Bolehkah makan hati ayam saat hamil?

Bolehkah makan hati ayam saat hamil?

Bolehkah makan hati ayam saat hamil? Hati ayam merupakan salah satu makanan yang bisa menjadi hidangan lezat dan tentu saja bisa menjadi idaman bagi beberapa orang.

Termasuk perempuan yang hamil, bisa jadi mereka mengidam ingin sekali makan hati ayam. Namun apakah boleh saat hamil makan hati ayam? Bolehkah makan hati ayam saat hamil? 

Bolehkah makan hati ayam saat hamil?

Menurut para pakar, makan hati ayam saat hamil itu diperbolehkan dengan jumlah yang cukup dan tak terlalu banyak dan tak terlalu sering. 

Mereka menyarankan bahwa hati ayam bisa dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam satu bulan selama kehamilan. 

Kandungan protein dan zat besi yang tinggi dalam hati ayam juga bisa menjadi asupan gizi positif bagi ibu dan bayi dalam kandungan selama kehamilan.

Makan Hati Ayam Saat Hamil

Diketahui bahwa hati termasuk hati ayam pada umumnya memiliki kandungan protein dan zat besi yang kaya. Makan hati termasuk hati ayam setiap hari memang tidak baik untuk kesehatan. 

Namun, menurut para ahli, hati yang dikonsumsi sebulan sekali tidak memiliki efek yang buruk bagi tubuh selama kehamilan. 

Spesialis Ginekologi dan Kebidanan berkebangsaan Turki, Prof. Dr. Bülent Traş menjelaskan bahwa hati pada umumnya merupakan makanan sehat yang kaya akan vitamin, mineral dan protein, tetapi juga mengandung vitamin A atau retinol dalam jumlah tinggi. 

Vitamin A preformed ditemukan dalam produk hewani seperti telur, susu, dan hati. Sejumlah besar jenis vitamin A ini dalam makanan dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi yang sedang berkembang, terutama pada bulan-bulan pertama kehamilan.

Jenis vitamin A lainnya disebut karotenoid provitamin A yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. 

Tidak ada batasan jumlah karotenoid yang dapat dikonsumsi ibu hamil, jadi tidak perlu khawatir jika ibu hamil mendapatkan terlalu banyak vitamin A dari buah dan sayuran.

Berapa Jumlah hati yang bisa dimakan selama kehamilan?

Tidak ada salahnya memakan hati saat memasak. Namun, konsumsi hati tidak boleh berlebihan. Yang terbaik adalah berhenti makan makanan ini selama trimester pertama kehamilan karena mereka dapat memiliki efek langsung pada janin Anda, Anda mungkin makan beberapa porsi selama trimester kedua, tapi ingat ada juga batas asupan yang disarankan.

Perhatian khusus harus diberikan pada nutrisi dalam 3 bulan pertama kehamilan. Hati mengandung banyak vitamin A. Karena alasan ini, konsumsi hati selama kehamilan mungkin bukan pilihan yang bagus. 

Konsumsi hati tidak dianjurkan setelah 3 bulan pertama. Konsumsi vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan cacat lahir (sumber). Cacat dapat berupa mutasi dan bahkan mengarah pada perkembangan sel kanker.

Itulah informasi tentang Bolehkah makan hati ayam saat hamil? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement