Bolehkah Makan Yogurt Setiap Hari? Apa Manfaat Makan Yogurt Setiap Hari?

Bolehkah Makan Yogurt Setiap Hari? Apa Manfaat Makan Yogurt Setiap Hari?

Bolehkah makan yogurt setiap hari? Yogurt merupakan salah satu olahan susu yang dikenal sehat dan bernutrisi tinggi. 

Meskipun demikian bolehkah makan yogurt setiap hari? Apa saja manfaat makan yogurt setiap hari?

Bolehkah makan yogurt setiap hari?

Jika anda menanyakan bolehkah makan yogurt setiap hari? Maka jawabannya adalah boleh saja anda makan yogurt setiap hari. Makan yogurt setiap hari bisa memberi manfaat yang bagus kepada tubuh. 

Yogurt mengandung protein tinggi, bakteri menguntungkan dan jumlah kalsium yang baik. Dengan ditemukannya probiotik pada abad ke-20, yogurt menempati urutan pertama dalam peringkat makanan sehat.

Pertama-tama, yogurt dikenal dengan kandungan probiotiknya. Probiotik adalah kultur hidup bakteri yang disebut 'bakteri baik'. Mereka meningkatkan flora usus, yang mempengaruhi kekebalan dan kesehatan secara keseluruhan.

Probiotik berlimpah dalam yogurt. Ini adalah salah satu alasan utama popularitas yogurt. Selain probiotik, yogurt mengandung banyak vitamin dan elemen pelacak seperti kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, vitamin B5 dan B12 .

Beragam Manfaat Makan Yogurt Setiap Hari

Menurut para pakar, yoghurt membantu mengobati masalah pencernaan seperti intoleransi laktosa, gangguan pencernaan kronis, sembelit, diare, kanker usus besar, radang usus dan infeksi Helicobacter pylori. 

Bakteri menguntungkan yang ditemukan dalam yogurt meningkatkan keasaman sistem pencernaan. Ini membantu mencegah banyak masalah jauh sebelum terjadi.

Selain probiotik, yogurt dapat menawarkan banyak manfaat berbeda. Berikut 8 alasan untuk makan yogurt setiap hari:

1. Membantu menurunkan berat badan

Orang yang rutin mengonsumsi yogurt selama diet menurunkan berat badan lebih cepat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Tennessee (AS), ditemukan bahwa orang yang makan sekitar 500 gram yogurt sehari dalam diet mereka kehilangan 22 persen lebih banyak berat badan dan 81 persen lebih banyak lemak perut daripada kelompok normal.

Seperti yang dijelaskan oleh penulis penelitian, lemak perut menghasilkan hormon kortisol dan memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan lebih banyak lemak. 

Ketika Anda rutin mengonsumsi yogurt, kalsium diserap oleh tubuh Anda, yang menyebabkan produksi kortisol lebih sedikit dan memudahkan Anda menurunkan berat badan. Juga, asam amino yang ditemukan dalam yogurt membantu membakar lemak.

2. Baik untuk tulang dan sendi

Nutrisi sangat penting dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis. Berkat kombinasi kalsium dan vitamin D, yogurt adalah salah satu makanan utama yang direkomendasikan untuk pencegahan osteoporosis.

3. Memperbaiki kondisi pembuluh darah

Ilmuwan Spanyol melakukan studi dua tahun pada 5.000 peserta dan menyimpulkan bahwa ada hubungan antara konsumsi rutin produk susu dan normalisasi tekanan darah tinggi. Di antara peserta yang mengonsumsi produk susu 2-3 kali sehari, risiko hipertensi berkurang hingga 50 persen.

4. Membersihkan tubuh dari kelebihan garam

Setiap hari, 70 persen orang mengonsumsi garam dua kali lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi ini menyebabkan tekanan darah tinggi dari waktu ke waktu dan juga menyebabkan timbulnya penyakit jantung dan ginjal. 

Kalium yang ditemukan dalam yogurt (sekitar 600 mg per 225 gram sajian) membantu menghilangkan kelebihan garam dari tubuh.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian di University of Vienna menunjukkan bahwa wanita yang makan setidaknya 110 gram yogurt sehari mengalami peningkatan jumlah sel T yang melawan pilek dan infeksi. 

Mengkonsumsi yogurt bahkan dapat membantu penderita alergi yang memiliki kadar sel T tertentu yang rendah. Sebuah studi oleh Journal of Nutrition menemukan bahwa penderita alergi yang rutin makan yogurt memiliki gejala yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak makan yogurt.

6. Baik untuk gigi dan gusi

Meskipun yogurt mengandung gula, namun tidak merusak email gigi dan tidak menyebabkan kerusakan gigi. 

Dalam sebuah penelitian di Universitas Marmara, sebuah penelitian dilakukan pada yoghurt rendah lemak dengan aditif buah alami, dan terungkap bahwa produk susu fermentasi ini tidak merusak email gigi. 

Juga, asam laktat yang ditemukan dalam yogurt memiliki efek yang baik pada kesehatan gusi. Orang yang rutin mengonsumsi yogurt memiliki risiko 60 persen lebih rendah terkena penyakit periodontal dibandingkan mereka yang tidak.

7. Sumber vitamin B12 untuk vegetarian

Yogurt mengandung vitamin B12, yang memiliki efek terbaik pada sirkulasi darah dan sistem saraf. Sumber utama vitamin B12 berasal dari produk hewani seperti daging dan ikan, sehingga yoghurt merupakan alternatif yang bagus untuk vegetarian. 

Satu porsi 225 gram yogurt mengandung 1,4 mikrogram vitamin B12, yang merupakan 60 persen dari kebutuhan harian orang dewasa.

8. Yogurt adalah cemilan terbaik setelah berolahraga.

Yogurt mengandung rasio protein-terhadap-karbohidrat yang unik, menjadikannya makanan pasca-latihan yang ideal. 

Waktu terbaik untuk ngemil adalah 60 menit setelah berolahraga. Protein dalam yogurt memberi otot asam amino yang dibutuhkan untuk pemulihan pasca-latihan, sementara karbohidrat membantu memulihkan energi yang dihabiskan.

Itulah informasi tentang Bolehkah Makan Yogurt Setiap Hari? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement