Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Kencing? Mengapa Kencing Berwarna Kuning? Mengapa Kencing Panas?

Kencing adalah kegiatan kebanyakan makhluk hidup karena dengan kencing maka makhluk bisa membuang kotoran dari dalam tubuhnya. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang seputar Apa Itu Kencing? dan beberapa peertanyaan tentangnya, seperti Mengapa Kencing Berwarna Kuning? Mengapa Kencing Panas?

Apa itu kencing dan bagaimana pembentukannya?

Kencing adalah salah satu metode pembuangan limbah yang luar biasa dalam tubuh kita. 

Selain buang air besar dan berkeringat, kencing memastikan pembuangan bahan limbah yang diproduksi di sel selama pencernaan dan pernapasan. 

Jika salah satu peristiwa dalam rantai ini tidak terjadi, limbah ini akan menumpuk di dalam tubuh dan membuat Anda sakit seperti sampah. 

Porses terjadinya kencing dimulai dari proses pencernaan dan pengolahan di dalam hati. 

Darah dikirim ke ginjal untuk disaring melalui arteri ginjal. Setelah garam, kalium dan semua zat yang tidak bermanfaat bagi tubuh disaring di sini, darah yang telah dibersihkan dikirim kembali ke jantung. 

Segala sesuatu yang menumpuk di ginjal berubah menjadi urin. Campuran yang tersisa dikirim ke uretra, dan dari sana ke kandung kemih. 

Ketika kandung kemih hampir penuh, otak menerima pesan yang mengatakan, Sudah waktunya untuk kencing. 

Setelah pesan diterima, urin bergerak dari kandung kemih ke alat kelamin, dan dari sana ke lubang di mana ada cahaya menyilaukan yang terbuka ke dunia.

Mengapa kencing berwarna kuning? 

Mengapa kencing kita selalu berwarna kuning?  Jika tidak, apa artinya?
Alasan utama mengapa urin berwarna kuning adalah zat yang disebut 'urobilin' yang dikandungnya. 

Ketika tubuh bertemu dengan jumlah air yang cukup, zat yang disebut urobilin larut dalam banyak air dan urin menjadi warna kuning matahari yang normal. 

Urin berwarna kuning menunjukkan kehilangan air yang berlebihan, dan urin berwarna sangat terang menunjukkan konsumsi air yang berlebihan. 

Berbicara tentang konsumsi air yang berlebihan, mengkonsumsi terlalu banyak air dapat menyebabkan keracunan air. 

Bagaimana jika kencing Anda tidak berwarna kuning tetapi merah, biru atau hitam? Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk dipecahkan:

Apakah Anda makan banyak buah bit akhir-akhir ini? Makan bit terlalu banyak dapat menyebabkan kencing Anda menjadi merah atau merah muda. 

Apakah Anda menggunakan obat tertentu? Aditif metilen biru yang ditambahkan ke dalamnya dapat mengubah urin Anda secara mengejutkan menjadi hijau atau biru.

Mengkonsumsi terlalu banyak asparagus dan pewarna makanan juga membantu Anda buang air kecil kehijauan. 

Kencing jeruk mungkin berhubungan dengan pengobatan atau vitamin yang Anda konsumsi; mungkin Anda lupa tentang pesta wortel tadi malam. 

Catatan: Temui dokter jika urin Anda berwarna kemerahan, coklat tua, hitam, atau terasa padat. 

Tes urine merupakan metode penting yang digunakan dalam diagnosis penyakit sejak orang Romawi, mereka memahaminya dengan melihat, mencium, dan merasakan urine. 

Mengapa Kencing Panas atau Hangat?

Kencing terasa panas atau hangat dikarenakan kondisi tubuh. Suhu cairan yang ada dalam tubuh dipengaruhi oleh suhu tubuh. 

Tak hanya kencing, darah pun sebenarnya bersuhu hangat atau mungkin bahkan terasa panas. 

Itulah informasi seputar Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com