Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Bagaimana cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi? Kenapa bayi bisa mengalami hidung tersumbat? Langkah-langkah terbaik apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Kita akan mengulasnya satu persatu!


Hidung tersumbat adalah kondisi yang sangat umum pada bayi baru lahir. Hidung tersumbat terutama pada bayi dapat terjadi karena polusi udara, asap rokok, dll. 

Namun faktor yang juga banyak menyebabkan hidung bayi tersumbat adalah musim yang ekstrem bagi bayi, misalnya musim penghujan yang bisa jadi terlalu dingin bagi bayi.

Pilek dan hidung tersumba pada bayi ini juga bisa menjadi tanda-tanda flu pada bayi.

Sangat penting bagi parents untuk memastikan bahwa ruangan tempat bayi tinggal memiliki ventilasi yang cukup dan juga bersih dari debu, kotoran dan asap yang mengganggu.

Apa saja yang harus dilakukan untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi?

Salah satu kondisi yang paling umum ditemui pada bayi di musim-musim tertentu dengan hawa yang cukup dingin misalnya adalah hidung tersumbat. 

Saluran hidung, yang pada bayi lebih sempit daripada orang dewasa, lebih sensitif sehingga bisa dengan mudah mengalami penyumbatan.

Untuk mengatasi bayi yang hidungnya tersumbat karena pilek, parents bisa dengan mudah mengatasinya dengan menggunakan minyak telon bayi yang dicampur di air panas.

Panaskan air sebanyak satu mangkok kemudian teteskanlah beberapa tetes kemudian telungkupkan bayi dengan menengadahkan kepalanya ke bawah sehingga uap air dengan minyak telon itu bisa diserap oleh hidung bayi.

Lakukanlah selama berapa detik kemudian angkat bayi agar bisa menghirup udara segar. Lalu ulangi hingga beberapa kali.

Dengan cara ini maka hidung bayi yang tersumbat akan menjadi plong dan lega. Pada beberapa kasus biasanya pilek yang menggumpal di hidung bayi akan meleleh dan parents bisa membersihkannya dengang tisu bayi.

Cara Ampuh Lainnya Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Hidung tersumbat pada bayi memang merupakan keadaan yang tidak mengenakkan pada bayi, yang dampaknya juga ada pada orang tuanya.

Bayi yang mengalami kesulitan bernapas biasanya akan rewel terus-terusan serta membuat parents khawatir. 

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan memberikan semprotan hidung khusus bayi. 

Semprotan hidung adalah solusi yang sangat baik untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi.

Selain itu, membersihkan hidung bayi dengan garam dicampur air juga bisa akan melegakan hidung bayi.

Bayi dengan hidung tersumbat perlu sering disusui. Mandi air hangat, khususnya, dapat membantu mengeluarkan lendir pada saluran hidung bayi. 

Selain itu, terkadang solusi bedah perlu diterapkan pada kasus hidung tersumbat pada bayi, namun ini adalah kasus yang sangat jarang. 

Jika hidung bayi terus-menerus tersumbat maka anda perlu bertanya kepada dokter spesialis anak.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement