Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Manfaat Konsumsi Buah Bagi Tubuh Kita

Buah Makanan Kaya Nutrisi Untuk Tubuh

Buah-buahan merupakan salah satu anugerah dari Sang Pencipta berupa makanan yang paling berharga. Selain penampilannya yang berwarna-warni dan rasanya yang enak, buah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berkat mengonsumsi secara rutin buah-buahan yang memiliki nutrisi yang sangat diperlukan bagi tubuh kita, maka tubuh kita pun akan mampu terhindar dari berbagai penyakit.

Selain itu tubuh kita akan memiliki daya tahan yang lebih kuat serta serta lebih energik. Buah-buahan memiliki beragam manfaat yang bermacam-macam. Berikut ini adalah manfaat buah-buahan untuk tubuh kita.

11 Manfaat Buah Untuk Tubuh

Berikut ini adalah beragam manfaat buah untuk tubuh:

1. Buah Efektif Cegah Kolesterol

Kolesterol dapat terjadi pada semua orang dari beragam usia, namun kolesterol menjadi masalah kesehatan serius yang banyak menyerang manusia di usia lanjut.

Kolesterol merupakan salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan jantung. Banyak orang meninggal dunia karena gagal jantung dikarenakan penyakit kolesterol ini.

Untuk mengontrol dan menurunkan kolesterol berlebih dalam tubuh maka seseorang perlu untuk mengonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan seperti apel, ceri, pir, dan kiwi mampu menjaga keseimbangan kolesterol karena mengandung vitamin C dan E serta asam folat.

2. Efektif Memperkuat dan Menumbuhkembangkan Otot

Jika anda memiliki kebiasaan makan buah sejak usia muda, maka anda akan memiliki struktur otot dan persendian yang kokoh dan lebih kuat.

Buah-buahan seperti jeruk, mulberry, plum, anggur, persik dan aprikot, serta apel dan buah ara kaya akan vitamin C, B, E dan K, yang dapat mempercepat pertumbuhan otot.

Buah-buahan pun dibutuhkan untuk dikonsumsi para body builder agar bisa mendapatkan bentuk otot yang maksimal.

3. Buah Sangat Efektif Mencegah Kerusakan Gigi

Buah merah seperti ceri, stroberi, dan mulberry hitam kaya akan kalsium dan fosfor yang memiliki manfaat mencegah kerusakan gigi dan menjaga perkembangan gigi agar lebih sehat.

4. Buah Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah-buahan seperti aprikot, plum dan persik sangat kaya akan vitamin A dan C. Vitamin ini bermanfaat bagi pencernaan usus agar bisa bekerja secara teratur dan sehat.

5. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Buah-buahan seperti anggur dan nanas mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh kita terhadap penyakit karena kaya akan pulp, kalsium, kalium dan asam folat.

6. Buah Efektif Menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Buah-buahan seperti semangka, pisang, delima dan ceri secara signifikan mampu mengurangi risiko penyakit saluran kemih.

7. Membantu Pembaruan Sel-sel dalam Tubuh

Jeruk keprok dan jeruk bali harus dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk mengangkat sel-sel mati dan menunda penuaan agar bisa mendapatkan kulit yang bagus dan tubuh yang sehat.

8. Memperkuat Tubuh Terhadap Alergi

Kiwi dan stroberi adalah antioksidan yang kuat karena merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C dan karenanya kiwi dan strowberi mampu memberikan perlindungan lengkap terhadap alergi.

9. Mencegah Penyakit Diabetes

Buah-buahan seperti melon dan pir sangat cocok untuk melawan arthritis dan penyumbatan pembuluh darah, terutama diabetes.

10. Mencegah penyakit Anemia

Aprikot, ara, dan nanas adalah buah yang sangat efektif dalam menghilangkan anemia dalam pembaruan kulit.

11. Buah Menjadikan Manusia Panjang Umur

Buah dan sayur adalah makanan yang bisa membuat manusia panjang umur karena manfaat yang dikandungnya.

Ayo Konsumsi Buah Agar Dapat Manfaat Bagi Tubuh

Oleh karena buah sangat bermanfaat bagi tubuh, marilah kita konsumsi buah agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

Dengan tubuh yang sehat kita pun bisa beraktifitas secara lancar dan beribadah secara khusyuk. Tubuh yang sehat adalah harta yang paling berharga.