Apakah kunyit bisa menurunkan berat badan?

Apakah kunyit bisa menurunkan berat badan?

Apakah kunyit bisa menurunkan berat badan? Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berfungsi sebagai bumbu dan ramuan obat. 

Ramuan kunyit ini telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia, terutama dalam oleh masyarakat Asia. 

Kunyit telah dikenal sangat bermanfaat untuk mengatasi banyak penyakit. Beragam masalah seperti gangguan depresi dan pilek bisa dikurangi dan dicegah dengan konsumsi kunyit.

Lalu apakah kunyit bisa digunakan untuk ramuan penurun berat badan? Apakah kunyit bisa menurunkan berat badan? Apa resep ramuan kunyit yang baik untuk penurun berat badan?

Apakah kunyit bisa menurunkan berat badan?

Kunyit merupakan tanaman bumbu dan obat yang bisa digunakan untuk ramuan untuk menurunkan badan secara alami. Kandungan zat dalam kunyit disebut-sebut efektif untuk program diet penurun berat badan.

Kunyit mengandung senyawa bioaktif yang disebut kurkuminoid, yang paling aktif adalah kurkumin. Curcumin adalah polifenol yang memberi warna kuning cerah pada kunyit.

Menurut penelitian, kurkumin dapat membantu mengelola berbagai kondisi peradangan, sindrom metabolik, radang sendi, kecemasan, dan hiperlipidemia. 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kurkumin juga dapat membantu penurunan berat badan. 

Kunyit Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi kunyit meningkatkan penurunan berat badan karena senyawa kurkumin di dalamnya. 

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kurkumin dapat membatasi penambahan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Ketika tubuh sensitif terhadap insulin, ia dapat dengan mudah menggunakan glukosa sebagai energi untuk fungsi tubuh dan menyimpannya sebagai glikogen di otot dan hati kita untuk digunakan nanti (sumber).

Sebuah laporan tentang 'Curcumin and Obesity' yang diterbitkan pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa polifenol pada kunyit mampu menekan peradangan kronis pada jaringan adiposa tubuh. 

Masalah peradangan kronis ini biasanya ditemukan pada orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. 

Artinya polifenol kunyit selain membantu menurunkan berat badan juga bisa mengatasi gangguan yang muncul karena kelebihan berat badan.

Bagaimana Kinerja Kunyit Dalam Menurunkan Berat Badan?

Tubuh manusia mendapatkan kebutuhan kalorinya dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kalori membuat tubuh bekerja secara teratur namun ada juga simpanan kalori yang ada di dalam tubuh. 

Lalu bagaimana kunyit bisa membantu menurunkan berat badan ini? 

Peran kunyit dalam penurunan berat badan adalah untuk membakar kalori. Dengan kata lain, dengan memungkinkan sistem pencernaan bekerja lebih cepat, maka konsumsi kalori akan meningkat.

Pelepasan kalori inilah yang bisa membuat tubuh mengalami penurunan berat badan.

Dengan konsumsi kunyit, tubuh akan mulai menghabiskan lebih banyak kalori daripada yang dibakar. 

Tubuh yang menghabiskan rata-rata 2000 ribu kalori, meningkat menjadi 2.500 karena zat yang dikandung oleh kunyit (sumber). 

Ramuan Kunyit Untuk Menurunkan Berat Badan

Brikut ini adalah ramuan kunyit yang bisa digunakan untuk program penurunan berat badan:

1. Kunyit dan Lada Hitam

Campuran lada hitam dan kunyit disebut-sebut merupakan ramuan yang ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

Piperine, bahan aktif dalam lada hitam, dapat meningkatkan penyerapan kurkumin hampir 2.000 persen dan bila digabungkan dapat membantu penurunan berat badan. 

Sebuah penelitian pada hewan tahun 2015 menemukan bahwa kombinasi kurkumin dan piperin dapat meningkatkan kehilangan lemak tubuh dan menekan tanda-tanda peradangan yang disebabkan oleh diet tinggi lemak. 

Itu sebabnya kunyit dan lada hitam bisa menjadi kombinasi yang baik untuk menurunkan berat badan.

Sementara penelitian menunjukkan hasil yang menjanjikan yang menghubungkan kurkumin atau kunyit dengan berat badan, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk sepenuhnya memahami efek penurunan berat badan. 

Curcumin juga dapat membantu meningkatkan nyeri otot terkait olahraga, sehingga meningkatkan kinerja atletik.

Anda bisa mencampurkan kunyit dan lada hitam ke dalam air panas dicampur madu dan diminum setiap hari.

2. Kunyit dan Susu

Di beberapa wilayah seperti India, kunyit dicampur dengan susu dan menjadi minuman khas. Minuman kunyit dan susu ini bermanfaat untuk tubuh salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Kunyit yang ditambahkan ke dalam susu hangat juga dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman panas sebagai obat rumah untuk pilek. 

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat membuat susu kunyit ini untuk menurunkan berat badan. Poin-poin ini adalah:

Hindari menambahkan terlalu banyak pemanis, seperti gula atau madu, ke dalam susu kunyit, karena semua pemanis ini memiliki indeks glikemik yang tinggi dan menyebabkan lonjakan gula.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, lebih baik menggunakan susu skim daripada susu murni. Anda juga dapat mengencerkan minuman dengan air untuk mengurangi jumlah kalori.

Anda dapat mencoba mengonsumsi susu dengan mencampurkan kunyit dengan lada hitam dan jahe yang dihancurkan, karena keduanya memiliki efek termogenik yang tinggi pada tubuh. 

3. Kunyit dan Yogurt

Campuran kunyit dan yogurt juga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan yang diinginkan. Campuran kunyit, yogurt dan jahe dapat membantu dalam penurunan berat badan dengan sehat dan cepat.

Yoghurt merupakan pengatur dan pemercepat pencernaan begitu pula jahe pun bisa membuat pencernaan lebih cepat. 

Menggabungkan ketiga campuran ini bisa membuat pelangsingan cepat dan membantunya menjadi sehat. 

Cara mnembuat ramuan ini adalah dengan mencampur bubuk kunyit dan jahe ke dalam yogurt dan mengonsumsinya setiap hari. 

Itulah informasi seputar Apakah kunyit bisa menurunkan berat badan? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement