Apakah Kaki Cantengan Bisa Sembuh Sendiri?

Apakah Kaki Cantengan Bisa Sembuh Sendiri?

Bagi beberapa orang pasti pernah mengalami apa yang disebut dengan cantengan. Cantengan adalah keadaan di mana pada bagian bawah kuku kaki terdapat infeksi yang biasanya berisi nanah.

Letaknya pun berdempetan dengan kuku bagian pinggir yang mana selain sakitnya minta ampun juga kalau dibuat berjalan pastinya tergesek-gesek dengan kuku sehingga tambah sakit.

Penyebab cantengan yang jelas adalah karena ada kotoran dalam kuku yang terjebak dan tidak bisa dikeluarkan atau dibersihkan. 

Faktor paling utama sebenarnya adalah adanya kuku yang membesar dan menghimpit bagian daging pada jari.

Nah mungkin pembaca ada yang bertanya apakah cantengan itu bisa sembuh sendiri? Kali ini kangdidik.com akan membahasnya.

Apakah kaki cantengan bisa sembuh sendiri?

Bisa dibilang untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu melihat keadaan dari sakit cantengannya itu sendiri. 

Seberapa parah keadaan kaki yang terkena cantengan itu. Kalau cantengannya masih taraf ringan dalam arti infeksinya tidak terlalu besar maka bisa jadi cantengan itu sembuh sendiri.

Namun kebanyakan cantengan itu tidak bisa sembuh sendiri sampai kita memotong bagian kuku kaki yang menghimpit daging yang terkena infeksi atau nanah itu.

Kalau kita bisa memotong bagian kuku hingga luka infeksi terbuka maka kita pun dengan mudah bisa membersihkannya dan memberikan obat luka atau obat anti bakteri.

Karena luka infeksi yang terbuka itu akan lebih cepat sembuh ketika terkena udara dan bisa lebih cepat kering.

Tetapi masalahnya adalah rasa sakitnya itu kebanyakan bisa membuat kita kesakitan kalau memaksa memotong bagian kuku yang menekan daging kaki itu.

Jika pembaca yang kena cantengan kaki merasa kalau memang tidak bisa memotong dan membersihkan sendiri kuku kaki yang cantengan, maka sebaiknya datang ke puskesmas atau menemui dokter untuk mendapatkan perawatan yang baik.

Kalau tidak yakin mending ke puskesmas daripada di potong sendiri malah membuat infeksi tambah parah kan ya.

Biasanya kalau berhasil memotong kuku dan membersihkan bagian yang kotor dan berbau itu maka cantengan akan berangsur-angsur sembuh dan bisa dirasakan pada hari ketiga.

Kalau merasa tidak kuat dengan rasa sakit pembaca bisa mencoba meminum obat anti nyeri agar tidak terlalu merasakan sakit akibat infeksi cantengan.

Kaki Cantengan Karena Kuku Tumbuh Ke dalam

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam ( onikokriptosis ) merupakan penyebab kebanyakan infeksi cantengan.

Istilah kuku tumbuh ke dalam ini adalah kelainan kuku yang umum yang biasanya terlihat dan terjadi di kuku kaki. 

Penyakit ini adalah kondisi menyakitkan yang terjadi ketika kuku tumbuh ke dalam paronychium (bingkai kuku) atau bantalan kuku. 

Ketidaknyamanan yang dimulai sebagai infeksi mikroba, menyebabkan kuku tertanam di granuloma dan memerlukan operasi bedah pada tahap lanjut. 

Gejala kuku yang tumbuh ke dalam adalah nyeri yang dirasakan di sepanjang tepi kuku. 

Sepatu terasa sangat menyakitkan saat dipakai, dan kaki terasa sensitif di bawah tekanan apa pun, dan rasa sakit pun meningkat saat ada sesuatu yang bergesekan.

Kuku yang menancap itulah yang kemudian membuat daging jari terluka dan memunculkan infeksi nanah yang mana cara menyembuhkannya adalah dengan memotong kuku kaki itu.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement