Apakah bebek bisa terbang?

Apakah bebek bisa terbang?

Apakah bebek bisa terbang? Bebek, yang juga disebut sebagai unggas air, adalah burung air yang banyak ditemukan hidup bebas di air tawar dan air laut. Selain hidup di alam bebas, beberapa jenis bebek sudah banyak dibudidayakan oleh para petani dengan diambil telur dan dagingnya.

Secara umum, bebek terbagi dalam tiga jenis berbeda, yaitu 1. Bebek perenang seperti Mallard atau Garganey, 2. Bebek menyelam seperti Pochard atau Scaup dan 3. Bebek laut seperti Velvet Scoter atau Merganser Berdada Merah.

Secara umum, bebek diketahui lebih banyak hidup dengan berenang di air, tetapi bisakah bebek terbang?

Apakah bebek bisa terbang?

Kebanyakan spesies bebek adalah penerbang yang sangat baik. Beberapa jenis bebek bisa terbang tinggi dengan jarak tempuh sangat jauh terutama saat bermigrasi. 
Sebagian Jenis Bebek Bisa Terbang

Meskipun beberapa jenis bebek memiliki kemampuan untuk terbang, beberapa spesies bebek tidak bisa terbang tinggi dalam jarak jauh. Misalnya, bebek Jawa atau biasanya disebut itik, yang biasanya diambil telurnya adalah bebek yang hampir tak bisa terbang.

Bebek lain misalnya jenis Falkland Steamerduck hampir tidak bisa terbang tinggi, hanya melakukan penerbangan jarak pendek di Kepulauan Falkland. 

Faktor-faktor yang berperan dalam ketidakmampuan bebek untuk terbang di antaranya adalah ukuran, berat, struktur sayap, kondisi, dan lingkungan mereka.

Bagaimana Cara bebek terbang?

Bebek pada umumnya memiliki sayap runcing melengkung, dan beberapa spesies bebek memiliki sayap yang relatif kecil dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. 

Bebek dapat melakukan perjalanan jarak jauh dengan terbang, khususnya, selama migrasi. Untuk menjaga tubuh mereka di udara, bebek harus mengepakkan hampir terus menerus.

Mayoritas bebek yang bermigrasi memiliki otot sayap yang kuat. Dengan bulu terbang utama yang panjang (memberikan daya dorong saat mengepak) dan bulu terbang sekunder yang lebih pendek (memberikan daya angkat saat meluncur), semuanya membantu bebek untuk terbang dengan baik. 

Selama musim pergantian bulu, bebek akan kehilangan bulu terbangnya. Pada masa ini beberapa spesies bebek tidak dapat terbang selama tiga hingga empat minggu.

Di antara jenis bebek yang tidak bisa terbang adalah Bebek Pelari India, Bebek Pekin
Bebek Rouen dan Bebek Cayuga.

Mengapa bebek terbang?

Habitat yang disukai bebek kebanyakan sama seperti burung air lainnya. Habitat bebek adalah seperti sungai, kolam, danau, laut lepas, rawa-rawa air tawar, dan teluk. 

Jika bebek suka tinggal di air, lalu mengapa bebek meninggalkan habitatnya dan terbang ke tempat lain atau bermigrasi?

Bebek ditemukan hampir di setiap benua di dunia, kecuali di Antartika. Karena bebek tidak dapat bertahan hidup pada suhu beku, banyak spesies yang bermigrasi meninggalkan habitat biasanya. 

Mereka menavigasi untuk menghabiskan musim dingin di iklim yang lebih hangat di mana persediaan makanan berlimpah, dan airnya yang tidak membeku.

Beberapa spesies bermigrasi ke tempat berkembang biak mereka. Misalnya, bebek Mallard dalam pasangan kawinnya bermigrasi ke bagian utara untuk membangun sarangnya. 

Burung jantan umumnya akan meninggalkan area berkembang biak untuk bergabung dengan jantan lain di tempat berganti bulu setelah betina bertelur.

Seberapa tinggi bebek bisa terbang?

Selama migrasi, bebek biasanya akan terbang pada ketinggian yang jauh lebih tinggi untuk menghindari kepanasan dan dehidrasi. 

Ketinggian hingga 22.000 kaki selama migrasi bisa dicapai oleh bebek untuk spesies tertentu termasuk mallard dan shelduck kemerahan. 

Kebanyakan burung akan terbang di bawah ketinggian 500 kaki untuk menghemat energi dan menghindari bahaya, termasuk predator seperti elang.

Sebuah dokumentasi menunjukkan bahwa sebuah pesawat jet yang terbang di atas Nevada menabrak Mallard di ketinggian 21.000 kaki. Oleh karena itu, catatan seperti ini menegaskan bahwa beberapa spesies dapat mencapai ketinggian yang luar biasa.

Bebek Mallard (Anas platyrhynchos) adalah penerbang kuat yang umumnya terbang di bawah 10.000 kaki tetapi, selama migrasi, akan terbang di ketinggian antara 200 hingga 4.000 kaki.

Ruddy Shelducks ( Tadorna ferruginea) adalah penerbang yang baik, memiliki kepakan sayap yang kuat dan terbang pada ketinggian lebih dari 17.000 kaki. 

Namun, para peneliti telah menemukan bahwa mereka dapat mencapai ketinggian hingga 22.000 kaki (6.800 meter) selama migrasi.

Seberapa cepat bebek bisa terbang?

Kebanyakan bebek dapat mencapai sekitar 40 sampai 60 mil per jam, dengan kecepatan rata-rata sekitar 50 mil per jam. Salah satu spesies bebek tercepat adalah Eider yang bisa mencapai kecepatan 60 mil per jam. 

Merganser Berdada Merah memegang rekor bebek tercepat yang terbang dengan kecepatan 100 mil per jam dan, jika dilihat dari perspektif, mengalahkan hewan darat tercepat di dunia, Cheetah yang dapat mencapai kecepatan hingga 70 mil per jam.

Seberapa jauh bebek Bisa Terbang Untuk bermigrasi?

Burung bermigrasi untuk melarikan diri dari tempat-tempat ketika menjadi terlalu dingin untuk mereka atau makanan tidak lagi berlimpah. 

Jarak yang ditempuh selama migrasi tidak sama untuk semua itik. Beberapa melakukan perjalanan sejauh ribuan mil, sementara yang lain mungkin melakukan penerbangan santai dengan menempuh jarak sekitar 100 mil.

Terbang Mallard dapat menempuh jarak yang sangat jauh selama migrasi, dan catatan menunjukkan mereka terbang tanpa henti sejauh 800 mil selama delapan jam.

Catatan menunjukkan Pintail Utara menyelesaikan perjalanan 3.000 kilometer (1.864 mil) tanpa henti saat bermigrasi.

Apakah bebek terbang di malam hari?

Sebagian besar migrasi unggas air terjadi pada malam hari, dengan gerakan yang meningkat tidak lama setelah matahari terbenam, memuncak pada tengah malam, dan turun setelah itu. 

Secara keseluruhan, banyak spesies lebih aktif di malam hari. Mereka lebih suka mencari makanan dalam kegelapan, yang dapat disebabkan oleh perubahan kondisi habitat dan menghindari pemangsa.

Apakah bebek terbang dalam Kelompik formasi?

Sekawanan bebek biasanya terbang dalam formasi bentuk V selama migrasi. Burung-burung dapat menghemat energi dan dengan sedikit usaha saat terbang dalam formasi.

Pemimpin mengepalai kelompok, dengan masing-masing burung terbang sedikit di atas burung di depan. 

Saat terbang dalam formasi ini, pengaturan waktu kepakan sayap sangat penting. Saat setiap burung mengepak, udara yang berputar-putar keluar dari ujung sayapnya, dan udara bergerak ke atas yang dihasilkan membantu setiap burung menghemat energi dan memanfaatkan tumpangan gratis. 

Burung-burung bergiliran memimpin kelompok, karena ini membantu untuk mengurangi kelelahan.

Pada awal musim bersarang, bebek dapat terbang dalam apa yang dikenal sebagai 'penerbangan tiga burung'. Biasanya, ini adalah pasangan mapan yang ditemani oleh seekor itik jantan yang sedang mencari pasangan wanita.

Previous Post Next Post

Advertisement