Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa kelinci makan anaknya? Kenapa Kelinci menjadi Kanibal?

Kenapa kelinci makan anaknya? Kenapa Kelinci menjadi Kanibal? Cara Mengatasi Kelinci Kanibal Memakan Anak-anaknya

Memelihara Kelinci

Kelinci merupakan hewat pengerat imut yang banyak dibudidayakan karena banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaat budidaya kelinci adalah diambil dagingnya. Namun banyak juga komoditas kelinci yang dijual belikan karena untuk peliharan hiasan.

Kelinci banyak dipelihara karena termasuk hewan yang sangat mudah dipelihara. Makanan kelinci pun tidak susah, bisa dibilang kelinci makan apa saja, baik sayuran, buah maupun makanan sisa dapur seperti roti dan lain sebagainya.

Intinya memelihara kelinci itu termasuk hal yang sangat mudah, tinggal diberi kandang atau tempat yang layak dan diberi makanan secara rutin. Juga pastinya tidak lupa untuk selalu membersihkan kandang kelinci agar terhindar dari berbagai penyakit seperti jamur.

Selain itu, kelinci pun juga mudah dalam berkembang biak. Sekali melahirkan juga jumlahnya banyak bisa sekitar enam.

Meskipun termasuk hal yang mudah dalam memelihara kelinci, namun ada hal-hal yang mungkin bisa bikin kita kaget ketika memeliharanya. Yaitu kelinci yang melahirkan anaknya bisa jadi anak itu dimakan ibu kelinci.

Dalam bahasa lain ibu kelinci itu menjadi kanibal dengan memakan anak-anaknya padahal anak itu baru lahir. Kenapa kelinci memakan anak-anaknya? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal tersebut.

Kelinci Memakan Anaknya atau Kanibal

Bagi yang sudah berpengalaman dalam memelihara kelinci, maka pastinya sudah akrab dengan fenomena kelinci memakan anaknya sendiri. Hal ini disebut dengan tingkah laku kanibal dari kelinci itu sendiri.

Hal ini terjadi biasanya setelah ibu kelinci melahirkan anak-anaknya. Setelah anak itu lahir, maka kelinci itu akan langsung memakan anak-anaknya.

Anak-anak itu terkadang ada yang tidak dimakan semuanya, namun sebagian terinjak-injak oleh kaki sang ibu. Jadi meskipun tidak dimakan namun semua anak kelinci yang baru lahir itu akan mati semuanya.

Hal ini sesuai dengan pengalaman dari penulis sendiri ketika memelihara kelinci dan kemudian setelah beberapa jam berlalu ternyata anak kelinci yang baru lahir itu dimakan semuanya.

Kenapa kelinci makan anaknya? Penyebab Kelinci Menjadi Kanibal

Inilah yang menjadi pertanyaan banyak orang, kenapa kelinci punya sifat kanibal sehingga kelinci itu memakan anaknya sendiri. Padahal sebelumnya kelinci itu terkenal jinak bahkan tidak menyerang kelinci yang lain, namun kenapa ia memakan anaknya sendiri.

Salah satu penyebab utama kenapa kelinci menjadi kanibal sehingga memakan anaknya sendiri adalah karena kelinci itu mengalami stres selama melahirkan dan merasa tidak aman ketika melahirkan tersebut.

Kasus kelinci memakan anaknya sendiri biasanya terjadi pada saat melahirkan dirinya merasa terancam sehingga daripada anaknya dimangsa oleh hewan lain lebih baik dia memakan anak-anaknya sendiri.

Bentuk ancaman bagi kelinci yang melahirkan itu sendiri mungkin bisa bermacam-macam. Seperti adanya suara hewan atau bising, ataupun ketika ada orang yang melihatnya. Jadi sangat penting sekali ketika punya kelinci yang melahirkan agar kelinci itu berada di tempat yang sangat sepi tertutup dan aman. Jangan sekali-kali membuka dan melihat proses melahirkan dari kelinci itu, karena itu adalah bentuk ancaman bagi kelinci.

Cara Mengatasi Agar kelinci tidak Makan anaknya atau Kanibal

Dengan melihat sebab-sebab di atas, maka cara untuk mengatasi agar kelinci itu tidak makan anaknya atau tidak menjadi kanibal adalah dengan menjaga keamanan kelinci ketika melahirkan.

Biasanya kelinci pada habitat aslinya tinggal di dalam gua yang ia buat. Oleh karenanya sangat baik sekali jika anda punya kelinci yang hamil agar memiliki tempat layaknya gua itu.

Menurut pengalaman penulis, ketika kelinci bertempat di dalam terowongan yang ia buat sendiri, maka anak yang lahir pun tidak ada masalah. Mereka berada di dalamnya hingga keluar dan bisa melihat.

Berbeda dengan kelinci yang bertempat di dalam kandang yang berlubang atau terbuka maka biasanya ketika melahirkan bisa rentan stress sehingga memakan anaknya sendiri atau menjadi kanibal.