Bolehkah makan telur setengah matang setiap hari?

Bolehkah makan telur setengah matang setiap hari?

bolehkah makan telur setengah matang setiap hari? Bisa dibilang telur setengah matang memiliki rasa yang lebih nikmat dan bertekstur lebih lembut. Banyak orang memilih untuk menikmati telur dengan cara dimasak setengah matang.

Namun apakah boleh makan telur setengah matang setiap hari? bolehkah makan telur setengah matang setiap hari?

Bolehkah makan telur setengah matang setiap hari

Dari beberapa sumber yang berhasil kangdidik.com rangkum, makan telur setengah matang setiap hari tidak disarankan. Hal ini karena menurut beberapa pakar makan telur setengah matang bisa menyebabkan penyakit seperti diare karena bakteri Salmonella yang mungkin ada di kuning telur.

Telur yang dimasak kurang matang bisa menyebabkan bakteri ini masih hidup dan bisa mengontaminasi tubuh meskipun tak semua telur ada bakteri Salmonellanya. Namun sulit untuk mengetahui mana telur yang ada bakterinya dan mana yang tidak sehingga memasak telur sampai matang bisa menjadi pilihan utama (sumber).

Namun telur setengah matang tak serta merta buruk untuk dikonsumsi. Ada yang menyebutkan bahwa telur yang dimasak tidak sampai matang bisa lebih bermanfaat karena protein telur yang terjaga.

Metode memasak yang lebih pendek dan panas rendah menyebabkan oksidasi kolesterol lebih sedikit dan membantu mempertahankan sebagian besar nutrisi telur. Untuk alasan ini, telur rebus yang masih lunak mungkin adalah telur yang paling sehat untuk dimakan. 

Metode memasak ini juga tidak menyebabkan bertambahnya kalori yang tidak diperlukan pada telur.

Jadi intinya, apakah boleh makan telur setengah matang setiap hari? Jawabannya adalah makan telur setengah matang bisa jadi pilihan baik namun mungkin tidak untuk konsumsi setiap hari.

Manfaat Telur Setengah Matang

Beberapa menyebutkan bahwa telur setengah matang memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Di antaranya adalah (sumber):
  1. Memperkuat struktur otot orang yang rutin berolahraga.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh berkat zat pemberi energi tinggi yang dikandungnya.
  3. Telur setengah matang bisa mencegah kelelahan dan cepat lapar.
  4. Membersihkan bakteri dan virus yang datang dengan nutrisi lain dalam tubuh.
  5. Sumber zat besi yang kaya. 
  6. Minyak telur rebus rendah menurunkan kolesterol jahat.
  7. Memperkuat kekebalan dan mencegah pembentukan sel karsinogenik.
  8. Mencegah bintik kuning pada mata agar tidak rusak. Ini mencegah pembentukan katarak dengan melindungi cairan di mata.
  9. Mengandung nutrisi yang sangat diperlukan untuk daftar diet.
Telur setengah matang baik untuk kesehatan karena kuningnya tidak terlalu matang. Beberapa orang lebih suka mengonsumsi kuning telur mentah karena memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. 

Namun penting bahwa telur setidaknya direbus setengah atau sedang untuk mengurangi risiko keracunan makanan atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Setengah matang?

Telur setengah matang membuat putih telur tetap matang sedangkan kuning telur hanya matang sebagian yang memiliki struktur berair. Lebih penting lagi, telur ini tidak direkomendasikan untuk orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Telur setengah matang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, anak-anak atau orang tua dengan sistem kekebalan tubuh yang rentan. Telur setengah matang sehat untuk orang dengan kesehatan yang kuat (sumber).

Itulah informasi tentang Bolehkah makan telur setengah matang setiap hari? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement