukainya setelah beranjak dewasa.

Jadi cobalah untuk mengingat kembali apa yang menjadi hobimu di usia 10 tahun. 

Atau kalau masih samar, kamu bisa menuliskan apa saja aktivitas menyenangkan yang sering kamu lakukan sewaktu kecil. Yakin dan percaya 99% pasti passionmu berada dalam catatan tersebut.

6. Merasa senang bila berbagi pengalaman dan cerita tentang hal tersebut

Menceritakan suatu hal yang dicintai tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi tiap orang. Biasanya 
akan timbul sensasi keseruan dan antusiasmu yang tinggi.

Apabila itu passionmu, kamu akan bercerita sampai berjam-jam tanpa henti tentang topik tersebut sampai lupa waktu.

Jadi apabila kamu merasa sangat heboh dalam menceritakan suatu topik tertentu, bisa jadi itu adalah passionmu.

Penutup Tentang Cara Mengetahui Passion Diri Sendiri Untuk Hidup yang Lebih Baik

Betapa membahagiakannya bila bisa bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki. Saya yakin tentu kamu menginginkannya juga bukan? Nah, beberapa ciri di atas setidaknya bisa membantumu dalam menemukan passionmu sendiri.

Agar bisa lebih memahami tentang passion secara mendalam, saya anjurkan untuk membaca artikel seputar arti passion.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement