Bolehkah Bayi Makan Yoghurt?

Bolehkah Bayi Makan Yoghurt?

Yoghurt Untuk Makanan Bayi atau Asupan Bayi MPASI

Sangat menyenangkan pasti rasanya ketika melihat bayi Anda sudah besar dan yang sebelumnya hanya boleh konsumsi ASI atau susu formula sekarang mulai ke konsumsi makanan padat.

Banyak sekali MPAsi yang bisa diberikan kepada bayi, dan salah satu makanan baru bagi bayi yang bermanfaat adalah yoghurt.

Jika Anda bertanya-tanya apakah bayi Anda bisa makan yoghurt? Apakah Yoghurt bisa digunakan sebagai MPAsi? 

Jawabannya adalah, kebanyakan ahli sepakat bahwa umur 6 bulan adalah usia yang baik untuk mulai makan makanan yang lembut dan enak bagi bayi. 

Usia 6 bulan ini adalah usia yang baik dan tepat karena memang pada waktu itu kebanyakan bayi mulai bisa makan makanan padat.

Setelah Anda memutuskan untuk mencoba memberi yogurt untuk bayi Anda, pertanyaan lainnya yang akan muncul adalah resep MPAsi yang bagus itu seperti apa?

Juga hal penting lainnya adalah kemungkinan reaksi alergi adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan juga.

Mengapa yoghurt baik untuk bayi?

Baik untuk bayi 6 bulan ke atas untuk makan yogurt karena bergizi dan bermanfaat. Yogurt juga bisa membuat perut — baik perut besar dan kecil — menjadi terasa enakan.

Ada tiga manfaat utama yoghurt. Yang pertama adalah bahwa yogurt adalah sumber protein yang cepat dicerna oleh tubuh.

Yang kedua adalah kandungan probiotiknya. Kandungan probiotik ini tidak akan berbahaya pada usus bahkan sebaliknya, membuat usus menjadi sehat. 

Sehingga dengan cara itu, yogurt mampu menyempurnakan sistem kekebalan yang melapisi usus dan dapat membantu tubuh kecil mulai mengenali bakteri ramah dan bakteri berbahaya.

Alasan ketiga adalah yogurt memiliki lebih sedikit laktosa daripada susu murni. Bayi masih menyimpan enzim untuk memecah laktosa, jadi itu tidak sepenting orang dewasa dengan intoleransi laktosa.

Alergi yoghurt Pada Bayi

Reaksi alergi terhadap yogurt terjadi ketika bayi memiliki alergi susu, kebanyakan hal ini terjadi jika yogurt dibuat dengan susu sapi.

Beberapa tanda-tanda alergi yogurt saat bayi mengonsumsinya adalah: ruam di sekitar mulut, gatal, muntah, diare, pembengkakan, bayi rewel.

Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, berhentilah memberi makan yogurt bayi Anda dan hubungi dokter.

Bahkan dengan gejala yang lebih ringan, seperti halnya kebanyakan makanan baru yang dimasukkan ke dalam makanan bayi, selalu yang terbaik adalah menunggu tiga hari setelah pemberian makan pertama untuk mencari tanda-tanda reaksi alergi.

Resep MPAsi Bayi Dengan Yogurt

Yogurt dapat disajikan dalam oatmeal bayi dan sereal beras. Hal ini dilakukan dengan mencampurnya dengan susu seperti yang biasa Anda lakukan untuk MPASI normal.

Yogurt juga bisa ditambahkan ke buah-buahan yang dihaluskan atau saus buah buatan sendiri untuk meningkatkan protein dan kalsium.

Di India, bayi dan anak-anak biasanya minum lassi, minuman yogurt yang dicampur dengan buah dan rempah-rempah seperti kapulaga atau air mawar.

Karin Knight dan Tina Ruggiero, penulis buku Makanan Bayi Buatan Rumah Terbaik di Bumi, merekomendasikan yogurt untuk bayi karena tinggi protein dan mengandung kalsium, potasium, vitamin B-12, dan magnesium. Knight adalah perawat terdaftar dan Ruggiero adalah ahli gizi terdaftar.

Resep puding yoghurt pisang

Salah satu resep yang disarankan pasangan ini adalah Yummy in My Tummy Banana Yogurt Pudding. Untuk membuatnya, tumis 2 hingga 4 sendok makan pisang dalam wajan dengan 1 sendok teh mentega. Tambahkan itu ke 2 sendok makan yogurt tawar. Blender adonan, dinginkan, lalu sajikan.

Resep yogurt alpukat kacang hitam

Hidangan lain yang perlu dipertimbangkan setelah bayi makan makanan campuran adalah kacang hitam dengan alpukat dan yogurt. 

Resepnya terdiri dari 1/4 cangkir kacang hitam, 1/4 alpukat, 1/4 cangkir yogurt tawar, dan 2 sendok teh minyak sayur. 

Campur semua bahan dalam blender atau food processor dan sajikan.

Setelah bayi berusia 1 tahun ke atas, suguhan dingin yang enak adalah yogurt Yunani polos beku atau beku yang dicampur atau diberi topping buah segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry, dan disajikan dalam kerucut wafel atau mangkuk wafel.

Kesimpulan tentang Bolehkah Bayi Makan Yoghurt?

Yogurt adalah camilan sehat untuk segala usia. Setelah bayi Anda cukup besar untuk mulai makan makanan padat, yogurt dapat dimasukkan ke dalam menu makanan mereka.

Jika Anda melihat bayi Anda menunjukkan tanda-tanda intoleransi laktosa atau reaksi alergi setelah makan yogurt, hubungi dokter anak Anda.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement