Makanan Untuk Pasien Covid Isolasi Mandiri Nutrisi Selama Terpapar Covid Agar Cepat Sembuh Dan Meningkatkan Imun

Makanan Untuk Pasien Covid Isolasi Mandiri Nutrisi Selama Terpapar Covid Agar Cepat Sembuh Dan Meningkatkan Imun

Penyakit virus corona (Covid-19), yang sudah ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, menjadi ancaman kesehatan masyarakat yang penting di negara kita. 

Meskipun tidak ada makanan yang dapat mencegah atau mengobati penularan virus corona sendiri namun menurut para pakar telah terbukti bahwa makanan dan nutrisi sehat dan seimbang, bersama dengan aktivitas fisik dan tidur teratur mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ketika nutrisi sehat dijaga dengan baik selama pandemi coronavirus, maka imun tubuh akan lebih kuat sehingga terjaga dari virus.

Juga kita pun akan cepat pulih saat menjadi pasien Covid isolasi mandiri dengan menjaga nutrisi makanan yang kita konsumi.

Gizi Cukup Sangat Penting dalam Selama Isoman, Isolasi mandiri atau Karantina

Saat seseorang terpapar Covid-19, maka langkah pertama yang dilakukan adalah adalah isolasi mandiri, di mana semua bentuk kontak fisik dengan orang lain harus diminimalkan.

Banyak organisasi kesehatan merekomendasikan agar setiap orang yang melakukan isoman atau isolasi mandiri hendaknya melakukan karantina selama dua minggu dengan obat pendukung dan makanan yang bergizi.

Sebaiknya bahan pangan yang akan dibeli memiliki kandungan gizi yang sebaik mungkin, dengan umur simpan yang lama dan tahan lama. 

Untuk melewati masa karantina atau isoman ini dengan mudah, sangat penting bagi pasien covid untuk memperhatikan gizi seimbang bahwa makanan yang akan dipilih kaya akan protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

Konsumsi Sayur dan Buah harus diutamakan

Untuk cepat pulih dari kondisi Covid, pasen covid dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah yang cukup setiap hari dan setiap kali makan. 

Menurut para pakar kesehatan, porsi makanan pasien covid yang ideal adalah seperempat piring terdiri dari sayuran, seperempat lainnya terdiri dari produk gandum atau karbohidrat, dan sisanya terdiri dari buah-buahan dalam tiga bagian yang sama, makanan berprotein tinggi ( kacang-kacangan, daging, telur, ikan, ayam) , biji minyak, dll.) dan produk susu (susu, yoghurt, buttermilk, keju, dll.)

Selain itu, dianjurkan untuk memastikan konsumsi air yang cukup dan menggunakan minyak zaitun jika memungkinkan dalam nutrisi sehari-hari.

Penyimpanan sayuran dan buah-buahan segar dalam jumlah yang sesuai untuk konsumsi juga diperlukan untuk memastikan kelangsungan pola makan yang sehat dalam kasus di mana seseorang tidak dapat meninggalkan rumah untuk waktu yang lama.

Namun kalau pasien covid punya kerabat atau orang yang bisa membantu membelanjakan kebutuhan pokok, maka sayur segar lebih baik daripada sayur yang disimpan di pendingin.

Pada dasarnya segala jenis sayuran dan buah buahan itu sangat baik untuk pasien covid isolasi mandiri. 

Anda bisa mengonsumsi beragam sayur dan buah seperti kembang kol, kubis, brokoli, lobak, wortel, kentang, apel, jeruk, jeruk bali, jeruk keprok, pisang, jambu dan lain sebagainya. 

Lebih baik lagi kalau anda sering mengonsumsi buah jeruk yang kaya akan vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh

Kacang-kacangan sangat Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Alternatif sumber protein lain yang sangat tahan lama dan bergizi adalah kacang-kacangan. Kacang Hijau, kacang merah, buncis, kacang tanah dll adalah makanan yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Kacang-kacangan biasanya perlu waktu memasak yang lama, sehingga anda bisa merebus dalam jumlah besar terlebih dahulu dan disimpan di dalam freezer sehingga dapat dimasak dengan cepat setelahnya.

Konsumsi Ikan Dua Kali Seminggu Itu Penting Bagi Pasien Covid Isoman

Ikan segar direkomendasikan untuk dikonsumsi pasien Covid Isoman setidaknya dua kali seminggu.

Berbagai jenis ikan, yang penting tidak membuat alergi itu sangat bagus untuk dikonsumsi.

Meskipun ikan mungkin mengandung lebih banyak lemak dibandingkan dengan daging merah dan unggas, namun ikan adalah salah satu makanan yang harus ditingkatkan konsumsinya karena umumnya ikan lebih mudah diserap tubuh daripada daging merah.

Perbanyak Konsumsi Protein Hewani

Telur dan susu merupakan makanan yang mengandung protein hewani berkualitas yang dapat memberikan nutrisi terbaik bagi tubuh. 

Agar antibodi tubuh kita, yang merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang penting terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit dapat menjalankan tugasnya, maka diperlukan asupan protein yang cukup setiap hari. 

Selain itu, mikroorganisme bermanfaat dalam produk seperti yogurt yang diperkaya probiotik juga dapat dikonsumsi oleh pasien covid selama periode karantina itu. 

Hal ini karena produk-produk yoghurt itu dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Makanan dan Minuman yang Harus Dibatasi Konsumsinya Bagi Pasien Covid Isolasi Mandiri

Makanan dan minuman yang harus dibatasi selama periode masa karantina ini antara lain adalah Makanan dan minuman bergula dan manis yang meningkatkan gula darah dengan cepat, kue kering termasuk roti tawar, produk daging olahan, makanan yang mengandung garam berlebihan (saus siap saji, produk asin seperti keripik, popcorn, kue asin, dll.). 

Hindari minuman beralkohol baik sedang menjadi pasien Covid maupun tidak karena kandungan alkohol dapat mempengaruhi penyerapan vitamin dan mineral secara negatif dan menyebabkan masalah tidur.

Selain itu, meskipun tidak ada bukti bahwa virus corona bisa ditularkan melalui makanan, namun pastikanlah kebersihan dalam proses persiapan makanan, terutama produk daging; 

Sangat penting sekali bahwa semua makanan yang dimasak harus mencapai suhu yang tinggi agar benar-benar matang.

Perhatikan Asupan Vitamin dan Mineral yang cukup setiap hari


Meskipun memberikan konsumsi vitamin dan mineral yang cukup dengan makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan biji minyak adalah cara yang bagus, namun sebenarnya itu belum cukup. 

Anda harus memperhatikan asupan vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari suplemen vitamin. 

Ada banyak sekali merek suplemen vitamin yang bisa didapatkan dari apotek untuk menunjang asupan vitamin dan mineral bagi pasien covid isolasi mandiri agar lebih cepat sembuh dari covid.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement