Bolehkah Makan Es Saat Haid? Bolehkah Minum Es Saat Haid?

Bolehkah Makan Es Saat Haid? Bolehkah Minum Es Saat Haid?

Bolehkah makan es saat haid? Es merupakan minuman yang sangat segar dan cocok dinikmati pada saat hawa panas. Banyak orang memilih es tertentu seperti es buah untuk menyegarkan tubuh dan mendinginkan badan.

Namun pada saat perempuan haid, apakah boleh mengonsumsi es? bolehkah makan es saat haid?

Bolehkah Makan Es Saat Haid? Bolehkah Minum Es Saat Haid?

Menurut beragam sumber yang berhasil kangdidik.com himpun, makan es saat haid itu tidak mengapa. Bahkan jenis es seperti es krim termasuk asupan yang bagus untuk mengatasi nyeri hadi saat menstruasi (sumber). 

Es merupakan salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi pada saat hawa panas. Es dan termasuk eskrim yang sesuai dengan kandugannya seperti buah-buahan dan susu bisa menambah suplai kalsium, fosfor dan vitamin yang dikandungnya. 

Spesialis Nutrisi dan Diet berkebangsaan Turki, Cansu Alpaslan juga menyebutkan bahwa es krim termasuk baik bagi sistem kekebalan tubuh. Cansu menjelaskan bahwaarena es krim  mengandung kalsium tinggi karena diolah dari susu, es krim juga baik untuk nyeri haid (menstruasi).

Jadi apakah boleh makan es saat haid? Secara umum aman dan boleh makan es saat haid termasuk eskrim. Tentu saja es yang terbaik adalah apabila dibuat dari bahan-bahan bernutrisi seperti susu, madu dan buah-buahan.

Es Jus Asupan Baik Saat Haid

Es jus buah-buahan termasuk asupan yang sangat baik saat haid. Berikut ini adalah beberapa manfaat es jus sebagai asupan makanan saat haid:

1. Melawan Peradangan

Ketika kadar prostaglandin terlalu tinggi saat haid maka hal ini bisa menyebabkan peradangan. Namun hal ini dapat diminimalisir dengan jus atau smoothie.

Jus yang efektif untuk meminimalisir peradangan adalah jus blueberry dan bayam karena keduanya sangat tinggi antioksidan yang bagus untuk melawan peradangan).

Anda juga bisa membuat jus yang bagus dari bayam dan pisang karena magnesium dari bayam dan potasium dari pisang merupakan dua mineral yang sangat efektif untuk menurunkan rasa sakit.

2. Membantu Detoksifikasi

Karena racun berkontribusi signifikan terhadap peradangan dan ketidakseimbangan hormon selama haid maka penting untuk konsumsi makanan detoksifikasi untuk bisa menghilangkan kram.

Detoksifikasi juga bisa berarti kita berusaha untuk menjaga kesehatan organ seperti hati dan usus besar.

Sayuran hijau adalah cara terbaik untuk mendukung organ-organ tersebut bekerja dengan baik dan itulah mengapa salah satu jus terbaik adalah dengan menggunakan campuran bayam.

Bayam mengandung banyak serat yang menjaga usus besar tetap sehat dan memfasilitasi pembuangan.

Cara lain untuk meningkatkan detoksifikasi adalah dengan buah beri. Blueberry merupakan buah yang mengandung antosianin (sejenis antioksidan) yang melindungi hati dan membuatnya berfungsi optimal.

3. Jus Mudah Diserap Tubuh

Memilih asupan es jus dibandingkan dengan jenis es lain adalah karena es jus mudah diserap oleh tubuh. 

Karena jus atau smoothies dicampur dan dalam bentuk cair, smoothie sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hal ini berarti Anda dapat menikmati efek positif dari jus lebih cepat.

Itulah informasi tentang Bolehkah Makan Es Saat Haid? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement