Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu alergen pada Yogurt? Apa itu Alergi Yogurt?

Apa itu alergen pada Yogurt?

Alergen pada yogurt adanya yogurt yang bisa menyebabkan reaksi alergi pada tubuh jika dikonsumsi.

Hal ini berarti tubuh memiliki penyakit alergi terhadap yogurt dengan munculnya beberapa reaksi tertentu.

Alergi yogurt pada dasarnya adalah alergi tubuh terhadap susu. Hal ini karena produksi yogurt ini berasal dari susu yang diproses dengan cara melakukan fermentasi pada susu.

Hal inilah yang menjadikan para ahli mengkategorikan alergi yogurt sama dengan alergi susu. Alergi susu adalah salah satu alergi makanan yang paling umum pada anak kecil.

Apa itu Alergi Yogurt atau Susu?

Alergi yogurt adalah adanya reaksi tubuh terhadap alergi yogurt. Alergi yogurt itu sama dengan alergi susu karena yogurt sendiri berasal dari produk susu.

Alergi terhadap susu sapi dan produk susu adalah alergi makanan yang umum pada bayi dan anak kecil; Ini terjadi pada sekitar 2,5% anak di bawah usia 3 tahun.

Meskipun orang sering mengatasi alergi susu, terkadang alergi susu dapat bertahan hingga dewasa.

Jika seorang anak alergi terhadap susu segar tetapi dapat mentolerir susu yang dimasak tanpa reaksi alergi, mereka lebih mungkin untuk keluar dari alergi lebih awal.

Di sisi lain, jika seorang anak memiliki tingkat antibodi yang tinggi terhadap susu sapi, alergi lebih mungkin bertahan.

Ahli alergi anak Anda dapat menggunakan tes darah untuk mengukur antibodi ini dan memprediksi apakah anak Anda akan mengatasi alergi susu mereka.

Alergi susu adalah reaksi tubuh terhadap protein dalam susu. Ketika seseorang dengan alergi susu mengonsumsi susu, protein dari cairan tersebut akan berikatan dengan antibodi imunoglobulin E (IgE) dari sistem kekebalan tubuh.

Pertahanan kekebalan melihat ini sebagai ancaman dan menyebabkan gejala reaksi alergi.

Banyak orang dengan alergi susu sapi juga tidak toleran terhadap susu hewan lain, seperti domba dan kambing.

Selain itu, protein susu dapat ditemukan dalam produk lain yang mungkin tak terduga seperti tuna kaleng, Sosis, Beberapa produk toko makanan, Permen karet dan minuman energi.

Gejala Alergi Yogurt

Gejala alergi yogurt sama dengan alergi susu. Gejala reaksi mungkin berbeda dari orang ke orang. Gejala biasanya muncul dalam waktu 2 jam dan meliputi gatal-gatal dan gatal-gatal, Mual, Sakit peru dan Diare.

Susu sapi berpotensi menyebabkan reaksi serius yang disebut anafilaksis; Gejala bisa muncul tiba-tiba dan berkembang pesat. Gejala anafilaksis dapat meliputi Kesulitan bernapas atau berbicara, muntah, pusing, merasa tidak sadar, detak jantung cepat, tekanan darah rendah.

Setiap anak atau orang dewasa yang mengalami gejala-gejala ini harus mencari perhatian medis segera.

Bagaimana Cara Mengobati Alergi Yogurt?

Karena alergi yogurt terutama disebabkan oleh alergi susu, cara paling efektif untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menghindari zat yang mengandung susu.

Jika alergi Anda ringan, ahli alergi Anda dapat membantu Anda rileks dengan beberapa obat.

Namun, jika alergi Anda cukup parah hingga menyebabkan anafilaksis, dokter Anda akan meresepkan injeksi otomatis adrenalin.

Auto-injector adrenalin adalah obat efektif yang memberikan perawatan darurat jika terjadi reaksi parah seperti anafilaksis. Ahli alergi Anda akan memberi tahu Anda tentang rincian penggunaan obat ini.