Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa surah al-Fatihah disebut Ummul Qur'an?

Mengapa surah al-Fatihah disebut Ummul Qur’an? Al-Qur’an merupakan kitab terakhir yang diturunkan kepada umat manusia sebagai petunjuk bagi mereka kepada jalan yang lurus. Al-Qur’an terdiri dari berbagai surah yang jumlahnya ada 112 surah.

Surah-surah al-Quran itu terkadang memiliki beberapa nama sebagai sebutannya. Misalnya saja surah al-Quran disebut sebagai Ummul Quran, Ummul Kitab dan Sab’ul Matsani.

Mengapa surah al-Fatihah disebut Ummul Qur’an?

Selain disebut dengan nama al-Fatihah, surah al-Fatihah memiliki nama lain yang juga populer yaitu Ummul Qur’an dan Ummul Kitab. Adapun ummul Quran أمّ القرءان itu artinya adalah induk Al-Quran.

Sedangkan Ummul Kitab أمّ الكتاب itu berarti induk Al-Kitab. Kitab disini artinya adalah al-Quran karena nama lain dari al-Quran adalah al-Kitab. Lalu kenapa surah al-Fatihah disebut Ummul Qur’an? Apa alasan dibalik penamaan al-Fatihah sebagai Ummul Qur’an?

Adapun alasan mengapa al-Quran itu dinamakan sebagai Ummul Qur’an  atau induk Al-Quran adalah karena al-Fatihah adalah induk dari semua pokok dalam Al-Quran. Al-Fatihah memuat semua arti-arti yang dikandung dalam al-Quran.

Nama Ummul Quran ini juga sesuai dengan penamaan yang dilakukan oleh orang Arab, bahwa segala hal yang mengumpulkan sesuatu itu disebut engan Umm (induk). Karena al-Fatihah mengandung semua makna al-Quran inilah al-Fatihah disebut sebagai Ummul Quran atau Induknya Quran.

Surah al-Fatihah dengan nama Ummul Quran ini sebagaimana yang ada dalam hadis Rasulullah Saw. berikut:

لا صَلاةَ لِمَن لَمْ يَقْتَرِئْ بأُمِّ القُرْآنِ

Tidak sah shalatnya orang yang tidak membaca Ummul Quran (al-Fatihah). (Muslim: 394).

Ada yang mengatakan bahwa Al-Fatihah disebut dengan Ummul Quran karena al-Fatihah itu adalah permulaan surah al-Quran. Al-Fatihah adalah asal dan permulaan, sehingga disebut dengan Ummul Quran.

Al-Fatihah juga dinamai dengan As Sab’ul matsaany (tujuh yang berulang-ulang/السبع المثاني) karena jumlah ayatnya yang tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam salat.