Apakah naik pesawat boleh bawa korek api?

Apakah naik pesawat boleh bawa korek api?

Apakah naik pesawat boleh bawa korek api? Mungkin karena kebutuhan tertentu atau mungkin anda adalah seorang perokok maka anda perlu untuk membawa korek pada saat naik pesawat. 

Namun mungkin anda akan bertanya-tanya, bolehkah bawa korek api saat naik pesawat? Apakah naik pesawat boleh bawa korek api?

Apakah naik pesawat boleh bawa korek api?

Berdasarkan informasi yang berhasil kangdidik.com himpun juga berdasarkan pengalaman pribadi pada saat naik pesawat bersama teman-teman, naik pesawat dengan membawa korek api itu diperbolehkan. 

Anda bisa membawa korek api bersama di bagasi kabin. Di beberapa bandara menyediakan ruang merokok yang artinya penumpang ada yang membawa korek api saat naik pesawat.

Menurut beberapa informasi, seseorang bisa membawa satu korek api dalam bagasi kabin namun tidak boleh dalam bagasi check in (sumber).

Namun perlu anda ingat, beberapa maskapai penerbangan mungkin menerapkan peraturan yang berbeda-beda. Jadi mungkin saja satu maskapai atau bandara memperbolehkan namun bandara lain tidak memperbolehkan. 

Jadi untuk info paling valid, silahkan tanyakan pada maskapai tempat anda memesan pelayanan perjalanan naik pesawat.

Apa Saja Barang yang tidak boleh di bawa naik Pesawat?

Ada beberapa aturan yang ditetapkan bagi penumpang untuk memiliki perjalanan yang aman di perjalanan pesawat. Aturan ini bervariasi sesuai dengan aturan internasional dan perusahaan pesawat. 

Berikut ini adalah beberapa barang yang dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat terutama bagasi kabin:

1. Membawa Cairan dalam Bagasi Kabin

Boleh saja membawa cairan dalam bagasi kabin namun ada aturannya. Untuk membawa cairan dalam bagasi kabin, Anda harus mematuhi aturan berikut:
  • Cairan yang akan Anda bawa ke dalam bagasi kabin harus disimpan dalam wadah yang masing-masing tidak melebihi 100 ml.
  • Cairan disimpan dalam kantong transparan dan ziplock dengan volume maksimal 1 liter dan ukuran 20 x 20 cm.
Anda bisa saja dilarang membawa cairan dalam Bagasi Kabin apabila ada pada situasi berikut:
  • Pengemasan yang dibuat tidak tepat
  • Ada kemungkinan kerusakan selama transportasi
  • Jika dianggap menimbulkan bahaya bagi orang atau properti
  • Berat dan dimensi tidak sesuai dengan kerangka aturan transportasi

2. Benda tajam dan benda tajam

Beragam jenis benda tajam dilarang di bawa dalam bagasi kabin dan mungkin bisa dimasukkan dalam bagasi check in. Di antara barang-baran ini adalah seperti Gunting, Pisau Bedah, Pisau, Pisau Cukur, Jarum dan Jarum Suntik.

3. Peledak dan senjata

Di antara barang yang dilarang dibawa dalam bagasi kabin adalah bahan peledak, barang yang mudah terbakar atau meledak dan senjata. 

Mungkin saja ada izin khusus membawa senjata pada kasus tertentu dan ini harus anda tanyakan kepada maskapi terkait.

4. Perangkat penetralisir

Pistol kejut, perangkat kejut listrik, semprotan merica, gas air mata, senjata listrik, semprotan pengusir hewan, semprotan asam, dan perangkat apa pun yang digunakan untuk menyetrum hewan dilarang dibawa bersama orang atau di bagasi kabin.

5. Alat dan perlengkapan kerja

Linggis, perkakas listrik portabel tanpa kabel, bor, gergaji, senjata solder, pisau atau perkakas tangan nasional dilarang untuk dibawa sendiri atau di tas jinjing.

6. Alat Tidak Tajam Namun Bisa Berbahaya

Alat dan perlengkapan yang tidak tajam tetapi dapat digunakan untuk melukai dilarang untik dibawa dalam bagasi kabin. 

Pemukul bisbol, tongkat golf, tongkat yang terbuat dari plastik, baja atau kayu, rolling pin, peralatan olahraga tempur tidak dapat dibawa sendiri atau di tas jinjing. 

7. Barang berbahaya lainnya

Perangkat seperti gas pemantik api, gas butana, pemantik api biru, merkuri dan baterai basah, mesin pembakaran, pelarut cat dan pernis, es kering, baterai lithium juga tidak diperbolehkan di dalam pesawat.

Itulah informasi tentang Apakah naik pesawat boleh bawa korek api? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement