Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa saya perlu bersekolah?

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sekolah merupakan kewajiban bagi setiap orang. Bukan sekolah sebenarnya yang wajib tetapi mencari ilmu dan pengetahuannya yang wajib.

Negara pun telah mengatur rakyatnya agar mereka mengikuti wajib sekolah selama beberapa tahun. Di Indonesia sendiri peraturan wajib sekolah itu selama 12 tahun yang mana sebelumnya adalah 6 tahun.

Mungkin bagi sebagian pembaca ada yang bertanya-tanya, mengapa saya perlu bersekolah? Apa sih pentingnya sekolah yang benar-benar membuat saya perlu sekolah toh banyak orang sukses yang tak sekolah tinggi.

Mengapa saya perlu bersekolah?

Wel untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada banyak sisi yang mungkin perlu kita bicarakan. Misalnya, dari pertanyaan tersebut, maksud sekolah itu sekolah apa dan sampai jenjang mana? Karena kalau kita lihat memang banyak orang sukes yang tidak sekolah tinggi.

1. Wajib Sekolah Untuk Menimba Ilmu

Kita wajib sekolah karena sekolah itu tempatnya kita menimba ilmu pengetahuan. Sekolah Dasar adalah sekolah yang sangat penting sekali karena di sana kita belajar tentang membaca menulis dan menghitung. Ketiga hal itu adalah sesuatu yang mutlak untuk diketahui untuk bekal dasar dalam menjalani hidup.

Mungkin ada orang sukses tanpa sekolah, tapi itu maksudnya mungkin tanpa sekolah tinggi-tinggi. Kalau untuk sekolah dasar jelas perlu sekali karena kalau tanpa mengetahui baca tulis dan menghitung dasar bagaimana kita bisa memaksimalkan kesuksesan kita?

Oke katakanlah kita mau sukses dengan berdagang, pasti kita perlu bisa baca nama dan harga barang bukan? atau tentang produk maupun sms dari konsumen, jelas pengetahuan dasar itu wajib.

2. Mencari Pengalaman Kerja

Sekolah itu tidak hanya tempat mencari ilmu tetapi juga pengalaman terhadap apa yang hendak ingin kita jalani. Misalnya saja kita mau jadi pilot, jelas kita harus sekolah pilot karena kalau tidak bagaimana kita bisa belajar karena tanpa sekolah kita tidak bisa belajar dengan ahlinya.

Mungkin kita bisa belajar langsung tanpa sekolah di tempat-tempat tertentu dengan orang tertentu, tetapi kita bakalan kesulitan untuk administrasi dan lain sebagainya karena seorang pilot itu butuh ijin dan lain sebagainya untuk mengoperasikan pesawat. Dan ini semua diraih melalui kegiatan belajar di sekolah.

Poin ini bukan untuk pengalaman kerja yang lain ya, karena adakalanya orang tidak perlu sekolah untuk cari pengalaman ini. Misalnya bertani dan berdagang, tanpa sekolah pun orang bisa sukses karena memang semuanya bisa diraih dengan langsung praktek.

3. Mencari Lisensi

Tanpa sekolah maka kamu tidak akan bisa melakukan pekerjaan yang membutuhkan syarat lisensi yang hanya bisa diperoleh dengan sekolah. Salah satunya adalah menjadi dosen.

Kamu ingin jadi guru atau dosen, ya kamu harus sekolah. Karena syarat guru atau dosen kamu perlu ijazah, dan tanpa sekolah kamu gak bakalan dapat ijazah bukan? Jadi ini alasan mengapa kamu harus sekolah.

Atau mungkin kamu ingin jadi hakim, dokter, atau pekerjaan lain yang membutuhkan lisensi ijazah. Ya kamu kudu kuliah atau sekolah. Kalau tidak kamu tidak bakalan bisa melakukan pekerjaan itu kecuali kamu pakai ijazah bodong yang jelas ilegal.

Kesimpulan mengapa saya perlu bersekolah

Jadi kesimpulan tentang mengapa saya perlu bersekolah, ya itu tergantung dari keinginan dan cita-citamu. Kalau kamu ingin jadi orang sukses dengan cara bekerja dalam bidang-bidang tertentu yang butuh lisensi dan pengalaman formal seperti pilot, dokter, dan lain sebagainya, ya kamu perlu sekolah.

Kalau kamu pengen sukses dalam bidang non formal seperti petani, pedagang atau pengusaha, itu semua tanpa sekolah pun bisa.

Namun meskipun kamu bisa sukses tanpa sekolah, dengan sekolah kamu bisa jadi mendapatkan manfaat yang sangat besar yang bisa membantu kamu lebih mudah dalam memperoleh kesuksesan hidup.