Apakah makan malam bikin gemuk?

Apakah makan malam bikin gemuk?

Apakah makan malam bikin gemuk? Makan adalah kebutuhan pokok manusia, namun pola makan dan waktu makan yang salah bisa menjadi hal yang berbahaya bagi tubuh dan bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Kebanyakan orang memilih untuk menyantap makanan pada malam hari dan tak sedikit pula orang yang gemar makan cemilan pada malam hari. Lalu apakah makan malam bisa menambah berat badan? apakah makan malam bikin gemuk?

Apakah makan malam bikin gemuk?

Jika anda menanyakan Apakah makan malam bikin gemuk? Maka jawaban berdasarkan beberapa sumber adalah makan malam bisa jadi bikin gemuk atau bisa menambah berat badan. 

Para ahli mengatakan bahwa metabolisme melambat di malam hari dan saat tidur, dan oleh karena itu, jika sesuatu dimakan sebelum tidur, kalori yang tidak terpakai akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Penumpukan lemak ini pun kemudian membuat tubuh menjadi gemuk dan tubuh pun bertambah berat badannya. Hal ini berbeda jika makan di siang hari atau waktu aktif karena makanan yang dikonsumsi bisa menjadi kalori yang terpakai pada aktifitas di siang hari.

Meskipun demikian, beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa makan malam sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur dan memicu penurunan berat badan saat tidur (sumber).

Makan Malam Tidak Bikin Gemuk

Ada juga yang menyebutkan bahwa makan malam tidak bikin gemuk. Hal ini dikarenakan gemuk atau tidaknya seseorang itu tergantung pada konsumsi kalori. 

Jika konsumsi kalori melebihi kebutuhan maka bisa menjadi gemuk. Sebaliknya jika konsumsi kalori cukup sesuai dengan kebutuhan, maka seseorang bisa tetap menjaga berat badan.

Jika total kalori yang Anda konsumsi dalam sehari lebih dari yang Anda butuhkan, Anda akan bisa mengalami penambahan berat badan. Baik seseorang makan di malam hari atau di siang hari, jika tetap dalam batas kebutuhan kalori maka ia akan tetap bisa menjaga berat badan.

Namun apabila ia makan makanan dengan jumlah kalori berlebih dari kebutuhan, baik siang hari atau malam hari tetap ia akan mengalami penambahan berat badan. 

Jadi meskipun anda makan malam tapi tetap pada porsi kalori yang dibutuhkan tubuh, maka makan malam pun tak akan menambah berat badan.

Meskipun demikian, makanan yang Anda makan sebelum tidur dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan.

Efek Negatif Makan Malam

Ada yang menjelaskan bahwa makan di malam hari dapat menyebabkan penyakit refluks. Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah masalah umum yang mempengaruhi 20-48% populasi dunia. Penyakit ini berkaitan dengan asam lambung yang kembali naik ke tenggorokan.

Penyakit ini muncul dengan gejala seperti mulas, kesulitan menelan, pembengkakan di tenggorokan, dan serangan asma yang memburuk di malam hari. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, Anda harus berhenti makan di malam hari .

Makan sebelum tidur memperburuk gejala karena ketika Anda pergi tidur dengan perut kenyang, asam lambung lebih mudah keluar.

Jika Anda mengalami refluks, Anda harus berhenti makan setidaknya tiga jam sebelum tidur. Selain itu, minuman panas seperti teh, kopi, cokelat, dan makanan pedas memperburuk refluks.

Makan di malam hari meningkatkan kemungkinan Anda mengalami refluks bahkan jika Anda tidak memilikinya.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement