Apakah bebek termasuk burung?

Apakah bebek termasuk burung?

Apakah bebek termasuk burung? Bebek termasuk hewan yang banyak tinggal di air dan pada beberapa tempat bebek akan melakukan migrasi.

Ada beberapa pertanyaan seputar bebek ini, misalnya adalah Apakah bebek termasuk burung? Apakah bebek termasuk dalam kategori burung?

Apakah bebek termasuk burung?

Bebek adalah termasuk burung air yang memiliki habitat di tempat berair seperti danau, laut dan sungai.

Ada beberapa ciri khas yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah seekor hewan itu adaah burung atau bukan. Seekor burung harus memiliki karakteristik berikut:
  • Memiliki bulu pada bagian tubuhnya
  • Burung memiliki tulang punggung. Burung adalah jenis vertebrata.
  • Semua burung berdarah panas. Burung dapat mengatur suhu tubuh mereka.
  • Burung betina mampu bertelur. Anak burung berkembang di dalam telur.
  • Burung memiliki sayap, tetapi tidak semua burung menggunakannya untuk terbang. Penguin dan burung unta adalah contoh burung yang tidak bisa terbang.
Bebek adalah termasuk jenis burung. Bebek juga disebut 'Unggas Air' karena biasanya ditemukan di tempat-tempat yang memiliki air seperti kolam, danau dan sungai. Bebek berkerabat dengan Angsa. 

Bebek terkadang disalahartikan dengan beberapa jenis burung air yang tidak berkerabat dengan bentuk serupa, seperti loon (burung air yang ditemukan di banyak bagian Amerika Utara dan Eropa utara) atau grebes (burung penyelam air tawar) dan coot (burung air berukuran sedang yang anggota keluarga Rail Bird).

Ciri-ciri Bebek

Bebek lebih kecil dari kerabatnya yaitu angsa. Bebek juga memiliki leher dan sayap yang lebih pendek serta tubuh yang kekar.

Bebek betina dikenali dari bulunya yang sangat kusam dan berwarna coklat. Betina memiliki bulu berwarna coklat kusam sehingga dapat bersembunyi dari musuh dan pemangsa. 

Bebek juga dapat menyamarkan diri di sarang mereka dan juga melindungi anak-anak mereka.

Bebek jantan diketahui dari bulunya yang berwarna cerah. Bebek jantan menggunakan bulu berwarna ini untuk menarik bebek betina untuk kawin. 

Bebek jantan pada beberapa jenis ada yang berwarna indah dengan bulu ungu, warna kepala hijau mengkilap, tubuh putih keperakan dan sayap abu-abu dengan tanda biru. Sedangkan bebek betina biasanya memiliki warna kepala dan tubuh yang sama.

Bebek menggunakan bulu berwarna-warni untuk menarik perhatian betina. Namun, bebek jantan akan kehilangan atau meranggas bulunya yang berwarna-warni ketika betina sibuk menetaskan telur. 

Bebek jantan akan terlihat seperti betina dalam warna dan tidak akan bisa terbang untuk sementara. Bebek a akan berganti bulu lagi di awal Musim Gugur dan mendapatkan kembali bulunya yang berwarna-warni dan dapat terbang lagi. 

Bebek betina juga akan meranggas atau mengalami rontok bulu. Bebek betina mengganti semua bulu mereka dan mendapatkan yang baru setelah anak itik mereka menetas.

Bebek memiliki kaki berselaput, yang dirancang untuk berenang. Kaki berselaput bebek berguna seperti dayung untuk bebek. 

Bebek bisa berenang di air dingin karena memiliki sistem peredaran darahnya yang luar biasa. Pembuluh darah mereka terletak sangat dekat satu sama lain di kaki dan kaki mereka dalam jaringan yang memungkinkan darah hangat dan dingin bertukar panas. 

Hal ini memungkinkan darah hangat yang mengalir dari tubuh ke kaki untuk menghangatkan darah yang lebih dingin yang masuk kembali ke tubuh dari kaki, dan darah yang mengalir ke kaki cukup dingin sehingga dinginnya tidak mengganggu bebek. 

Dengan demikian kaki bebek dapat tahan terhadap suhu dingin dan tidak suhu dingin tak akan mengganggunya. Semua burung memiliki sistem peredaran darah ini di kaki-kakinya.

Bebek merupakan burung yang memiliki bulu yang tahan air. Ada kelenjar khusus yang disebut 'Preen Gland' di dekat ekor bebek. Kelenjar kecil ini menghasilkan minyak yang digunakan bebek untuk melapisi bulunya.

Bebek mengambil minyak dengan kepala dan paruhnya, lalu mengoleskannya ke seluruh tubuhnya untuk membuat bulu luarnya kedap air. 

Tanpa penghalang pelindung ini, bulu bebek akan tergenang air dan karena mereka menghabiskan seluruh hidup mereka di sekitar dan di dalam air, penghalang tahan air ini sangat penting. 

Di bawah mantel tahan air terdapat bulu halus dan lembut yang membuat bebek tetap hangat.

Mulut bebek disebut paruh. Biasanya paruh bebek berukuran lebar dan datar dan memiliki deretan takik halus di sepanjang tepi yang disebut 'lamellae'. Lamel membantu bebek untuk mencengkeram makanannya agar tidak terlepas.

Paruh bebek ada dalam berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan jenis bebek itu. Bentuk paruh dan tubuh menentukan bagaimana bebek akan berburu makanannya.

Perilaku Bebek

Bebek biasa melakukan sesuatu pada tubuhnya untuk menjaga kebersihan. Bebek melakukan ini dengan meletakkan kepala mereka dalam posisi tertentu dan memasukkan paruh mereka ke dalam tubuh mereka. 

Bebek sering membersihkan tubuhnya untuk menghilangkan parasit, menghilangkan sisik yang menutupi bulu yang baru tumbuh dan juga menghilangkan minyak yang menyebar di atas bulu bersih.

Habitat Bebek

Bebek pada jenis tertentu ada yang bisa terbang, namun pada jenis lain ada yang tidak bisa terbang. 

Banyak spesies bebek untuk sementara tidak bisa terbang saat berganti kulit. Bebek mencari habitat yang dilindungi dengan persediaan makanan yang baik selama periode ini. Mereka biasanya mabung sebelum bermigrasi.

Bebek ditemukan di lahan basah, rawa-rawa, kolam, sungai, danau, dan lautan. Hal ini karena bebek merupakan burung air yang sangat menyukai air. 

Beberapa spesies bebek bermigrasi atau melakukan perjalanan jarak jauh setiap tahun untuk berkembang biak. 

Bebek biasanya melakukan perjalanan ke daerah yang lebih hangat atau di mana air tidak membeku sehingga mereka dapat beristirahat dan membesarkan anak-anaknya. 

Jaraknya mungkin ribuan mil jauhnya. Bebek ditemukan di mana-mana di dunia kecuali Antartika yang terlalu dingin untuk mereka.

Periode Umur Bebek

Bebek dapat hidup dari 2 – 20 tahun, tergantung pada spesies dan apakah mereka bebek liar atau bebek di penangkaran. Fakta bahwa bebek liar bisa hidup 20 tahun atau lebih. 

Bebek domestik biasanya hidup 10 – 15 tahun di penangkaran. Rekor dunia adalah Drake Mallard yang hidup sampai usia matang 27 tahun.

Kebiasaan Makan Bebek

Bebek memiliki paruh lebar yang memungkinkan digunakan untuk menyaring makanannya untuk serangga, dan biji dari lumpur.

Bebek memiliki kemampuan menyelam dan bebek laut bisa mencari makanan jauh di bawah permukaan air. 

Untuk dapat menyelam dengan lebih mudah, bebek selam lebih berat daripada bebek jenis lain dan karena itu lebih sulit untuk terbang. 

Bebek ini memiliki paruh yang panjang dan sempit. Paruhnya yang sempit juga ditutupi tepi seperti gergaji yang membantu mereka menangkap ikan.

Bebek juga bisa mencari makan di permukaan air atau di darat, atau sedalam yang bisa mereka capai dengan naik tanpa tenggelam sepenuhnya. 

Cara Bebek Berkembang Biak

Bebek biasanya mencari pasangan atau pasangan di musim dingin. Bebek jantan akan menarik perhatian bebek betina dengan bulu atau bulunya yang berwarna-warni. 

Bebek betina kemudian akan membawa bebek jantan ke tempat berkembang biak mereka di musim semi. 

Tempat bertelur biasanya akan menjadi tempat penetasan bebek betina. Bebek betina membangun sarangnya dengan rumput atau alang-alang atau bahkan di lubang di pohon.

Bebek jantan akan menjaga wilayahnya dengan mengusir pasangan lain. Setelah betina bertelur 5 – 12 butir, ia akan duduk di atas telurnya agar tetap hangat sehingga dapat menetas menjadi anak itik. Bebek jantan di sisi lain, akan bersama bebek jantan lainnya.

Telur-telur tersebut akan menetas secara normal dalam waktu 28 hari, kecuali bebek Muscovy yang membutuhkan waktu sekitar 35 hari untuk menetas. 

Induk itik akan menjaga anak-anak itiknya bersama-sama untuk melindungi mereka dari pemangsa. 

Hewan seperti rakun, kura-kura, elang, ikan besar dan ular adalah predator utama itik dan mereka akan memakan anak itik. Itik mampu terbang dalam waktu 5 – 8 minggu. Bulu mereka berkembang sangat cepat.

Ketika anak bebek siap terbang, semua bebek akan berkumpul dalam kawanan di danau besar, rawa-rawa atau laut untuk bermigrasi ke rumah musim dingin mereka. 

Ketika bebek terbang, mereka biasanya melakukannya dalam 'berbentuk V' atau garis panjang.

Itulah informasi tentang Apakah bebek termasuk burung? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement