Apakah seminar termasuk pelatihan?

Apakah seminar termasuk pelatihan?

Apakah pelatihan dengan seminar sama? Banyak orang bertanya-tanya dan belum memahami perbedaan seminar dan pelatihan. 

Pada kesempatan kali ini kangdidik.com akan membahas apakah pelatihan dengan seminar sama?

Apakah pelatihan dengan seminar sama?

Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus memahami definisi dari pelatihan dan seminar. 

Pelatihan atau Training adalah suatu kegiatan yang berisi pelatihan tentang hal tertentu yang diberikan kepada para peserta untuk dapat menjadi lebih profesional dan dilakukan secara intensif selama durasi waktu tertentu hingga tercapai suatu tujuan tertentu. 

Adapun Seminar merupakan kegiatan yang berisi tentang paparan materi berupa diseminasi informasi kepada peserta secara umum.

Lalu apakah seminar termasuk pelatihan atau training? Secara detail, seminar bukanlah pelatihan atau traning, namun seminar biasa digunakan sebagai salah satu metode dalam pelatihan atau training.

Jadi jawaban singkatnya adalah, seminar itu bukanlah pelatihan, namun bisa dibilang termasuk dalam metode atau kegiatan dalam pelatihan.

Lebih lanjut Tentang Seminar

Seminar, adalah sesi kegiatan kelompok yang memberi kesempatan bagi kelompok itu untuk mendiskusikan topik secara mendalam. 

Seminar biasanya berhubungan dengan kuliah, tetapi selain itu, seminar juga bisa berhubungan dengan kegiatan lainnya. 

Di berbagai universitas dan lembaga pendidikan, proses belajar dalam seminar ini dianggap sebagai aspek pembelajaran yang penting.

Jika Anda gugup berbicara saat ikut seminar, pertimbangkan untuk menggunakan beberapa ide yang diuraikan di bawah ini, yang telah disarankan oleh orang-orang yang berpengalaman:

Persiapkan dengan baik – jika Anda memiliki artikel untuk dibaca, pastikan Anda melakukannya dalam banyak waktu. Pikirkan tentang topik – apakah Anda setuju dengan apa yang dikatakan? Buat catatan tentang beberapa pendapat yang mungkin ingin Anda tawarkan.

Putuskan bahwa di setiap seminar Anda akan memberikan setidaknya satu kontribusi – bahkan jika jantung Anda berdebar-debar; dengan cara ini, Anda dapat membangun kepercayaan diri Anda selangkah demi selangkah.

Benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan peserta lain – terkadang seseorang sangat ingin memberikan pendapat sehingga mereka tidak terlalu memperhatikan apa yang dikatakan anggota yang lain.

Jika Anda harus memulai seminar dengan meringkas sebuah artikel, berlatihlah terlebih dahulu; pilih poin-poin penting, buat catatan singkat, dan sampaikan dengan lantang, untuk membangun kepercayaan diri Anda. Ini tidak sama jika Anda berlatih di kepala Anda.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa beberapa anggota dalam seminar juga merasa sulit untuk berbicara di seminar juga

Itulah informasi seputar Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post