Apakah bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh?

Apakah bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh?

Apakah bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh? Bawang putih banyak digunakan sebagai pelezat makanan karena termasuk bumbu dapur. Namun lebih dari itu, bawang putih sejak lama telah digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Lalu apa manfaat bawang putih bagi tubuh? Apakah bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh?

Apakah bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh?

Bawang putih merupakan tanaman bumbu sekaligus tanaman obat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih telah digunakan sebagai obat penting untuk kesehatan manusia selama berabad-abad. 

Bawang putih memiliki efek antioksidan yang kuat berkat "allicin" yang dikandungnya. Dengan demikian, bawang putih mampu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah pembentukan banyak penyakit (sumber).

Sejumlah penelitian modern mengkonfirmasi bahwa bawang putih memiliki sifat antibiotik yang efektif melawan bakteri, jamur, dan virus. Selain itu, aktivitas antimikroba pada bawang putih disebut muncul karena keberadaan beberapa senyawa bioaktif dalam bawang putih.

Beragam Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan segala kultur di belahan bumi manapun yang tak tergantikan. Bawang putih pasti ada di hampir semua resep masakan dunia, mulai dari sup hingga hidangan daging dan sayuran. 

Selain bermanfaat untuk bumbu, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Dalam tulisan ini kita akan mempelajari tentang manfaat bawang putih, cara menghilangkan baunya, dan cara mengonsumsinya dengan cara yang paling sehat.

Bawang putih Dapat Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selama berabad-abad, bawang putih telah digunakan untuk tujuan pengobatan karena efek penyembuhannya, melawan infeksi dan sifat penyembuhan luka. Studi mengkonfirmasi bahwa bawang putih juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 146 subjek, terungkap bahwa mereka yang mengonsumsi bawang putih secara teratur selama 12 minggu selama musim dingin terkena flu lebih sedikit dan pulih lebih cepat dari infeksi. 

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa bawang putih membantu sel-sel sistem kekebalan untuk berkembang biak. 

Dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur selama 90 hari, maka dimungkinkan untuk mengembangkan pertahanan terhadap pilek dan flu, mengatasi penyakit-penyakit tersebut dengan lebih mudah dan mempercepat proses penyembuhan.

Bawang putih Ampuh melindungi kesehatan jantung

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih sangat penting untuk kesehatan jantung. Bawang putih, yang menyeimbangkan kolesterol dengan menurunkan tekanan darah, mencegah pengerasan pembuluh darah, memperkuat nilai darah melawan peradangan. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih mengurangi risiko serangan jantung dengan memperlambat kalsifikasi kardiovaskular. Ini juga mengurangi tingkat stroke yang berhubungan dengan jantung. 

Diketahui bahwa penderita kolesterol tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dengan mengkonsumsi bawang putih. 

Terutama pada orang di atas 50 tahun, bawang putih memiliki tingkat peningkatan 8% dalam pengobatan kolesterol. Hal ini juga dinyatakan dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 38%.

Bawang putih Menetralisir tekanan darah tinggi

Hingga 25% orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi. Fakta bahwa penyakit yang dianggap tidak terlalu penting ini menyebabkan kematian jutaan orang setiap tahun, merupakan indikator terpenting yang harus ditanggapi dengan serius. 

Terbukti jika bawang putih dikonsumsi secara rutin pada pasien yang terdiagnosis hipertensi, penyakit tersebut dapat dikendalikan dengan lebih mudah. Bawang putih membantu menurunkan tekanan darah. 

Disarankan agar penderita hipertensi mengkonsumsi bawang putih secara teratur untuk mengurangi nilai kolesterol yang berhubungan dengan penyakit ini dan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih melindungi Tubuh dari kanker

Diketahui bahwa bawang putih, bawang merah dan daun bawang, yang merupakan tanaman milik keluarga allium, mengurangi risiko kanker.

Bawang putih sangat efektif melawan berbagai jenis kanker, terutama kanker perut, laring, prostat, dan usus besar. Nutrisi dalam bawang putih juga membantu membunuh sel kanker. Hal ini pun mampu mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker.

Bawang putih bermanfaat untuk kesehatan otak

Bawang putih memiliki manfaat penting dalam fungsi utama otak seperti belajar dan memori. Ini mencegah sistem kerja kognitif otak hilang dan melindungi sel-sel otak.

Manfaat lain dari bawang putih adalah untuk melindungi dari gangguan mental dengan mencegah kerusakan jaringan saraf. Salah satu penyakit tersebut adalah Alzheimer.

Bawang putih mendukung usus

Bawang putih, yang memiliki sifat prebiotik, memastikan proliferasi bakteri baik di usus. Ini mendukung sel-sel yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan mood. 

Ini meningkatkan jumlah bakteri yang meningkatkan kekebalan dengan menyediakan koordinasi yang efektif dari sistem kekebalan dan usus.

Bawang putih menjaga kesehatan tulang

Semua sayuran yang termasuk dalam keluarga allium bersifat protektif terhadap osteoartritis. Bawang putih juga mendukung untuk melindungi kesehatan massa tulang, terutama di usia lanjut. 

Para ilmuwan percaya bahwa senyawa alami bawang putih memastikan pelestarian tulang rawan artikular dan struktur tulang.

Bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsi bawang putih?

Cara terbaik untuk mengkonsumsi bawang putih adalah dengan membeli sayurannya sendiri. Para ahli tidak merekomendasikan mengonsumsi suplemen berbahan dasar bawang putih tanpa pengawasan dokter. 

Kandungan dalam suplemen ini yang menggunakan ekstrak bawang putih dapat berinteraksi dengan obat yang Anda gunakan dan memicu munculnya efek samping yang tidak diinginkan. Hal ini pun dapat menyebabkan kegelisahan, pusing, insomnia dan pendarahan.

Yang terbaik adalah mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk alami. Untuk meningkatkan efeknya, potong bawang putih di tengah dengan pisau dan biarkan pada suhu kamar. 

Para ahli menyatakan bahwa enzim dalam bawang putih diaktifkan selama masa tunggu ini, sehingga meningkatkan nilai gizinya.

Anda dapat menambahkan minyak zaitun ke bawang putih, yang telah menunggu pada suhu kamar selama 10 menit, dan Anda dapat menyiapkan bumbu dengan rempah-rempah yang Anda inginkan.

Cara mengatasi bau bawang putih

Ada banyak orang yang menjauhi bawang putih karena baunya yang tertinggal di mulut. Tetapi solusi sederhana seperti permen karet peppermint dapat menghilangkan bau ini. 

Anda juga bisa mengurangi efek belerang pada bawang putih dengan mengonsumsi apel atau selada setelah bawang putih.

Apa itu bawang putih hitam?

Bawang putih hitam, yang diperoleh dari penyimpanan bawang putih melalui proses fermentasi khusus selama berbulan-bulan pada suhu tinggi, diproduksi tanpa bahan tambahan apa pun. 

Meskipun warnanya kehitaman, rasanya menjadi lebih manis dan tidak terlalu menyengat.

Bawang putih hitam, yang mengandung antioksidan dua kali lebih banyak dari bawang putih mentah, tidak menyebabkan bau mulut.

Itulah informasi seputar Apakah bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement