Apakah Beasiswa Hanya Untuk Orang Pintar?

Apakah Beasiswa Hanya Untuk Orang Pintar?

Beasiswa merupakan bantuan keuangan atau fasilitas yang diperuntukan bagi siswa atau mahasiswa untuk bisa membantu dalam mendapatkan pendidikan. 

Beasiswa itu banyak sekali jenisnya tergantung dari pemberi beasiswa. 

Ada kalanya beasiswa itu diberikan oleh pemerintah maupun swasta, juga bisa berupa beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. 

Motif tujuan beasiswa itu pun berbeda-beda, ada kalanya beasiswa itu untuk siswa berprestasi juga bisa saja untuk siswa yang kurang mampu.

Salah satu pertanyaan yang seringkali ditanyakan terkait beasiswa adalah apakah beasiswa hanya untuk orang pintar?

Kangdidik.com kali ini akan membahasnya agar bisa menjadi rujukan informasi bagi pembaca. 

apakah beasiswa hanya untuk orang pintar?

Untuk menjawab itu saya akan memulai dengan informasi beasiswa yang saya dapatkan. 

Saat S1 saya mendapatkan beasiswa PBSB yang diberikan oleh Departemen Agama dengan jurusan Tafsir hadis dan saya kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dan saat S3 saya mendapatkan beasiswa dari pemerintah Turki untuk kuliah di Turki dengan beasiswa penuh. 

Saat mendapatkan beasiswa itu pun aku punya banyak kenalan dari teman-teman beasiswa. 

Saat s1 itu kenalan saya adalah teman-teman sesama beasiswa dengan jurusan yang sama, namun saat s3 itu saya punya banyak kenalan teman baru penerima beasiswa dengan jurusan dan jenjang yang berbeda.

Dan dari pengamalaman mendapatkan kedua beasiswa itu saya bisa menjawab pertanyaan apakah beasiswa hanya untuk orang pintar?

Jawabannya adalah tidak melulu beasiswa hanya untuk siswa pintar. Kenyataannya banyak mahasiswa penerima beasiswa yang menurutku kemampuannya biasa saja seperti mahasiswa pada umumnya.

Bahkan ada pula yang bermasalah dalam studi sehingga studinya terhambat karena memang kepribadiannya kurang baik, misalnya sering bolos atau tidak mengerjakan kewajiban tugas.

Lalu kenapa mereka bisa mendapatkan beasiswa kalau memang kemampuannya biasa saja?

Jawabannya karena mereka mendaftar beasiswa. Jadi sepintar apapun siswa kalau tidak mendaftar beasiswa maka mereka tidak akan mendapatkan beasiswa.

Kalau ada siswa dengan kemampuan biasa saja mendaftar beasiswa dan ternyata syaratnya semua terpenuhi, ya dia bakalan bisa mendapatkan beasiswa.

Jadi beasiswa itu tidak melulu hanya untuk orang pintar, yang terpenting adalah mau mendaftar beasiswa.

Jangan minder atau patah semangat dalam mendaftar beasiswa, karena beasiswa itu yang penting syaratnya terpenuhi maka kemungkinan besar beasiswa itu akan bisa diraih.

Oh ya, beasiswa itu tidak hanya untuk orang pintar karena memang ada juga beasiswa untuk siswa kurang mampu, jadi yang dilihat itu selain nilai juga karena kondisi keuangan keluarga juga.

Kalau beasiswa yang memang fokus untuk siswa pintar dalam arti punya prestasi, maka beasiswanya biasanya adalah beasiswa prestasi.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement