Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu VPN? Apa fungsi VPN?

Apa itu VPN?

Kata VPN merupakan singkatan untuk kata Virtual Private Network yang dalam bahasa Indonesia berarti jaringan pribadi virtual.

Secara umum, VPN bertujuan untuk menyediakan komunikasi yang aman dengan mengenkripsi komunikasi antar satu individu dengan individu yang lain dalam sebuah network.

VPN menggunakan banyak protokol dan teknologi yang berbeda secara bersamaan. Jalan aman dibuat dengan mengenkripsi komunikasi antara satu komputer dan komputer lain di sisi yang berlawanan.

Karena data yang melewati jalan ini dienkripsi, keamanan Anda terjamin karena orang yang mengintervensi atau mencoba masuk hanya dapat melihat data terenkripsi.

Semakin baik tingkat enkripsi ini, semakin aman privasi Anda. Pada saat yang sama, jika Anda memasukkan semua aliran data Anda (termasuk permintaan DNS Anda) ke dalam terowongan ini, Anda akan memiliki perlindungan penuh.

Istilah Jaringan Virtual Private Network dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai ” Jaringan Pribadi Virtual “.

Dalam pengertian yang paling dasar, ini adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan alamat IP asli Anda dan terhubung ke internet melalui alamat IP yang berbeda. VPN mengamankan koneksi Anda dan juga memastikan bahwa Anda tidak dapat diidentifikasi dengan mengenkripsi koneksi Anda saat terhubung ke jaringan apa pun.

Anda dapat mengakses situs atau IP yang dilarang dan dibatasi di negara Anda melalui terowongan VPN, karena komunikasi dienkripsi dan tidak dapat ditentukan ke mana Anda akan pergi saat berselancar.

Terowongan VPN juga dapat digunakan sebagai sistem keamanan yang tidak mengizinkan pihak ketiga untuk melihat apa yang Anda lakukan, karena ia mengenkripsi semua data yang Anda kirim dan terima.

Apa fungsi VPN?

VPN memungkinkan individu untuk mencapai privasi dan keamanan di jaringan Wi-Fi publik. Program VPN menyediakan perjalanan paket data terenkripsi dan rahasia dalam jaringan yang digunakan.

Di area di mana jaringan Wi-Fi publik digunakan seperti kafe, hotel, sekolah, operator jaringan dapat melihat aktivitas online atau penyerang cyber dapat menyusup ke jaringan dengan memanfaatkan kerentanan jaringan.

Dalam man in the middle attack (Mitm), penyerang cyber dapat melihat, mengubah, atau menyimpan konten paket data online yang diterima atau dikirim oleh komputer. Dengan VPN, koneksi dienkripsi dan dilindungi dari penyerang dunia maya.

Ini mencegah penyedia layanan internet melihat aktivitas online mereka. Penyedia layanan Internet melacak dan merekam aktivitas online melalui alamat IP yang ditetapkan ke perangkat. Penyedia layanan Internet dapat menjual data dan informasi yang diperoleh dari sini kepada pihak ketiga untuk tujuan periklanan.

Program VPN memungkinkan melewati hambatan akses berdasarkan IP dan Inspeksi Paket Dalam (DPI). Dengan VPN, konten online dapat diakses dari lokasi mana pun di dunia. Misalnya, konten online di AS dapat diakses saat terhubung ke Internet melalui server VPN di AS. Pada saat yang sama, hambatan akses di negara asal sebenarnya diatasi.

Apakah program VPN gratis aman? Sama seperti program gratis apa pun yang tidak aman, begitu pula program VPN gratis. Program gratis apa pun bisa seperti spyware yang merekam aktivitas online dan mengirimkannya ke pengembang aplikasi. VPN gratis, program antivirus tidak boleh digunakan.

Apakah VPN Berbayar?

VPN sebagaimana layanan dalam internet ada yang gratis dan ada yang berbayar. Harganya pun sangat variatif.

Banyak perusahaan asing di pasar menawarkan solusi VPN umum atau khusus. Layanan non-bayar biasanya memiliki batas jumlah data dan setelah suatu titik mereka berhenti sepenuhnya atau cukup lambat sehingga Anda tidak ingin menggunakannya.

Apakah VPN Aman?

Bisa dikatakan menggunakan vpn itu bisa meningkatkan keamanan berselancar kita di internet, karena data kita dienskripsi. Namun tidak benar untuk mengatakan bahwa setiap aplikasi VPN aman.

Kami dapat mengatakan bahwa ada banyak perbedaan keamanan atau pertanyaan privasi antara tipe dan tipe VPN. Meskipun tujuan munculnya VPN adalah untuk memberikan keamanan dan privasi, sayangnya pertanyaan tentang keamanan dan privasi mulai mengemuka untuk banyak solusi VPN di era teknologi saat ini.

Alasan utama untuk pertanyaan ini muncul dari perusahaan yang menyediakan layanan VPN. Ada banyak perusahaan yang menonjol dalam layanan VPN. Perusahaan yang menyediakan layanan untuk pengguna akhir atau institusi menyediakan layanan VPN kepada pengguna akhir dengan biaya atau gratis.

Mereka dapat segera diaktifkan hanya dengan menginstalnya dengan perangkat lunak kecil yang Anda unduh ke komputer atau perangkat seluler Anda.

Namun, hampir semua perusahaan yang menyediakan layanan VPN menjanjikan privasi dan keamanan kepada pelanggan mereka, mengklaim bahwa mereka tidak menyimpan informasi lalu lintas apa pun.

Namun, ketika Anda membaca perjanjian kerahasiaan pengguna akhir, dengan jelas dinyatakan bahwa mereka berbagi informasi dalam kasus-kasus yang merupakan kejahatan menurut hukum dan undang-undang negara bagian yang berafiliasi dengan mereka, jika dianggap perlu.

Pada titik ini, sayangnya, tidak benar untuk mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan ini tidak menyimpan catatan.

Akan lebih akurat untuk mengatakan bahwa perusahaan yang menyediakan layanan VPN gratis secara khusus mencatat semua lalu lintas Anda sejak Anda mulai menggunakan layanan ini. Secara alami, konsep keamanan dan privasi telah menghilang.

Kita bisa memberikan contoh peran perusahaan VPN dalam kisah penangkapan kelompok hacker yang melakukan serangan cyber terhadap perusahaan besar.

Peretas dapat diuraikan oleh perusahaan VPN yang mereka gunakan selama serangan dunia maya.

Risiko keamanan lainnya adalah mekanisme enkripsi VPN . Jika Anda menggunakan layanan VPN yang menggunakan enkripsi kuat, Anda bisa aman.

Namun, jika Anda menggunakan layanan gratis yang menggunakan enkripsi lemah, kami sarankan Anda berpikir dua kali untuk mendapatkan keamanan dan privasi.

Alhasil, dengan berkembangnya teknologi internet dan kebutuhan akan keamanan yang semakin meningkat, VPN telah menjadi aplikasi yang diikuti oleh para hacker, pemerintah atau badan intelijen, serta menjadi kebutuhan yang semakin penting.

Pada titik ini, akan lebih baik untuk menggunakan solusi yang dapat diandalkan seperti solusi VPN Berqnet untuk institusi, dan untuk menyediakan koneksi internet melalui server VPN Anda sendiri seperti OpenVPN untuk individu.

Apa Saja Kemungkinan Risiko Menggunakan VPN?

Meskipun aplikasi VPN memberikan keamanan dan privasi, sayangnya, di dunia internet saat ini, kita mungkin menghadapi banyak risiko saat menggunakan VPN. Layanan VPN gratis berada di garis depan dari bahaya ini.

Dari saat Anda terhubung ke server VPN, Anda mengizinkan server itu untuk mengelola koneksi internet Anda untuk Anda.

Karena komunikasi dienkripsi sampai ke server dan tidak ada tindakan pengamanan setelah server. Secara alami, orang yang mengakses server dapat mengatur koneksi internet Anda sesuai keinginan atau mengarahkan Anda.

Anda tidak boleh lupa bahwa banyak penyedia VPN yang diterbitkan dengan nama gratis merekam lalu lintas internet Anda dan menggunakan informasi ini untuk tujuan komersial atau intelijen.

Pada saat yang sama, jangan lupa bahwa server VPN yang Anda sambungkan dioperasikan sesuai dengan hukum negara itu, tergantung pada hukum negara itu.

Di sisi lain, Anda tidak boleh lupa bahwa mereka dapat mengarahkan Anda dengan mengganggu lalu lintas internet Anda.

Di sisi lain, Anda mungkin juga melihat bahwa penyedia VPN dengan layanan gratis atau terbatas membatasi bandwidth Anda.

Saat Anda menggunakan VPN gratis dengan kecepatan internet 50 Mbit, kecepatan internet Anda mungkin turun menjadi 3-5 Mbit.

Mereka menawarkan bandwidth terbatas dan di beberapa titik juga dapat menampilkan iklan mereka sendiri di browser Anda.

Tentu saja, selain batasan ini, waktu Ping Anda akan meningkat dan Anda mungkin terlambat menerima respons DNS.

Karena Anda terhubung ke komputer yang sangat jauh di benua yang berbeda. Secara alami, penggunaan VPN terasa lebih lambat saat berselancar atau bermain game.

Ada berbagai jenis layanan VPN yang pada dasarnya menyediakan terowongan terenkripsi. Meskipun mudah digunakan, beberapa layanan VPN menyediakan akses internet melalui protokol yang berbeda.

Komunikasi antar-protokol ini terkadang dapat menyebabkan kesalahan dan terkadang menyebabkan koneksi VPN Anda terputus secara tiba-tiba saat permintaan tinggi.

Kecuali keamanan dan privasi Anda tiba-tiba dinonaktifkan dan Anda tidak menyadari bahwa koneksi VPN Anda terputus, Anda mungkin berisiko.

Anda juga harus ingat bahwa layanan VPN hanya mengenkripsi lalu lintas internet Anda. Ada banyak bahaya di Internet.

Virus, trojan, halaman web berbahaya atau ancaman serupa juga dapat menginfeksi komputer Anda dengan file yang Anda unduh dengan layanan VPN atau melalui halaman web yang Anda masukkan.

Kita juga tidak boleh melupakan hambatan geografis. Beberapa halaman web tidak melayani negara yang berbeda atau mungkin membatasi layanan mereka.

Dengan kata lain, dari saat Anda terhubung ke VPN, Anda mungkin mengalami pembatasan yang diterapkan ke negara itu dan Anda mungkin mengalami masalah.