Apakah bawang putih termasuk rempah?

Apakah bawang putih termasuk rempah?

Apakah bawang putih termasuk rempah? Bawang putih merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk bumbu dan obat. Sejak kuno masyarakat dunia telah menggunakan bawang putih untuk bumbu dan mengawetkan makanan.

Lalu jenis apakah tanaman bawang putih itu? apakah bawang putih termasuk rempah? Untuk apa saja penggunaan bawang putih oleh masyarakat?

Apakah bawang putih termasuk rempah?

Untuk menjawab apakah bawng putih termasuk rempah, maka kita perlu membahas pengertian dari rempah itu terlebih dahulu. 

Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering (sumber).

Berdasarkan pengertian rempah di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa bawang putih termasuk rempah karena bawang putih merupakan tumbuhan beraroma dan berasa kuat serta digunakan dalam jumlah kecil pada makanan sebagai pengawet atau perasa.

Selain itu, bawang putih sejak zaman dahulu sudah digunakan sebagai obat dan bumbu sayuran yang beraroma.

Fungsi Bawang Putih Sebagai Rempah

Selain sebagai bumbu, bawang putih sebagai tanaman rempah telah digunakan oleh masyarakat zaman dahulu untuk pengawet makanan. Pada awal tahun 1500, ketika belum adanya teknologi lemari es untuk mengawetkan makanan, di beberapa negara seperti Yunani, mereka menggunakan bawang putih untuk mencegah kebusukan pada makanan.

Hal yang sama juga terjadi di India di mana orang-orang menggunakan jahe, bawang putih, kunyit dan cengkih untuk mengawetkan daging dan ikan.

Rempah bawang putih juga digunakan sejak masa Mesir Kuno. Proses mumifikasi pada mesir kuno juga menggunakan rempah-rempah seperti kayu manis srilangka, bawah putih, dan jinten sarui.

Itulah informasi tentang Apakah bawang putih termasuk rempah? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement