Apakah makan alpukat bisa bikin gemuk?

Apakah makan alpukat bisa bikin gemuk?

Apakah makan alpukat bisa bikin gemuk? Alpukat merupakan salah satu buah lezat yang banyak digemari oleh masyarakat. Teksturnya yang lembut membuat buah ini sangat nikmat jika dibuat jus atau campuran makanan lainnya.

Jika alpukat banyak digemari, lalu apakah makan alpukat bikin tambah berat badan? apakah makan alpukat bisa bikin gemuk? Apakah makan alpukat bisa bikin gendut?

Apakah makan alpukat bisa bikin gemuk

Seorang ahli diet berkebangsaan Turki, Asena Ebru Hair menjelaskan bahwa 1 buah alpukat besar setara dengan 200 gram dan mengandung sekitar 322 kalori. Makan alpukat dalam jumlah yang teratur dan ideal dengan program nutrisi yang sesuai bisa memudahkan proses penurunan berat badan. 

Namun, jika tidak dikonsumsi dengan benar, makan buah alpukat dapat menyebabkan penambahan berat badan. Alpukat termasuk buah yang banyak manfaat sehingga sangat bagus jika dikonsumsi dengan rutin dalam jumlah yang cukup (sumber).

Alpukat banyak digunakan untuk menambah rasa ekstra pada makanan seperti salad. Pasta alpukat juga dikonsumsi oleh banyak orang terutama mereka yang melakukan program diet. 

Sebagai sumber protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang kuat, alpukat adalah makanan ramah kesehatan yang juga mengandung lemak tak jenuh tunggal. Alpukat yang mengandung Omega 6, asam lemak dan omega 9, berfungsi sebagai pelindung terhadap penyakit jantung. 

Setengah dari alpukat berukuran sedang mengandung hampir 12 g lemak dan 130 kalori. Dengan demikian, 1 alpukat besar mengandung energi pada tingkat 350-400 kkal. Tingkat ini hampir sesuai dengan seperempat dari kebutuhan kalori harian Anda, sehingga Anda perlu mengkonsumsinya dengan hati-hati.

Jadi jika anda mengonsumsi alpukat dengan batas kebutuhan secara rutin, anda akan mendapatkan manfaat kesehatan bahkan bisa menurunkan berat badan. Namun jika makan alpukat berlebih, hal itu bisa bikin gemuk dan bertambah berat badan.

Manfaat Makan Alpukat

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika mengonsumsi alpukat sesuai dengan kebutuhan. Di antara manfaat itu adalah:

Gula darah Anda tetap seimbang

Seperti yang Anda ketahui, gula adalah sejenis racun yang memperpendek umur seseorang, menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan menyebabkan kenaikan berat badan. Pada titik ini, alpukat memberikan bantuan. 

Karena satu buah alpukat ukuran sedang hanya mengandung 2 gram gula. Jika kita memikirkannya, ini adalah jumlah yang jauh lebih kecil daripada yang dikandung oleh semua buah lainnya. 

Fitur alpukat ini juga menjaga keseimbangan gula darah. Jika kita menempatkan kalimat dari sudut lain, menjaga gula darah Anda seimbang juga mencegah Anda dari serangan kelaparan di waktu yang tidak terduga. Dan itu bagus untuk siapa saja yang mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan, bukan?

Tetap kenyang untuk waktu yang lama

Manfaat lain dari alpukat bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan adalah memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Bagaimana ini terjadi? Sebuah alpukat mengandung 322 kalori dengan perhitungan rata-rata. 

Lebih dari setengahnya berasal dari asam lemak tak jenuh yang sehat, yaitu asam oleat. Ini adalah fitur yang membantu menurunkan berat badan. 

Karena memungkinkan Anda untuk tetap kenyang dalam waktu yang lama setelah makan yang Anda makan. Terutama saat Anda mengonsumsi setengah buah alpukat untuk sarapan; Anda akan menemukan bahwa Anda tidak perlu ngemil untuk waktu yang lama.

Melindungi kesehatan jantung

Dengan mengkonsumsi alpukat secara teratur, Anda juga akan melindungi kesehatan jantung Anda. Menurut hasil penelitian medis, alpukat mengurangi kolesterol jahat dalam darah. 

Ini adalah salah satu masalah kesehatan terpenting yang dihadapi oleh orang gemuk. Ini mencegah tidak hanya kolesterol, tetapi juga trigliserida dan tekanan darah tinggi, yang menyebabkan penyakit jantung. 

Kesehatan jantung yang bebas masalah juga memudahkan Anda berdua untuk menjalani kualitas hidup yang lebih baik dan menjaga keseimbangan berat badan Anda.

Anda mengkonsumsi banyak serat

Alpukat adalah buah dengan banyak serat. Berkat fitur ini, ia mengatur sistem pencernaan. Ini membantu untuk memecahkan masalah seperti sembelit dan kemalasan usus. Pada titik ini, kita kembali ke "rasa kenyang". 

Berkat serat yang dikandungnya, alpukat membuat Anda merasa kenyang dan perasaan ini bertahan lama. Jika kita ingin menurunkan berat badan atau tetap bugar, apalagi!

Melindungi dari kanker

Tentu saja, Anda juga perlu memperhatikan detail lain tentang hidup Anda dan apa yang Anda makan dan minum. 

Tetapi dengan mengonsumsi alpukat, Anda mengurangi risiko kanker dan menciptakan perisai alami. 

Alpukat Kaya vitamin dan mineral

Sekarang mari kita ke mana semua manfaat kesehatan dari alpukat ini berasal. Alpukat secara harfiah adalah gudang vitamin dan mineral. Ini mengandung lemak sehat serta vitamin B5, B6, C, E dan K. 

Alpukat memiliki manfaat lain sebagai berikut: Alpukat mengandung lebih banyak potasium daripada pisang, yang dikenal sebagai "penyimpanan potasium". Tetapi jika Anda berpikir sebanyak itu, Anda salah. Karena alpukat juga mengandung magnesium, mangan, besi dan seng.

Berapa banyak alpukat yang harus Dikonsumsi?

Berapa banyak dan seberapa sering Anda harus mengonsumsi alpukat? Tentu saja, kita tidak akan selalu memilih untuk mengonsumsi alpukat dengan mengabaikan makanan lain dari asupan makanan kita. 

Kita pun harus makan-makanan yang beragam dengan gizi seimbang agar bisa mendapatkan manfaat dari berbagai makanan itu.

Seperti halnya makanan apa pun, mengonsumsi alpukat terlalu banyak bisa lebih berbahaya daripada manfaatnya. Oleh karena itu, perlu berhati-hati saat mengonsumsi alpukat.

Misalnya, Anda bisa mengonsumsi setengah buah alpukat setiap hari. Ingatlah bahwa karena alpukat adalah buah dengan kandungan lemak tinggi, Anda harus memperhatikan jumlah lemak yang Anda gunakan dalam makanan lain saat mengonsumsinya.

Itulah informasi tentang Apakah makan alpukat bisa bikin gemuk? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement