Apakah bawang putih antibiotik alami?

Apakah bawang putih antibiotik alami?

Apakah bawang putih antibiotik alami? Bawang putih adalah tanaman yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur dan dapat ditemukan hampir di seluruh belahan dunia.

Bawang putih selain sebagai bumbu, juga banyak digunakan untuk tujuan kesehatan tubuh. Lalu apakah bawang putih antibiotik alami? Apakah bawang putih mengandung antibiotik?

Apakah bawang putih antibiotik alami?

Para ahli menyebutkan bahwa bawang putih merupakan salah satu sumber antibiotik alami. Konsumsi bawang putih secar rutin akan mampu melindungi tubuh dari beberapa penyakit. 

Manusia sejak zaman dahulu telah menggunakan bawang putih selama berabad-abad untuk mencegah dan memerangi infeksi. Namun, penelitian tentang manfaat bawang ini baru diselidiki pada beberapa tahun terakhir. 

Penelitian itu pun berusaha untuk mengungap mengapa bawang putih memiliki begitu banyak sifat antibakteri, antijamur dan antivirus.

Penelitian telah mengungap bahwa bawang putih memiliki zat yang bersifat antibiotik alami. 

Allicin adalah senyawa terpenting yang ditemukan dalam bawang putih dan memiliki sifat antimikroba yang ampuh. 

Allicin ini adalah senyawa paling aktif yang memberikan sifat-sifat antimikroba dalam bawang putih. 

Allicin sangat efektif melawan bakteri sehingga membuat bawang putih menjadi obat utama untuk perawatan medis pada masa lampau. 

Bahan lain dalam bawang putih yang disebut ajoene dapat mengobati infeksi jamur yang banyak diderita orang di seluruh dunia. Ekstrak bawang putih juga dapat digunakan dalam pengobatan virus flu dan herpes dan dapat memberikan hasil yang positif.

Senyawa dalam bawang putih ini dapat menghancurkan bakteri dengan cara melawan atau menghalangi produksi enzim yang secara langsung bertanggung jawab atas berbagai fungsi vital bakteri seperti produksi energi dan pembentukan struktur sel. 

Tanpa adanya energi yang diperlukan, bakteri pun bisa mati dalam waktu singkat. Allicin juga dapat menghambat pembentukan biofilm, salah satu mekanisme pertahanan utama yang digunakan oleh bakteri dan jamur. 

Pembentukan biofilm membuat infeksi ini sangat sulit untuk diobati dan bawang putih dapat digunakan untuk menghambat pembentukan biofilm.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Kandungan antibiotik yang ada dalam bawang putih bisa membawa manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. 

Studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih melindungi terhadap kanker, menurunkan gula darah dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. 

Lantas, bagaimana cara terbaik mengonsumsi bawang putih? Apa manfaat rutin mengonsumsi bawang putih? Apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan?

1. Membantu Mencegah Kanker

Bawang putih adalah salah satu sumber antibiotik alami. Jika Anda rutin mengkonsumsi bawang putih mentah maka anda akan bisa mendapatkan manfaat yang bagus dari bawang putih itu.

Studi menunjukkan bahwa makan bawang putih membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di China, ditemukan bahwa mereka yang makan bawang putih mentah dua kali seminggu memiliki penurunan risiko terkena kanker hingga setengahnya.

2. Menurunkan gula darah

Dalam sebuah studi klinis, pasien yang menggunakan metformin dan ekstrak bawang putih memiliki kontrol glikemik yang lebih baik daripada mereka yang menggunakan metformin saja.

3. Membantu Melawan keracunan makanan

Para ilmuwan telah menentukan bahwa bawang putih 100 kali lebih efektif daripada antibiotik tradisional dalam melawan bakteri 'campylobacter jejuni', yang sering ditemui pada kasus keracunan makanan.

4. Mencegah Radang Sendi

Para peneliti mengatakan radang sendi pinggul lebih jarang terjadi pada wanita yang makan makanan tinggi sayuran allium (bawang, bawang putih, daun bawang). Senyawa yang ditemukan dalam sayuran ini mencegah kerusakan tulang rawan pada persendian.

Cara Mengonsumsi Bawang Putih Untuk Antibiotik Alami

Jika kita menyukai rasa bawang putih mentah, maka bawang putih mentah itu bisa dikonsumsi langsung dan hal ini dianggap sebagai cara terbaik untuk bisa mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal. 

Namun jika anda tidak suka terhadap rasa bawang putih mentah karena baunya yang tidak sedap dan rasanya yang menyengat, anda bisa memakannya dengan dibakar atau direbus.

Bawang putih juga bisa direbus dengan susu dan juga bisa dicampur dengan madu untuk meminimalisir rasanya yang sangat menyengat.

Menurut sebuah penelitian, disebutkan bahwa konsumsi bawang putih dengan susu bisa mengurangi efek bau mulut.

Itulah informasi tentang Apakah bawang putih antibiotik alami? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement