Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman kuliah di Jogja/Yogyakarta

Pengalaman kuliah di Jogja/Yogyakarta, Siapa yang tak tahu dengan kota Yogyakarta! Kota istimewa yang disebut dengan kota Gudeg ini menyimpan beragam hal menarik dan sejarah yang kental. Tak hanya dikenal dengan gudegnya yang lezat dan mantap jiwa, namun kota Jogja juga dikenal sebagai kota pelajar, kenapa? Karena di Yogyakarta banyak sekali terdapat sekolah dan universitas.

Mulai universitas negeri hingga universitas swasta semuanya ada di Yogyakarta. Bahkan beragam kursus mulai desain, bahasa, dan komputer semuanya bisa dengan mudah ditemukan di Yogyakarta. Dengan banyaknya lembaga pendidikan inilah Yogyakarta menarik berbagai pelajar dari seluruh penjuru Indonesia bahkan pelajar Internasional untuk kuliah di Yogyakarta.

Pada kesempatan ini aku ingin berbagi tentang pengalamanku kuliah di Yogyakarta semoga saja bisa bermanfaat dan berbagi wawasan dengan pembaca yang budiman.

Pengalaman kuliah di Jogja/Yogyakarta

Aku mengambil jurusan agama di kampus UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Kampus ini terletak di tengah kota Yogyakarta. Rasanya seperti mimpi, orang desa seperti aku yang datang dari salah satu daerah di Jawatimur bisa merasakan kuliah di Yogyakarta, di kampus negeri yang menjadi impian banyak mahasiswa.

Aku kuliah di UIN SUKA Yogyakarta ini dengan beasiswa dari pemerintah, karena tanpa beasiswa sepertinya bakalan sulit untuk bisa kuliah sebab aku termasuk berasal dari keluarga yang kurang mampu untuk bisa mencukup sampai kuliah.

Aku tinggal di pesantren di Krapyak Bantul Yogyakarta. Di sana selain belajar di perkuliahan aku pun juga belajar di pesantren. Jadi selain bisa menimba ilmu di kampus aku pun juga bisa mengaji dengan para kiai dan ustadz di sana.

Di perkuliahan aku bertemu dengan teman-teman hebat dari berbagai derah di Indonesia. Ada yang berasal dari Medan, Bangka belitung, Jakarta, Kalimanta, NTB, dan banyak lagi. Teman-teman itu semuanya sudah seperti keluarga karena kita belajar bersama dan sama-sama jauh dari sanak keluarga.

Apakah Kota Yogyakarta Cocok Untuk Kuliah?

Jika ada yang menanyakan apakah yogyakarta itu recomended dan cocok untuk dijadikan tempat kuliah. Hal ini karena banyak faktor. Di antaranya adalah penduduk yogyakarta yang ramah. Masyarakat jawa tengah ini terkenal dengan perangainya yang halus dan sangat gampang untuk akrab dengan orang lain, bahkan orang asing yang berasal dari luar daerah.

Toleransi masyarakat Yogyakarta terhadap pelajar sangat tinggi sehingga mereka pun mudah menerima kehadiran pelajar. Para pelajar yang datang ke Yogyakarta untuk belajar pasti merasakan atmosfer belajar yang menyenangkan karena lingkungan yogyakarta yang berhasabat.

Selain itu, alasan terpenting mengapa yogya merupakan pilihan tepat untuk kuliah adalah karena lingkungan yogyakarta yang sangat cocok dengan para pelajar. Hal ini karena lembaga pendidikan di Yogyakarta banyak sekali, mahasiswanya juga banyak, sehingga yogyakarta adalah tempat berkumpulnya para pelajar yang berusaha menimba ilmu sehingga semangat inilah yang menjadikan yogyakarta unggul sebagai kota pelajar. Banyak teman belajar menjadikan aku semangat belajar pula.

Selain itu, Yogyakarta juga menyediakan fasilitas bagus untuk para pelajar. Kampus-kampus memiliki perpustakaan yang lengkan dan dikelola dengan baik oleh kampus sehingga para pelajar dan mahasiswa pun bisa betah untuk belajar di perpustakaan. Termasuk juga fasilitas-fasilitas lain yang sangat membantu mahasiswa.

Kelebihan Kuliah di Yogakarta

Ada banyak kelebihan kuliah di Yogyakarta. Di antaranya adalah biaya hidup dan kuliah relatif murah jika dibandingkan dengan kota lain di Indonesia. Di yogyakarta banyak warung yang menyediakan layanan ambil nasi dan lauk sendiri dengan harga yang sama. Dan hargny pun relatif murh sekali dengan rasa enak luar biasa.

Selain kuliah, kita juga bisa jalan-jalan karena Yogyakarta dikenal sebagai tempat wisata. Ada candi prambanan, di daerah dekatnya ada candi Borobudur, ada juga parang tritis dan berbagi tempat menarik lainnya.

Karena pelajarnya banyak, kita pun punya kesempatan untuk belajar kepada siapapun, teman-teman yang punya komunitas tertentu sesuai dengan apa yang kita minati. Karena banyak komunitas kita pun bisa mengembangkan diri sesuai dengan minat kita. Itulah Pengalaman kuliah di Jogja/Yogyakarta yang pernah aku alami sendiri yang semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.